Sukses

5 Potret Banjir di Jepang Akibat Topan Hagibis, Netizen Bandingkan dengan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Jepang saat ini tengah menghadapi badai terburuk yang pernah terjadi selama 60 tahun terakhir. Badai yang berasal dari Topan Hagibis memporak-porandakan Negeri Sakura pada Senin, 14 Oktober 2019 dan menelan korban jiwa. 

Topan Hagibis yang dianggap setara dengan badai Kategori 4 pada skala lima. Seperti dikutip dari Japan Times oleh Liputan6.com, Senin (14/10/2019) topan ini membawa angin kencang dan hujan lebat yang merata di Jepang. Akibatnya sejumlah infrastruktur mengalami kerusakan parah. 

Banjir yang juga diakibatkan oleh Topan Hagibis membuat aliran listrik mati total, beberapa masyarakat mengungsi dan sejumlah toko makanan kehabisan stok. Akibat fenomena alam ini, rasa prihatin dan doa mengalir dari masyarakat internasional lewat media sosial.

Di antara doa dan dukungan, sejumlah netizen menyoroti penampakan banjir yang tengah terjadi di Jepang. Netizen dibuat terkejut dengan sejumlah foto dan beberapa video yang menampakkan banjir di Jepang begitu bersih tanpa adanya sampah. Terlihat jelas bahwa air yang merendam rumah-rumah warga di sana berwarna bening dan bebas sampah.

Banyak netizen yang berasal dari berbagai negara menyoroti foto viral banjir di Jepang yang terlihat begitu bersih. Bahkan netizen Indonesia pun tak luput ikut membahasnya. Diantaranya mereka membandingkan banjir di Jepang dan kota-kota di Indonesia yang terlihat begitu berbeda.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber potret penampakan banjir di Jepang yang airnya bersih.

2 dari 6 halaman

1. Air di genangan banjir Jepang berwarna bening. Netizen bandingkan dengan banjir yang biasa terjadi di Indonesia.

Salah satu foto yang viral di media sosial adalah banjir yang merendam sebuah pemukiman warga di Jepang ini. Airnya tampak bersih dan bening. Sejumlah netizen dibuat terpukau dengan fenomena ini. Tak terkecuali netizen Indonesia. 

"Indonesia left the chat." imbuh @provlemathicc.

"beda sama indo sukanya dark mode" timpal @beriebieus. 

"Yaaa itu kalo di indonesia udh banyak yg berenang mah kalo airnya sebersih itu. Wong airnya butek aja msh banyak yg mau berenang :(" komentar @rgniati. 

"Lagi ada typhoon tapi bawaannya pengen renang ngeliat banjir kayak gini jernih bgt, kalo di Indo udah kayak nyeduh milo 10 ton" @eldyssaarp.

3 dari 6 halaman

2. Tak telihat ada sampah di antara genangan air.

Selain airnya bening dan bersih, netizen juga menyoroti bahwa banjir di foto tersebut juga tak menampakkan sampah yang ikut terombang-ambing. Meski merendam sejumlah rumah warga, tak terlihat sampah atau serpihan kayu yang membuat banjir menjadi kotor. 

"indonesia ada boba nya malah." @V4moonchild

"Bersih bgt ga ada sampahnya. But, semoga lekas surut" tulis @pokatlovers. 

"kalau kt Malaysia dh mcm teh tarik" @Aeshaaaz.

4 dari 6 halaman

3. Penampakkan lain dari banjir di Jepang yang juga terlihat bebas sampah.

5 dari 6 halaman

4. Warga yang terendam banjir pun masih bisa melewati banjir dengan aman tanpa khawatir menginjak benda asing.

6 dari 6 halaman

5. Bahkan banjir yang melewati selokan pun terlihat bersih.

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Momen Liburan Susi Pudjiastuti di Jepang, Bertemu Menteri Pertahanan
Artikel Selanjutnya
Diakui UNESCO, Desa Shirakawa-go Punya Sistem Pemadam Api Terunik di Dunia