Sukses

Cara Membuat Kupu-Kupu dari Kertas Origami, Mudah dan Praktis

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kupu-kupu dari kertas origami tidaklah sulit. Origami merupakan seni lipat asal Jepang yang populer sejak lama. Ragam bentuk dapat dihasilkan dari teknik melipat kertas ini. 

Bentuk umum yang kerap dipraktikkan adalah burung bangau, kapal, topi, kupu-kupu dan banyak lagi. Cara membuat kupu-kupu dari kertas origami cukuplah mudah. langkah-langkahnya dapat diikuti dengan cepat.

Cara membuat kupu-kupu dari kertas origami ini bisa dilakukan siapa saja termasuk anak kecil. Mengajarkan anak teknik melipat dapat mendukung kreatifitas dan keterampilan tangannya. Cara membuat kupu-kupu dari kertas origami untuk anak tidaklah rumit.

Ada beberapa model cara membuat kupu-kupu dari kertas origami. Anda bisa mencoba model manapun yang Anda anggap paling mudah. Cara membuat kupu-kupu dari kertas origami ini begitu sederhana.

Anda bisa menggunakan origami kupu-kupu ini sebagai hiasan kamar atau mainan anak. Berikut cara membuat kupu-kupu dari kertas origami yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin(7/10/2019).

2 dari 7 halaman

Bahan yang dibutuhkan

Anda membutuhkan satu lembar kertas persegi untuk setiap kupu-kupu origami. Untuk tampilan yang berani, gunakan kertas berwarna solid. Jika Anda ingin tampilan Jepang yang elegan dan tradisional, cobalah kertas washi asli.

Kertas Washi dibuat secara tradisional dan diproses dengan tangan dari serat asli Jepang. Serat berasal dari kulit pohon gampi bagian dalam, semak mitsumata, atau kertas mulberry bush.

Anda juga dapat menggunakan jenis kertas lain, seperti koran atau kertas kado. Anda mungkin perlu berlatih menggunakan kertas bekas sampai Anda terbiasa dengan lipatannya.

Ini agar Anda tidak membuang kertas yang bagus. Kupu-kupu origami memiliki tampilan yang sederhana namun elegan. Setelah belajar cara membuatnya, Anda tidak akan mau berhenti membuatnya.

3 dari 7 halaman

Cara membuat origami kupu-kupu: Model Pertama

1. Lipat kertas menjadi dua bagian sama besar secara horizontal. Buka kertas dan lipat lagi menjadi dua bagian sama besar secara horizontal pada sisi berlawanan.

2. Buka dan lipat sepanjang kedua diagonal membuat dua lipatan segitiga lagi. Buka lagi dan lipat sepanjang dia diagonal pada sisi berlawanan

3. Kemudian lipat secara diagonal membentuk segitiga.

4. Lipat kertas mengikuti garis lipatan membentuk segitiga yang lebih kecil. Caranya lipat kertassecara horizontal membentuk persegi panjang. Masukkan sisi kiri dan kanan kertas hingga membentuk segitiga.

5. Satukan lipatan kiri dan kanan untuk membentuk segitiga yang simetris.

4 dari 7 halaman

Cara membuat origami kupu-kupu: Model Pertama

6. Lipat ke atas bagian ujung kanan segitiga. Lakukan hal yang sama pada ujung kiri. Ini akan membentuk belah ketupat pada bagian depan.

7. Selanjutnya balik kertas menjadi bentuk segitiga terbalik. Lipat bagian bawah depat melewati tepi atas sehingga ujung segitiga memanjang di atas.

8. Lipat ujung segitiga agar saling terkait. Jika Anda menggunakan sesuatu yang lebih tebal dari kertas origami, Anda mungkin perlu menggunakan sedikit lem untuk menahan lipatan ini.

9. Lipat kupu-kupu menjadi dua untuk membantu membentuknya.

5 dari 7 halaman

Kupu-kupu model pertama selesai

Buatlah dalam berbagai ukuran dan warna dan pajang di dinding untuk hiasan ruangan. Sayap melengkung memberi kupu-kupu efek 3D yang indah.

Anda juga bisa menempelkan magnet dibelakangnya untuk hiasan lemari es, bisa menggunakannya sebagai hiasan meja, hiasan pembungkus kado, atau bahkan mengikatnya dan membuat karangan bunga.

6 dari 7 halaman

Cara membuat origami kupu-kupu: Model kedua

Saat Anda melipat kertas, pastikan lipatan sejaring dan sebersih mungkin. Namun, jangan berlebihan melipatnya, karena kertasnya bisa robek. Jika Anda memiliki kertas berwarna dua sisi, mulailah dengan sisi putih menghadap ke atas untuk memastikan bahwa kupu-kupu berwarna saat sudah selesai.

1. Mulailah dengan melipat secara diagonal, dua arah.

2. Lipat kertas menjadi dua, dua arah.

3. Lipat keempat sudut ke tengah.

4. Balikkan kertas.

5. Lipat keempat sudut ke tengah.

6. Buka langkah sebelumnya dan balikkan model ke sisi yang lain.

7. Buka kertasnya.

8. Lipat sisi kanan ke tengah.

9. Lipat sisi kiri ke tengah juga.

10. Sambil memegang kertas di tengah, tarik tutup kanan ke kanan.

11. Tarik sayap kiri dengan cara yang sama.

12. Ratakan bagian atas.

7 dari 7 halaman

Cara membuat origami kupu-kupu: Model kedua

13. Buat sayap kanan dan kiri yang sama untuk bagian bawah.

14. Ratakan lipatan. Pastikan kertas terlihat seperti segi enam, agak horizontal.

15. Lipat bagian atas di belakang.

16. Ratakan kertas.

17. Balikkan layer kanan ke bawah.

18. Balikkan sayap kiri ke bawah.

19. Lipat bagian kecil ke dalam

20. Lipat kertas menjadi dua ke kanan.

21. Lipat bagian kecil ke tempat yang ditunjukkan.

22. Buka lapisan belakang ke kiri.

23. Balikkan lipatan sisi kiri lipatan yang baru saja dibuat.

Jika kupu-kupu Anda tidak sesuai seperti ilustrasi, coba ulagi lagi. Biasanya masalah ada pada lipatan yang tidak setepat atau sesimetris yang seharusnya. Cukup ambil kertas baru dan mulai lagi. Ingat bahwa origami menjadi lebih mudah dengan latihan berulang kali.