Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

5 Tips Membeli Kamera untuk Pemula, Jangan Sampai Salah Pilih

Liputan6.com, Jakarta Tips membeli kamera untuk pemula mungkin benar-benar harus diperhatikan. Hal ini disebabkan bila salah memilih kamera dan tidak sesuai dengan kebutuhan maka bisa jadi kamera tersebut malah tidak terpakai dan jadi sia-sia. 

Banyak orang yang ingin membeli kamera walaupun mereka belum terlalu mengerti bagaimana cara mengoperasikannya. Apalagi sudah banyak jenis-jenis kamera sekarang ini dengan berbagai fitur yang ditawarkannya. Tentunya memilih kamera akan semakin sulit dengan banyaknya pilihan.

Tips membeli kamera untuk pemula harus dipikirkan dengan matang agar tidak salah pilih. Dengan begitu, kamu bisa membeli kamera yang benar-benar kamu butuhkan, dan sesuai dengan niat awalmu membelinya. Jadi, kamera yang kamu beli tidak akan sia-sia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/10/2019) tentang tips membeli kamera untuk pemula

2 dari 6 halaman

Tujuan Membeli Kamera

Tips membeli kamera untuk pemula yang pertama adalah tentukan tujuan kamu dalam membeli kamera. Jenis fotografi seperti apa yang kamu inginkan? Ini adalah pertanyaan paling sederhana tapi juga paling sulit dijawab.

Apakah kamu mulai tertarik dengan fotografi atau sekadar hobi pastikan kamu sudah tahu apa tujuanmu agar kamu membeli kamera sesuai kebutuhanmu. Kalau kamu memang mau menyelami dunia fotografi maka penting sekali membeli kamera yang fiturnya canggih dan resolusi gambarnya bagus.

Apapun alasannya, pastikan kamu sudah menetapkan tujuan sebelum membeli kamera.

3 dari 6 halaman

Tentukan Budget

Tips membeli kamera untuk pemula selanjutnya adalah menentukan budget. Beberapa orang mungkin belum tahu pasaran kamera tapi setidaknya harus sudah punya patokan budget untuk membelinya.

Hanya karena kamu ingin membeli kamera yang canggih bukan berarti kamu menghabiskan semua budget. Kamu harus senantiasa menyesuaikan dengan kondisi keuanganmu dan jangan merasa gengsi bila saat ini kamu hanya mampu membeli kamera dengan harga yang tidak terlalu mahal. Asalkan fitur teknologinya tetap bisa bersaing dengan kamera yang harganya mahal, tentunya tidak ada masalah.

Kamu bisa memilih kamera dengan harga sekitar Rp 6 juta sampai dengan Rp 10 jutaan untuk yang simpel tapi sudah mumpuni. Namun, jika berniat cari kamera yang lebih mutakhir, kamu bisa siapkan dana mulai dari Rp 13 juta.

4 dari 6 halaman

Pilih yang Mudah Digunakan

Selain itu, sebagai pemula tentunya kamu harus belajar dari awal dalam menggunakan kamera. Oleh karena itu, ada baiknya kamu membeli kamera yang sudah memiliki fitur shooting automode agar kamu tidak perlu lagi mengatur tingkat kecerahan atau fokus kameramu.

Karena biasanya bagi seorang pemula, yang paling penting adalah kamera sudah mampu menghasilkan foto dengan angle yang bagus tanpa harus mengatur hal-hal lain yang membuat repot.

5 dari 6 halaman

Fitur Kamera

Selain itu, kamu juga harus memikirkan berbagai fitur yang disediakan oleh kamera. Tidak hanya fitur khusus yang berpengaruh terhadap gambar yang dihasilkan, namun juga fitur umum seperti wifi atau bluetooth.

Apalagi untuk pemula, tentunya belum terlalu memikirkan fitur pengambilan gambar pada kamera. Fitur kamera seperti wifi atau bluetooth tentunya akan sangag membantu dalam memidnahkan foto ke perangkat lainnya.

Akan sangat merepotkan bila kamu membeli kamera yang tidak mempunyai fitur wifi atau bluetooth karena kamu harus buka tutup sd card-nya berulang kali.

6 dari 6 halaman

Pilih Model Kamera

Tips membeli kamera untuk pemula berikutnya adalah memilih model kamera. Jangan hanya fokus pada fiturnya saja, lebih baik kamu memilih kamera dengan model yang kamu suka. Hal ini nantinya sangat menentukan kenyamanan kamu dalam menggunakannya.

Untuk pemula sendiri lebih baik membeli kamera dengan model point and shoot atau mirrorless yang cenderung lebih ringan digunakan tanpa terasa berat. Karena kamera yang bentuknya lebih berat tentunya akan menyulitkan kamu sendiri dalam menggunakannya.

Kamu bisa memilih beberapa jenis kamera, seperti kamera pocket, kamera mirrorless, kamera DSLR, hingga actioncam. Mulai dari kamera pocket yang mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya yang kecil, hingga kamera DSLR yang berat namun banyak juga digunakan profesional bisa kamu pilih. Selain itu, ada juga mirrorless dengan berbagai kecanggihannya hingga actioncam untuk kamu yang suka petualangan.

 

Loading