Sukses

Macam-Macam Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang, Tekuni Secara Profesional

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam hobi bisa tak terhitung jumlahnya. Semua orang memiliki aktivitas yang paling disukai. Melukis, memasak, berkebun, bermain gim dan banyak lainnya bisa menjadi hiburan tersendiri di waktu luang.

Macam-macam hobi menggambarkan tentang bakat dan minat seseorang terhadap suatu hal. Dengan menekuni hobi, kemampuan dan bakat yang kamu sukai akan makin terasah. Tak sedikit orang yang sukses bersama hobinya.

Macam-macam hobi terkadang bahkan tak sekadar aktivitas mengisi waktu luang. Beberapa orang memanfaatkan hobinya sebagai rutinitas yang juga menghasilkan pundi-pundi rupiah. Baik itu sebagai pendapatan tambahan atau bahkan sumber pendapatan utama, macam-macam hobi ini menjadi ide yang bagus untuk digeluti.

Hobimu mungkin masuk dalam salah satu macam-macam hobi yang bisa menghasilkan uang ini. Macam-macam hobi bisa diubah menjadi sesuatu yang lebih profesional dan menuntunmu ke karier impian. Berikut macam-macam hobi yang bisa menghasilkan uang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (12/10/2019).

2 dari 6 halaman

Berkebun

Berkebun lebih dari sekadar hobi bagi sebagian orang, itu adalah cara hidup. Bagi kamu yang suka berkebun, ini menenangkan pikiran dan membuatmu lebih berhubungan dengan alam. Kamu bisa berkebun apa saja, mulai dari tanaman hias, buah, hingga sayuran.

Berkebun tidak hanya cocok untuk hobi santai, tetapi juga dapat dengan mudah diubah menjadi kesibukan sampingan dengan menjual hasil kerja secara online. Menjual hasil berkebun adalah cara mudah untuk menghasilkan uang. Kamu bisa menjual tanaman hiasmu yang sudah dibudidayakan. Atau bisa juga menjual hasil panen buah dan sayur.

Tak jarang orang mencari buah dan sayur organik yang kerap lahir dari para penghobi berkebun. Buah dan sayur organik ini juga bisa kamu konsumsi sendiri yang pastinya bisa mengurangi pengeluaran.

3 dari 6 halaman

Memasak

Memasak mungkin bisa dilakukan siapa saja. Bagi sebagian orang, memasak adalah hobi yang menyenangkan. Ini adalah hobi yang dapat kamu manfaatkan dalam berbagai cara berbeda.

Kamu bisa mulai dari saluran YouTube, atau akun Instagram yang didedikasikan untuk berbagi resep, hingga terjun langsung ke bisnis dengan menciptakan makanan atau produk memasak sendiri.

Menurut Google, 59% dari pengguna berusia 25 hingga 34 tahun menggunakan internet untuk menemukan dan mempraktikkan resep baru. Bisnis kuliner juga merupakan bisnis yang tak pernah mati dan selalu dicari orang. Kamu juga bisa menjual hasil masakanmu via online, atau membuka kedai sederhana jika memungkinkan.

4 dari 6 halaman

Fotografi

Fotografi merupakan bagian dari hobi dan karya seni. Jika kamu memiliki kamera yang bagus dan tahu cara menggunakannya, kamu punya beberapa cara berbeda untuk menghasilkan uang.

Situs web seperti Shutterstock dan iStockphoto memungkinkan kamu untuk menjual karya dalam format gambar. Kamu dapat memperoleh sejumlah uang dengan membuat akun di situs-situs itu bahkan dengan bayaran dollar.

Pekerjaan fotografer juga dibutuhkan banyak pihak. Kamu bisa mengambil pekerjaan lepas sebagai fotografer untuk berbagai keperluan pemotretan. Fotografer profesional cukup mahal, kamu dapat menawarkan kemampuanmu sebagai alternatif orang-orang yang membutuhkan foto untuk kelulusan, pernikahan dan acara lainnya.

Fakta menariknya, akun fotografi profesional adalah akun yang paling menguntungkan ke-2 di Instagram. Beberapa brand bahkan bersedia membayar postingan sebagai sponsor.

5 dari 6 halaman

Menulis

Jika kamu memiliki bakat menulis, banyak cara menghasilkan uang darinya. Kamu bisa menulis dan menerbitkannya secara online. Menulis menawarkan banyak nilai praktis di luar menjadi hobi belaka. Kamu dapat menggunakannya untuk memajukan karir dan menjadikan dirimu sebagai seorang ahli dalam suatu topik.

Cara yang paling jelas untuk menghasilkan uang menulis adalah menjualnya sebagai layanan. Banyak situs yang mewadahi para penulis konten untuk menjual jasanya.

Penulis konten yang baik dengan keahlian khusus biasanya diminati. Kamu juga bisa menggunakan hobi menulismu untuk melamar pekerjaan di perusahaan profesional. Tak cuma bidang jurnalistik, penulis konten juga banyak dicari perusahaan umum lainnya.

Kamu juga bisa membangun blog pribadimu untuk menyalurkan bakat. Kamu bisa mendapatkan domain blog gratis di layanan blog, seperti WordPress atau Blogger. Pilih desain template untuk memulai, dan mulai menulis entri.

Fokus pada penulisan hal-hal yang sukai, dan pelajari dasar-dasar penulisan. Dengan cara ini, kamu akan membangun portofolio yang dapat gunakan untuk melamar pekerjaan.

6 dari 6 halaman

Desain dan ilustrasi

Tak cuma ilustrasi manual, kamu dapat melihat seni di setiap aspek bisnis. Desain digital kini menjadi potensi besar dalam perkembangan karier. Perancang grafis yang membuat logo dan desain profesional memiliki bayaran fantastis.

Seperti menulis, ilustrasi, dan desain adalah keterampilan yang dapat kamu manfaatkan sebagai pekerjaan lepas. Banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk menjual ilustrasi dan desainmu secara online. Kamu bahkan juga bisa membuat akun sendiri di Instagram untuk memamerkan hasil karyamu.