Sukses

4 Fakta Kunai, Senjata yang Digunakan untuk Menyerang Wiranto

Kunai adalah senjata yang identik dengan ninja.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, Kamis (10/10/2019) diserang secara tiba-tiba saat kunjungan kerja ke Pandeglang, Banten. Aksi penyerangan ini bergitu cepat dan terjadi sangat singkat.

Usai diserang dan tersungkur di tanah, sejumlah petugas yang mengawal Wiranto pun langsung sigap meringkus pelaku. Setelah itu Wiranto dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Barokah Pandeglang, Banten. Dari hasil penanganan dokter, diketahui Wiranto mengalami luka tusuk di bagian perut kiri bawah. Luka tusuk yang dialaminya pun menurut dokter cukup dalam.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui bahwa orang yang menyerang Wiranto ada dua orang. Yaitu perempuan berinisial FD dan laki-laki berinisial SA. Keduanya telah diamankan oleh pihak kepolisian. Diduga laki-laki yang melakukan penyerangan terpapar paham radikal ISIS, menurut Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

Senjata yang digunakan untuk aksi penyerangan diketahui adalah senjata yang tak umum. Senjata tersebut adalah kunai, sebuah senjata ninja yang ada pada serial anime Naruto. Yaitu pisau pendek yang tajak kedua sisinya dengan pegangan dan memiliki lingkaran di ujungnya.

Berikut 4 fakta kunai, senjata ninja yang digunakan untuk menyerang Wiranto yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kunai dikenal sebagai senjata ninja dalam serial anime Naruto

Bagi masyarakat umum, mendengar nama kunai pastinya akan teringat sebuah senjata ninja yang ada pada serial anime Naruto. Senjata yang populer digunakan oleh para ninja dalam anime tersebut sebagai senjata pertarungan jarak dekat. Katimbang menggunakan pedang, dalam serial Naruto, senjata kunai lebih populer untuk digunakan.

3 dari 5 halaman

2. Kunai memang ada dalam dunia nyata sebagai senjata

Kunai yang dikenal sebagai sebuah senjata dalam serial anime Naruto memanglah sebuah senjata yang nyata di dunia ini. Menurut buku Battle for Power karya Kazuo Koike, senjata bernama kunai ini sudah ada dan digunakan sejak abad ke-11 Masehi.

4 dari 5 halaman

3. Kunai adalah alat yang digunakan ninja

Pada dasarnya senjata ninja tidak memiiki perbedaan antara alat dan senjata. Ninja menggunakan apapun sebagai alat maupun senjata.

Melansir dari ninjaencyclopedia, kunai digunakan ninja untuk melubangi dinding dan memanjat dinding menggunakan lubang yang telah dibuat menggunakan kunai. Selain itu karena bentuk kunai memiliki lingkaran di ujungnya, senjata ini dapat diikat dan dilemparkan ke tempat yang tinggi sebagai alat untuk memanjat.

5 dari 5 halaman

4. Kunai sebagai senjata ninja

Kunai dalam bentuknya terlihat seperti sebuah pisau pendek yang dapat digunakan untuk pertempuran jarak dekat. Biasanya kunai menurut ninjaencyclopedia, memiliki panjang 100-480 mm, selain itu memiliki beran 100-500g.

Sebuah senjata yang dapat disembunyikan dibalik tangan, dan didapat dengan mudah digunakan untuk menusuk maupun menikam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini