Sukses

Keren, Negara Ini Buat Taman Bermain untuk Anak Autisme Pertama di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang masih menganggap autisme sebagai gangguan jiwa. Pada kenyataannya autisme adalah gangguan perkembangan otak yang memengaruhi kemampuan penderita dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Hal ini lag yang membuat seseorang tidak bisa asal untuk menangani autisme, khususnya pada anak.

Selain penanganan khusus, anak penyandang autisme juga tidak bisa asal bermain. Tapi ada salah satu negara yang diketahui telah membuat taman bermain yang aman untuk anak penyandang autisme. Bahkan taman bermain ini menjadi taman bermain berakreditasi paling aman untuk anak autisme pertama di dunia.

Sebuah taman bermain bertemakan Sesame Street telah menjadi yang pertama di dunia yang menerima akreditasi aman dikunjungi oleh anak autisme. Taman bermain unik ini berada di pinggiran Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, seperti yang Liputan6.com lansir dari Daily Mail, Minggu (13/10/2019).

2 dari 3 halaman

Taman Bermain untuk Anak Autisme Pertama di Dunia

Sasame Place ini dibangun di atas tanah selias 14 hektare dan memiliki konsep sama seperti serial Sesame di TV. Sebagai taman bermain yang ramah dengan anak autis, Sesame Place menyediakan beragam layanan dan fasilitas yang memudahkan anak dengan autisme.

Beberapa layanan dan fasilitas yang disediakan seperti memilih karyawan yang telah dilatih untuk memahami anak dengan autisme, pemandu wisata khusus, teknologi audio video khusus di setiap wahana permainan, hingga area khusus yang lebih senyap sehingga tetap nyaman untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

Tak hanya itu, jika diperlukan, pihak taman bermain juga akan memberikan sebuah headset khusus kepada anak dengan autisme, sehingga ia bisa meredam suara berisik yang dikhawatirkan mengganggu pikirannya. Taman bermain ramah anak dengan autisme ini memiliki 25 atraksi, dengan menghadirkan tiga pertunjukan langsung dan parade harian.

Sesame Place juga menyediakan dua "quiet room" yang dilengkapi dengan pencahayaan yang dapat disesuaikan. Ruangan ini dihadirkan agar orang tua atau pendamping dapat menyesuaikan atraksi yang akan dicoba dengan kondisi sensorik si kecil. Ini tentu sangat penting dan bermanfaat karena sebagian anak berkebutuhan khusus cenderung merespons intensitas cahaya secara berbeda.

3 dari 3 halaman

Mengubah Stigma Negatif

Sesame Place telah mendapatkan penghargaan akreditasi aman oleh pemerintah Amerika Serikat. Akreditasi tersebut diraih setelah selama setahun Sesame Street memperkenalkan karakter baru, yaitu seorang muppet bernama Julia yang memiliki autisme.

Tujuan dibuatnya karakter Julia ini adalah untuk memerangi stigma yang terkait dengan autisme, yang sayangnya lebih banyak bersifat negatif. Sedangkan untuk karakter lain, taman bermain ini melakukan penelitian yang luas, termasuk konsultasi dengan pendidik dan psikolog anak, serta organisasi autisme.

Hal ini dilakukan untuk memahami cara terbaik agar anak autisme tetap terlihat normal di mata anak-anak non-autis. Sejak April 2018, Sesame Place telah dibuka secara resmi sebagai taman bermain yang aman dikunjungi oleh anak penderita autis.