Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

Jadi Vokalis ST12 Gantikan Charly, Ini Fakta Sosok Firman Idol

Liputan6.com, Jakarta ST12 adalah salah satu band yang sudah lama dikenal oleh mayarakat Tanah Air. Eksistensinya di belantika musik Indonesia memang sudah tak diragukan lagi. ST12 merupakan band yang beraliran pop rock dan pop melayu. 

Band yang dibentuk di Bandung 2004 silam ini setidaknya sudah mengeluarkan 6 album sejak 2011 hingga 2014. Nama ST12 merupakan kependekan dari Jalan Stasiun Timur No. 12 yang merupakan markas berkumpulnya grup musik ini. Awalnya, grup musik ini terdiri dari  Ilham Febry alias Pepep sebagai drummer, Dedy Sudrajat alias Pepeng sebagai gitaris, Muhammad Charly van Houten alias Charly yaitu vokalis dan mendiang Iman Rush sebagai gitaris.

Cukup lama vakum dari layar kaca, kini ST12 kembali dengan formasi baru. ST12 kini digawangi oleh Pepep yang masih menjadi drummer, Indra sebagai bassis dan yang baru adalah Firman Siagian sebagai vokalis. Tak lagi bersama Charly, kedatangan Firman diharapkan memberikan kesan baru dari ST12 ini.

Wajah Firman Siagian juga sudah tak asing bagi masyarakat. Ia sendiri merupakan musisi yang sudah dikenal sejak mengikuti ajang Indonesian Idol 2005 lalu. Kini ditunjuk sebagai vokalis grup terkenal, berikut ini 4 perjalanan karier Firman Siagian dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (10/10/2019).

2 dari 5 halaman

1. Berawal dari Ajang Indonesian Idol Musim Kedua

Firman Siagian meniti karier bermusiknya diawali dari mengikuti Indonesian Idol musim kedua 2005 lalu. Dari mengikuti ajang tersebut, Firman lebih dikenal dan disapa sebagai Firman 'Idol'. 

Setelah lolos audisi Indonesian Idol musim kedua, ia mengikuti kompetisi tersebut hingga 29 Juli 2005. Di tanggal tersebut, Firman harus rela tersingkir. Pria yang kini berusia 40 tahun itu menduduki posisi ketiga setelah Mike dan Judika yang menempati posisi satu dan dua. 

3 dari 5 halaman

2. Jadi Vokalis Band The Fly

Setelah mengikuti ajang tersebut, Firman terus meniti karier musiknya. Ia sempat bergabung dalam sebuah band bernama The Fly. Band yang dibentuk 1994 ini mengajak Firman sebagai vokalis 2007. Vokalis terdahulunya B'Jah keluar dari band karena akan melanjutkan pendidikan.

Sekitar 2 tahun tak memiliki vokalis tetap, akhirnya Firman pun bergabung. Baru menepati posisi sebagai vokalis dua tahun, Firman kemudian hengkang. Kabarnya, Firman terlibat sejumlah kasus pribadi. 

4 dari 5 halaman

3. Lebih Eksis di Malaysia

Lama tak muncul di layar kaca Tanah Air, ternyata Firman berkarier di Malaysia. Ia lebih sering mengisi acara di Negeri Jiran tersebut dan makin terkenal sebagai penyanyi. Penampilannya pun berubah dengan potongan rambut pendek dan tubuh yang lebih berisi.

Saking seringnya memiliki pekerjaan di Malaysia, kabarnya Firman sempat ditawari untuk menetap di sana. Namun pria kelahiran 3 November 1978 Balige, Toba Samosir ini memilih untuk menolaknya. Ia tetap ingin tinggal di Indonesia. 

Sebagai penyanyi solo ia telah mengeluarkan setidaknya 5 single. Lagu yang membuatnya semakin dikenal adalah lagu berjudul 'Kehilangan' yang dirilis 2010 lalu.

5 dari 5 halaman

4. Digaet Jadi Vokalis ST12

Kini kehadiran Firman memberikan wajah baru bagi ST12. Sebagai satu-satunya personel yang masih bertahan di ST 12, Pepep mengungkapkan alasannya memilih penyanyi jebolan Indonesian Idol itu sebagai vokalis barunya. Baginya latar belakang darah Melayu Firman lah yang membuatnya yakin cocok.

"Firman Siagian adalah penyanyi yang kebetulan berdarah Melayu, dia asal Sumatera Utara, Tapanuli Utara, tepatnya di kampung Melayu Balige. Makanya, kan kita sama-sama basic Melayu, sehingga saya nggak perlu kerja keras untuk menyatukan visi dan misi dalam membentuk warna karakter yang sudah menjadi ciri khas ST 12 selama ini," ungkap Pepep dalam jumpa pers di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (9/10) kemarin sebagaimana dikutip Liputan6.com dari Kapanlagi.

Bersama label Nagaswara Records, ST12 merilis single repackage bertajuk 'Kepingan Hati'. Sekaligus memperkenalkan Firman yang kini resmi menjadi vokalis ST12. 

Loading