Sukses

4 Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil, Mengandung Banyak Nutrisi

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil didapatkan dari berbagai nutrisi yang dikandungnya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jambu biji untuk ibu hamil didapatkan dari berbagai nutrisi yang dikandungnya. Apalagi ibu hamil membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk menjaga kesehatannya dan kesehatan janin. Untuk itulah, jambu biji sebagai buah sehat menjadi solusi tepat untuk ibu.

Jambu biji merupakan buah berwarna hijau dengan kulit buah berwarna merah. Buah yang manis ini dinamakan jambu biji karena memiliki banyak biji kecil di bagian tengahnya yang bisa dimakan. Karena mendapatkannya juga tidak terlalu sulit sebaiknya ibu hamil mengonsumsi buah ini secara teratur.

Apalagi manfaat jambu biji untuk ibu hamil tidak boleh dilewatkan. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, jambu biji mengandung banyak nutrisi seperti serat, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, dan berbagai vitamin yang diperlukan oleh tubuh, terutama untuk ibu hamil.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/10/2019) beberapa manfaat jambu biji untuk ibu hamil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mencegah Komplikasi Kehamilan dengan Kandungan Vitamin C

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat mencegah komplikasi kehamilan. Hal ini terkait dengan kandungan vitamin C yang ada dalam jambu biji. Sebuah studi pada jurnal Nutrients menyebutkan bahwa buah jambu biji kaya dengan vitamin C yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Dengan kandungan Vitamin C jambu biji yang bekerja sama dengan vitamin E untuk meningkatkan antioksidan, sehingga mampu menghambat radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada tubuh. Dengan begitu, sel-sel tubuh akan terlindungi dari peradangan yang bisa meningkatkan risiko preeklampsia, kelahiran prematur, ketuban pecah dini, dan tidak berkembangnya janin di dalam kandungan.

3 dari 5 halaman

Mencegah Anemia dengan Kandungan Zat Besi

Manfat jambu biji untuk ibu hamil juga dapat memengaruhi janin di dalam kandungan si ibu. Jambu biji juga memberikan manfaat untuk perkembangan janin. Hal ini disebabkan karena jambu biji mengandung zat besi, yakni nutrisi yang dibutuhkan dua kali lebih besar saat hamil.

Kebutuhan zat besi yang meningkat ini diperlukan untuk memproduksi ekstra darah untuk bayi. Darah yang mengandung hemoglobin ini menjadi media bagi bayi untuk mendapatkan asupan makanan dan oksigen dari ibu.

Jadi, bila kadar zat besi rendah, sang ibu berisiko mengalami anemia. Akibatnya, bayi yang dilahirkan akan memiliki berat badan di bawah normal. Selain daging, ikan, dan sayur hijau, ibu hamil juga bisa mengonsumsi jambu biji untuk memenuhi kebutuhan zat besinya per hari.

4 dari 5 halaman

Mendukung Perkembangan Otak Bayi dengan Kandungan Asam Folat

Selain zat besi, salah satu nutrisi penting lainnya yang harus dipenuhi ibu hamil adalah asam folat. Asam folat dibutuhkan tubuh untuk produksi sel darah merah sekaligus membantu perkembangan otak dan sumsum tubuh belakang. Oleh karena itu, ibu hamil dapat mendapatkan asam folat dari manfaat jambu biji ini sebagai salah satu kandungannya.

Jika ibu hamil kekurangan asam folat, tabung saraf bayi mungkin tidak tertutup dengan benar. Akibatnya, bayi berisiko mengalami cacat tabung saraf, seperti spina bifida atau anencephaly.

5 dari 5 halaman

Mengurangi Risiko Kram Otot

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil berikutnya adalah mengurangi risiko terjadinya pegal hingga kram otot. Ibu hamil rentan dengan masalah sendi dan otot, terutama di sepanjang tulang belakang.

Kondisi ini terjadi karena janin memberi beban dan tekanan di perut yang memengaruhi tulang belakang. Namun, bisa juga menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan mineral tertentu. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengonsumsi jambu biji untuk mengurangi risiko kram otot tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.