Sukses

6 Manfaat Daun Kucai untuk Kesehatan, Banyak Nutrisi Baik

Konsumsi daun kucai cukup banyak untuk bisa merasakan manfaatnya untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Daun kucai termasuk ke dalam tanaman herbal. Daun kucai masih masuk ke dalam keluarga bawang atau allium. Biasanya, daun kucai digunakan sebagai pelengkap atau penghias makanan. 

Tak hanya bikin makanan semakin lezat dan indah, ternyata daun kucai juga punya banyak manfaat untuk kesehatan yang tak bisa disepelekan. Bentuknya yang lebih tipis dari daun bawang ini, menyimpan segudang nutrisi baik untuk tubuh.

Nutrisi yang terkandung di dalam daun kucai seperti vitamin K, vitamin A, vitamin C, folat, magnesium, fosfor, kalium, dan kolin. Agar manfaat daun kucai untuk kesehatan bisa lebih dirasakan, kamu bisa mengonsumsinya cukup banyak alias lebih dari sekedar penghias makanan saja.

Berikut ada enam manfaat daun kucai untuk kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Melawan Kanker

Beberapa sayur dan buah mempunyai kandungan nutrisi yang bisa mencegah penyakit kronis, seperti kanker. Hal ini dikarenakan sayur dan buah mengandung banyak antioksidan, sehingga dapat menangkal segala radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit.

Selain itu, beragam jenis sayuran termasuk bawang-bawangan bersifat antikanker. Daun kucai termasuk ke dalam jenis bawang-bawangan. Jadi, apabila mengonsumsinya juga dapat membantu menurunkan risiko kanker.

Hal ini telah dibuktikan oleh studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute. Beberapa jenis kanker yang diketahui bisa dicegah dengan mengonsumsi daun kucai adalah kanker prostat, kanker perut, dan kanker kerongkongan.

3 dari 7 halaman

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun kucai untuk kesehatan lainnya adalah dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan allicin yang merupakan senyawa organosulfur pada daun kucai.

Zat ini melepaskan nitrir oksida, sehingga mampu membuat pembuluh darah tidak kaku. Selain itu, kandungan kuersetin dalam daun kucai juga bisa mencegah terjadinya penumpukan plak di arteri.

4 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan Tulang

Pada daun kucai memiliki vitamin K. Kamu bisa mendapatkan manfaat daun kucai dalam membantu menjaga kesehatan tulang.

Vitamin K di dalam daun kucai membantu meningkatkan produksi protein tulang osteocalcin. Protein ini berfungsi untuk menjaga kepadaran mineral tulang, sehingga bisa membantu mencegah pengeroposan tulang alias osteoporosis.

5 dari 7 halaman

Mencegah Katarak

Manfaat daun kucai untuk kesehatan selanjutnya yang bisa dirasakan adalah mampu mencegah katarak. Hal ini dikarenakan adanya kandungan karotein lutein dan zeakantin.

Kedua senyawa ini bermanfaat untuk mengurangi stres oksidatif atau kerusakan pembuluh darah dan organ tubuh akibat gerakan radikal bebas yang labil dan tak terkendali. Selain itu, mampu menghambat perkembangan katarak pada mata.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari manfaat daun kucai, kamu bisa mengonsumsinya bersamaan dengan wortel.

6 dari 7 halaman

Mempertahankan Daya Ingat Otak

Pada daun kucai mengandung senyawa kolin. Senyawa ini yang nantinya akan mendatangkan manfaat daun kucai untuk kesehatan guna memelihara kualitas memori otak.

Hal ini telah dijelaskan dalam studi di American Journal of Clinical Nutrition, bahwa tercukupinya senyawa kolin dari daun kucai bisa menjaga fungsi kognitif dan daya ingat.

7 dari 7 halaman

Mengurangi Stres

Nutrisi daun kucai yang baik untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah folat. Kandungan ini merupakan bentuk alami dari vitamin B9.

Mencukupi kebutuhan vitamin ini dengan mengonsumsi daun kucai, maka bisa membantu pembentukan homosistein atau asam amino yang diproduksi tubuh sebagai hasil metabolisme protein yang berkaitan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah bisa dicegah.

Nah, kadar homosistein yang rendah di dalam tubuh dikaitkan dengan suasana hati yang lebih baik. Oleh karena itu, kamu bisa terhindari dari stres maupun depresi dengan mengonsumsi daun kucai ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini