Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

6 Cara Hilangkan Bau Rokok pada Mulut, Mudah dan Alami

Liputan6.com, Jakarta Bau rokok menjadi masalah yang tak asing bagi perokok dan orang di sekitar. Bahan kimia yang ditemukan dalam rokok, seperti tar dan nikotin, ditinggalkan di mulut. Setelah mengisap rokok, bahan kimia ini akan menempel di gigi, gusi, lidah, dan pipi. 

Bau napas perokok bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi diri sendiri dan orang sekitar. Gangguan ini bisa makin buruk jika Anda terus merokok selama bertahun-tahun. Orang yang merokok untuk sebagian besar hidupnya mungkin mengalami bau mulut ekstra yang sangat sulit untuk dihilangkan.

Merokok juga menimbulkan masalah mulut lain seperi gigi menguning, gusi menghitam, penumpukan plak, dan penyakit mulut lainnya. Masalah tak habis di mulut, rokok juga menjadi masalah untuk gangguan kesehatan lainnya. Rokok mengandung sekitar 600 bahan berbeda.

Ketika dibakar, bahan-bahan ini memancarkan ribuan bahan kimia, beberapa di antaranya bersifat kanker, yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Ada beberapa perubahan kecil dan perawatan di rumah yang bisa Anda coba sebagai obat bau mulut akibat rokok. Berikut cara untuk menghilangkan bau mulut dengan solusi alami yang mudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(8/10/2019).

2 dari 7 halaman

Sikat gigi secara teratur dan menyeluruh

Produk tembakau hampir merupakan sumber bau mulut (halitosis). Selain itu, rokok dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan mulut. Menjaga kebersihan mulut berpotensi membantu mengatasi masalah napas. Ini berarti menyikat setidaknya dua kali sehari dan membersihkan gigi secara teratur.

Anda juga perlu sering membilas mulut dengan obat kumur dan mencoba pembersih lidah. Ada juga pasta gigi khusus yang tersedia di pasaran untuk orang yang merokok, meskipun ini seringkali lebih abrasif daripada pasta gigi biasa.

Produk-produk ini dapat mengatasi pewarnaan gigi akibat penggunaan tembakau, tetapi mungkin tidak membantu sebagai solusi halitosis jangka panjang dibandingkan dengan berhenti merokok sama sekali.

3 dari 7 halaman

Banyak minum air putih

Air liur memainkan peran penting dalam kebersihan mulut secara keseluruhan. Air liur memerah mulut dari makanan dan partikel lain yang mungkin menempel pada gigi dan gusi.

Untuk alasan ini, penting untuk minum banyak air sepanjang hari. Ini akan mengurangi jumlah partikel pada gigi dan gusi yang dapat mengunyah bakteri dan berpotensi menyebabkan bau napas.

Jika Anda merasa sering kekurangan air liur, Anda mungkin mengalami mulut kering, atau xerostomia. Penyebab umum halitosis adalah mulut kering. Jika tidak diobati, kekurangan air liur juga dapat menyebabkan kerusakan gigi.

4 dari 7 halaman

Bersihkan lidah

Lidah bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri bau di mulut. Bagian ini seringkali diabaikan ketika orang menyikatnya. Setelah menyikat gigi, gunakan sikat gigi untuk menyikat lidah juga.

Studi menunjukkan bahwa membersihkan lidah secara teratur dapat mengurangi bakteri mulut yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan bau mulut, penumpukan plak, dan kondisi kesehatan mulut lainnya.

Anda bisa menggunakan alat pembersih lidah sebagai salah satu solusi bau mulut berteknologi tinggi. Beberapa penelitian mengatakan pencakar lidah adalah alat yang paling efektif untuk digunakan. Namun, Anda juga bisa menggunakan sikat gigi dan obat kumur untuk membersihkan lidah.

5 dari 7 halaman

Mengunyah permen karet tanpa gula

Jika sedang di luar dan tidak bisa menyikat gigi cobalah mengunyah permen karet tanpa gula selama sekitar 5 menit atau kurang. Gusi dapat mendorong mulut untuk menghasilkan lebih banyak air liur, yang dapat membantu menghilangkan partikel makanan yang menyebabkan bau dari gigi.

Pastikan untuk memilih permen karet tanpa gula. Bakteri di mulut suka gula dan menggunakannya untuk menghasilkan asam. Asam berlebih di mulut dapat merusak gigi dan menyebabkan bau mulut. Mengunyah permen karet tanpa gula akan merangsang air liur, merupakan mekanisme pertahanan alami mulut terhadap asam plak yang menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut.

6 dari 7 halaman

Jeruk

Bau mulut dapat disebabkan oleh mulut kering akibat merokok. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C membantu meningkatkan produksi air liur, yang dapat membantu menghilangkan bau mulut. Jeruk kaya akan vitamin C dan asam. Mengonsumsi buah-buahan tinggi asam sitrat seperti jeruk membantu mulut mengeluarkan air liur yang membersihkan mulut.

Anda juga bisa menggunakan kulit jeruk untuk mengusir bau mulut. Bilas kulit lemon atau jeruk sebelum memasukkannya ke mulut untuk mengunyahnya. Buah-buahan dan sayuran yang renyah seperti seledri, mentimun, pir, dan apel adalah solusi lain untuk bay mulut.

Mereka tidak hanya membantu mulut menghasilkan air liur, tetapi kerenyahan juga bertindak seperti scrubber pada gigi.

7 dari 7 halaman

Berhenti merokok

Cara paling tepat untuk menghilangkan bau rokok pada mulut adalah berhenti merokok. Orang yang menggunakan tembakau memiliki risiko lebih tinggi untuk penyakit gusi. Ini berpotensi berkontribusi pada bau mulut. Merokok juga dapat menodai gigi dan membuat Anda berisiko mengalami banyak masalah kesehatan.

Merokok juga dapat mengganggu indera penciuman. Itu berarti Anda mungkin tidak selalu menyadari bagaimana bau napas Anda sendiri. Jika memerlukan sedikit bantuan, buat janji dengan dokter untuk membicarakan tentang program berhenti merokok atau obat resep yang dapat membantu melepaskan tembakau untuk selamanya.

Loading