Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

5 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D, Ganggu Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Vitamin D punya peran penting untuk kesehatan tubuh. Vitamin D memainkan beberapa peran dalam menjaga sel-sel tubuh. Oleh karena itu, kekurangan citamin D dapat menimbulkan masalah kesehatan bahkan sampai mengurangi harap hidup.

Ada beberapa fungsi vitamin D seperti membangun tulang kuat dan sehat, membantu tubuh menyerap kalsium, berperan dalam pertumbuhan sel hingga mengurangi peradangan yang menjadi penyebab penyakit.

Melansir dari WebMD, cara paling akurat untuk mendeteksi berapa banyak vitamin D dalam tubuh adalah dengan tes darah 25-hidroksi vitamin D. Tingkat 20 nanogram/milliliter hingga 50 nanogram/milliliter dianggap memadai untuk orang sehat. Sedangkan kurang dari 12 nanogram/milliliter mengindikasikan kamu kekurangan vitamin.

Namun, kamu juga bisa mengetahui tubuh kekurangan vitamin D dengan melihat tanda-tanda kesehatan pada tubuh. Berikut ada lima tanda tubuh kekurangan vitamin D yang mudah dikenali. Telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, ini 5 tanda tubuh kekurangan vitamin D yang perlu segera dicukupi, Kamis (10/10/2019).

2 dari 6 halaman

Sering Sakit

Salah satu peran vitamin D yang paling penting adalah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Hal ini nantinya yang akan melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Nah, ketika kamu kekurangan vitamin D, kamu bisa mendeteksi kesehatan tubuh dengan memerhatikan apakah kamu sering sakit atau tidak. Terutama pilek atau flu. Apabila kamu mengalaminya, kemungkinan tubuh kamu kekurangan vitamin D.

Beberapa penelitian menunjukkan ada hubungan antara defisiensi dan infeksi saluran pernapasan seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia. Untuk itu, penting mencukupi kebutuhan vitamin D.

3 dari 6 halaman

Mudah Lelah

Tubuh yang kekurangan vitamin D memungkinkan kamu mudah merasakan lelah atau kelelahan. Pada sebuah studi menunjukkan bahwa kadar darah yang sangat rendah dapat menyebabkan kelelahan yang menyebabkan kelelahan memiliki efek negatif pada kualitas hidup.

Untuk itu, penting mencukupi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung vitamin D. Hal ini dapat membantu memperbaiki gejalanya.

4 dari 6 halaman

Nyeri Tulang dan Punggung

Vitamin D bantu menjaga kesehatan tulang. Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium pada tubuh. Apabila kamu tidak mendapatkan cukup vitamin D, maka kerap mengalami nyeri pada otot dan tulang, terutama saat cuaca dingin. Sendi seseorang yang kekurangan vitamin D juga akan sedikit mengalami kaku di pagi hari.

Nyeri tulang dan nyeri punggung bagian bawah juga merupakan tanda kamu kekurangan vitamin D yang tidak memadai dalam darah. Seseorang yang kekurangan vitamin D hampir dua kali lebih mungkin mengalami nyeri tulang di kaki, tulang rusuk, atau sendi dibandingkan seseorang yang tercukupi kebutuhan vitamin D.

5 dari 6 halaman

Depresi

Beberapa penelitian menghubungkan defisiensi vitamin D dengan depresi. Pada sebuah analisis juga menemukan bahwa secara statistic, orang-orang yang kekurangan vitamin D lebih berisiko mengalami depresi.

Para peneliti juga percaya bahwa karena vitamin D penting untuk fungsi otak, rendahnya kadar zat gizi tersebut berdampak pada meningkatnya risiko depresi dan gangguan mental lainnya.

6 dari 6 halaman

Tidak Bisa Tidur Nyenyak

Pada sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin D, akan lebih rendah risikonya mengalami gangguan tidur pada malam hari. Untuk itu, ketika kamu sulit mendapatkan tidur di malam hari atau tidur tidak nyenyak menandakan kamu kekurangan vitamin D.

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Makanan yang Mengandung Vitamin D, Jangan Sampai Kekurangan