Sukses

Jenis Teks Prosedur, Ciri-ciri, dan Strukturnya dalam Bahasa Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Jenis teks prosedur biasanya bisa ditemukan ketika kamu ingin melihat cara mengoperasikan suatu mesin atau ketika kita mempelajari cara memasak makanan. Teks prosedur inilah yang menyajikan langkah-langkah dalam menggunakan mesin ataupun memasak supaya memperoleh hasil yang diinginkan. 

Teks prosedur merupakan teks yang berisikan langkah-langkah suatu aktivitas atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Misalnya, saat kamu membeli sebuah mesin printer, maka kamu harus mengetahui langkah-langkah dalam menggunakannya.

Jenis teks prosedur terbagi menjadi yang sederhana hingga kompleks. Kamu bisa menemukan berbagai teks prosedur yang hanya dengan beberapa tahapan sederhana saja, namun juga bisa menemukan teks prosedur yang memiliki berbagai langkah yang rumit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/10/2019) tentang jenis teks prosedur

2 dari 4 halaman

Jenis Teks Prosedur

Teks Prosedur Sedehana

Jenis teks prosedur yang pertama adalah teks prosedur sederhana. Teks prosedur sederhana ini hanya berisi dua atau tiga langkah saja, contohnya prosedur untuk mengoperasikan setrika.

Jenis teks prosedur satu ini disebut teks prosedur sederhana karena memang penyajian teksnya yang sangat simpel dan sederhana. Jadi teks ini sangatlah singkat dan hanya menyajikan bagian yang dianggap bagian benar-benar pentingnya saja.

Bagian paling awal biasanya tidak disajikan. Sebagai contoh, dalam penggunaan setrika, penjelasannya tidak dimulai dari menancap atau menghidupkan stop kontak.

Teks Prosedur Kompleks

Jenis teks prosedur selanjutnya adalah teks prosedur kompleks. Teks prosedur kompleks terdiri atas banyak langkah dan jenjang untuk tiap tahapannya. Contohnya prosedur pembayaran tilang oleh polisi.

Bahkan, biasanya terkadang terdapat sub-langkah dalam suatu langkah dalam jenis teks prosedur satu ini. Langka-langkah dalam proses penggunaan setrika misalnya, disajikan dengan sangat detail sehingga langkah-langkah tersebut dapat langsung kamu ikuti dengan sama persis dan lebih mudah untuk dipahami.

Teks Prosedur Protokol

Jenis teks prosedur lainnya adalah teks prosedur protokol. Teks prosedur protokol merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya sangat sederhana dan mudah dipahami. Contohnya dalam membaut sup, kamu bebas memilih untuk memotong wortel atau kentang terlebih dahulu, karena bahan-bahan tersebut nantinya akan dimasukkan secara bersamaan.

Jenis teks prosedur ini bersifat lebih fleksibel. Hal tersebut dikarenakan urutan langkahnya dapat diubah atau di bolak-balikkan. Walaupun kamu membolak-balikkan langkah tersebut, kamu tetap dapat memperoleh hasil yang baik. memindah-mindahkan urutan dari langkah-langkah dalam teks prosedur protokol ini tidak menjadi masalah, karena tidak mempengaruhi hasil nantinya.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Setelah mengetahui jenis teks prosedur, maka kamu juga harus memahami tentang ciri-ciri teks prosedur, yang diantaranya adalah:

Menggunakan Kalimat Imperatif

Ciri-ciri yang pertama adalah menggunakan kalimat imperative. Kalimat imperatif merupakan kalimat yang bersifat perintah. Jadi setiap langkah teks prosedur harus terdapat perintah supaya pembaca dapat memahami apa yang harus dilakukan melalui perintah tersebut.

Menggunakan Kata Kerja Aktif

Ciri-ciri selanjutnya adalah menggunakan kata kerja aktif. Teks prosedur yang baik merupakan teks yang menggunakan kata kerja yang aktif bukan kata kerja yang pasif. Jadi dalam prosedur menggoreng telur, kamu harus menuliskan “Anda harus menggoreng telur hingga matang”. Bukan menuliskannya, “Telurnya wajib digoreng hingga matang sama anda”

Penggunaan Struktur Bahasa Yang Baik

Selain itu, ciri-ciri teks prosedur selanjutnya adalah memiliki struktur bahasa yang baik. Agar teks lebih mudah untuk dipahami, struktur bahasa harus diperhatikan dengan baik. Struktur bahasa yang harus diperhatikan mulai dari hal yang sederhana seperti konjungsi, keterangan tempat dan waktu, serta kaidah kebahasaan.

Selain itu, teks prosedur juga harus memiliki bahasa yang rinci dan teliti, informatif, objektif, berisi langkah-langkah yang berkelanjutan, disertai penjelasan yang logis, dan akurat.

4 dari 4 halaman

Struktur Teks Prosedur

Selain itu, kamu juga harus mengerti bagaimana struktur teks prosedur, sebagai berikut:

Tujuan

Bagian pertama dari sebuah teks prosedur adalah tujuan. Pada bagian ini disajikan tujuan dibuatnya teks prosedur, sehingga pembaca dapat mengetahui untuk apa teks tersebut dibuat.

Contohnya tertulis tujuannya adalah supaya pembaca dapat membuat takoyaki dengan cita rasa yang sangat lezat. Sehingga pembaca akan tertarik untuk mencobanya. Hal tersebut dikarenakan mereka berpikir bahwa dengan mengikuti teks tersebut, mereka dapat berhasil membuat takoyaki yang lezat.

Material

Material merupakan bagian kedua dari struktur teks prosedur. Pada bagian ini disajikan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menjalani langkah-langkah yang ada di teks prosedur tersebut.

Sebenarnya, bagian material ini tidak dimiliki semua teks prosedur. Ada teks prosedur yang memang memerlukan bagian ini dan juga ada pula yang memang tidak memerlukannya.

Sebagai contoh, dalam membuat burger disajikan bahan untuk membuat burger berupa roti, tomat, daging, dan sebagainya. Namun, apabila teks prosedurnya bertujuan supaya pembaca dapat menggunakan motor maka bagian ini tidak diperlukan. Hal tersebut dikarenakan kita tidak memerlukan bahan apapun untuk menghidupkan ataupun mengoperasikan motor.

Langkah-Langkah

Selanjutnya, bagian utama dari struktur teks prosedur adalah bagian langkah-langkah. Hal tersebut dikarenakan di bagian inilah pembaca yang sama sekali tidak mengerti awalnya dalam melakukan suatu hal perlahan-lahan dibuat menjadi bisa dalam melakukan hal tersebut.

Oleh karena itu, bagian ini harus dibuat dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti oleh pembaca, agar mendapatkan hasil yang baik pula nantinya.