Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

Urutan Jenis Kualitas Film dari yang Terbaik hingga Terburuk

Liputan6.com, Jakarta Urutan jenis kualitas film merupakan suatu hal yang wajib diketahui oleh pecinta film. Apalagi, jenis kualitas film ini akan sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keseruan menonton film kamu. Jika jenis kualitasnya buruk, tentu saja film yang bagus pun bisa menjadi tidak bisa dinikmati.

Bagi kamu yang sering mengunduh film tentunya kamu sudah mengetahui jenis kualitas film mana yang paling bagus dan yang paling buruk. Biasanya, jenis kualitas film yang lebih bagus juga memiliki ukuran yang cukup besar dalam memori perangkat kamu.

Urutan jenis kualitas film bisa menjadi acuan dalam menikmati film. Jika kamu menonton film dengan jenis kualitas yang rendah, gambar yang ditampilkan seakan tidak nyata dan hanya seperti rekaman yang tidak memuaskan.

Oleh karena itu, lebih baik menonton jenis kualitas film yang tinggi dengan kepuasan menonton yang maksimal. Berikut Liputan6.com rangkum tentang urutan jenis kualitas film dari berbagai sumber, Rabu (9/10/2019).

2 dari 6 halaman

Urutan Jenis Kualitas Film

Kualitas Bluray/BRRip

Urutan jenis kualitas film yang terbaik adalah yang berkualitas Bluray/BRRip. Bluray/BRRip merupakan kualitas tertinggi untuk film. Gambar dan audionya sudah sangat bagus.

Bluray/BRRip memiliki resolusi yang tertinggi yaitu 1920x1080 (1080p) dan 1280x720 (720p), semakin besar resolusinya semakin bagus juga kualitasnya. Jika kamu ingin mengunduh film berkualitas Bluray, diperlukan spesifikasi komputer yang tinggi karena jika spesifikasinya rendah gambarnya akan patah-patah atau bahkan tidak dapat ditonton.

mHD (Mini/Micro HD)

Urutan jenis kualitas film selanjutnya adalah Mini HD atau Micro HD. Jenis kulitas film Mini/Micro HD adalah kualitas yang setara dengan Blu-Ray, namun ukurannya diperkecil. Biasanya film dari kualitas Blu-Ray kemudian diperkecil ukurannya menjadi lebih hemat. Gambar dan suaranya bagus serta cocok untuk para penikmat film dengan kuota terbatas.

3 dari 6 halaman

Urutan Jenis Kualitas Film

Kualitas WEB-DL

Selain itu, urutan jenis kualitas film selanjutnya adalah WEB-DL. WEB-DL merupakan kualitas yang hampir setara dengan Bluray 720p, kualitas ini lebih baik dibandingkan dengan HDTV.

Pada versi WEB-DL biasanya tidak terdapat logo TV atau iklan pada layar seperti yang terdapat di versi HDTV dan ukurannya pun lebih besar dibandingkan HDTV. Resolusi yang ada pada WEB-DL biasanya 720p dan 1080p.

Kualitas HDRip dan HDTV

Selanjutnya ada urutan jenis kualitas film HDRip dan HDTV. Kedua kualitas ini sudah layak ditonton karena kualitas gambar dan audio sudah sangat bagus walaupun ukurannya tidak terlalu besar. Kualitas ini bersumber pada TV yang direkam dengan menggunakan peralatan recording.

4 dari 6 halaman

Urutan Jenis Kualitas Film

Kualitas DVDRip

DVDRip merupakan kualitas yang sudah cukup bagus karena kualitas ini diambil dari DVD original yang dirilis secara resmi, jadi jika menonton film dengan kualitas DVDRip sama saja menonton dari kaset DVD.

Pada urutan jenis kualitas film ini, hanya mengambil videonya saja. Extra features, audio commentaries, dan lainnya tidak diambil, sehingga kualitasnya sama dengan DVD asli.

Kualitas WEBRip

WEBRip merupakan urutan jenis kualitas film selanjutnya, yang kualitasnya sudah setara dengan DVDRip tetapi masih bisa dibilang di bawah kualitas DVDRip. Kualitas jenis ini diambil langsung dari sebuah situs yang menyediakan video streaming.

Kualitas ini juga cocok untuk kamu yang suka mendownload film menggunakan smartphone karena resolusi dikualitas ini sangat jernih dan pas untuk diputar di smartphone anda.

5 dari 6 halaman

Urutan Jenis Kualitas Film

Kualitas R5

Urutan jenis kualitas film satu ini sama halnya dengan DVDScr karena jenis ini adalah hasil rekaman dari perilisan DVD. Biasanya dikualitas ini terdapat subtitle China, Korea, atau bahasa lainnya yang menggangu ketika ditonton.

Terkadang kualitas gambarnya setara dengan DVDRip tetapi kadang juga berkualitas TS, sedangkan untuk kualitas suaranya ada yang bagus tetapi juga ada yang masih buruk.

Kualitas DVDScr

DVDScr merupakan kualitas film yang tidak berbeda jauh dengan kualitas TS atau CAM. Urutan jenis kualitas film ini biasanya masih tergolong buruk. Kualitas ini diambil dari bioskop-bioskop asia seperti China dan Korea.

6 dari 6 halaman

Urutan Jenis Kualitas Film

Kualitas Telesync (TS)

TS merupakan kualitas film yang lebih baik dibandingkan CAM/HDCam, tetapi hanya pada bagian suara saja karena menggunakan audio recording di sumber suara yang terdapat di bangku penonton. Namun untuk gambarnya masih sama sama saja buruknya dengan kualitas CAM/ HDCAM.

Kualitas CAM / HDCAM

Urutan jenis kualitas film yang terburuk adalah kualitas CAM/ HDCAM. Hal ini karena kulitas ini biasanya direkam melalui handycam di bioskop.

Kualitas gambarnya buram, terkadang ada kepala yang menghalangi kamera/ orang yang lewat dan juga tidak jarang gambarnya pun bergoyang. Sama halnya dengan gambarnya, suaranya pun masih buruk karena tanpa sengaja suara dari penonton yang sedang tertawa ketika kejadian lucu ikut terekam. Sedangkan kualitas HDCam adalah perbaikan dari kualitas CAM, jadi kualitas ini sedikit lebih bagus dibandingkan CAM.

Loading