Sukses

5 Buah Penambah Energi yang Cocok Mengatasi Penat, Hilangkan Stres

Liputan6.com, Jakarta Buah penambah energi tentunya bisa menjadi alternatif yang lebih sehat dan alami untuk mengatasi penat. Apalagi, buah-buahan ini juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya bagi tubuh, jadi kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi bahan alami seperti buah ini. 

Mengatasi penat setelah seharian bekerja tentunya salah satu masalah terbesar bagi banyak orang. Apalagi tidak adanya waktu untuk sekadar pijat untuk menghilangkan penat turut menjadi penghalang untuk emnambah energi. Buah bisa menjadi solusi alami yang apaling tepat.

Buah penambah energi yang cocok mengatasi penat dipengaruhi oleh berbagai kandungannya. Mengonsumsi berbagai buah penambah energi ini bisa membuatmu kembali bersemangat dalam beraktivitas dan melanjutkan kegiatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/10/2019) tentang buah penambah energi yang cocok mengatasi penat

2 dari 6 halaman

Pisang

Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui bahwa salah satu buah penambah energi adalah pisang. Bahkan banyak pelatih fitnes yang menyarankan untuk mengonsumsi pisang sebelum berolahraga untuk meningkatkan energi. Pisang memberikan rasa kenyang, rendah kalori, serta mudah dicerna menjadi gula yang diperlukan segera untuk beraktivitas.

Pisang mengandung kalium, serat, vitamin B, beberapa nutrisi yang dapat meningkatkan fungsi otot. Kamu bisa menjadikan pisang sebagai menu sarapan ditambah susu rendah lemak, atau segelas yogurt.

Makanan tersebut merupakan kombinasi dari lemak dan protein yang fungsinya dapat mencegah kelaparan sebelum jam makan siang. Jadi, jangan pernah melewatkan sarapan kamu bila ingin tetap berenergi setiap harinya.

3 dari 6 halaman

Apel

Buah penambah energi berikutnya adalah apel. Mungkin kamu juga sering melihat di tv bahwa di meja makan selalu ada buah apel untuk langsung di makan. Jika kamu butuh energi, sementara belum tersedia makanan sumber energi seperit nasi, kamu bisa makan apel.

Buah yang berwarna merah ini membantu tubuh melepaskan energi secara perlahan-lahan, sehingga bisa jadi pengganjal dan penyedia energi yang baik selama belum ada makanan berat. Ditambah lagi, apel mengandung vitamin C, B serta potassium yang memberikan cukup tenaga untuk beraktivitas dengan baik.

4 dari 6 halaman

Alpukat

Selanjutnya, kamu juga bisa menambah energi untuk mengatasi penat dengan mengonsumsi alpukat. Lemak yang dimiliki buah berwarna hijau ini adalah lemak yang sehat.

Selain itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin B yang dapat membantu memperbaiki metabolisme tubuh dan mengatur vitalitas serta energi. Vitamin B juga membantu tubuh mengubah makanan menjadi bahan bakar yang menghasilkan energi.

5 dari 6 halaman

Jeruk

Salah satu nutrisi yang dapat berkhasiat dalam meningkatkan energi adalah vitamin C. Oleh karena itu, buah-buahan seperti jeruk, lemon, kiwi, dan buah sejenisnya juga cocok untuk mengatasi penat.

Jeruk merupakan sumber vitamin C dan energi yang baik. Buah berwarna oranye ini juga mengandung mineral dan serat yang sehat agar fungsi-fungsi organ dalam tubuh bisa bekerja dengan semestinya.

Jika kamu ingin mengolahnya jadi minuman, bisa juga membuat jus jeruk ditambah madu, atau membuat infused water.

6 dari 6 halaman

Semangka

Selanjutnya, kamu juga bisa mengatasi penat dengan mengonsumsi buah semangka. Buah yang memiliki daging buah berwarna merah ini mengandung vitamin C yang membantu menambah kadar zinc dalam tubuh.

Zinc berfungsi membawa zat-zat penting dalam tubuh dan berperan dalam metabolisme energi. Sementara itu, kandungan air dalam semangka bisa menghilangkan dahaga seketika saat kamu benar-benar membutuhkannya.

Jadi itulah beberapa buah-buahan penambah energi yang bisa kamu jadikan alternatif dalam mengatasi penat. Daripada kamu mengonsumsi bahan lain yang tidak alami dan memiliki berbagai efek samping, lebih baik kamu menggunakan buah-buahan yang mengandung berbagai amnfaat kesehatan.