Sukses

4 Tempat Wisata di Gili Trawangan dan Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Gili Trawangan menjadi destinasi favorit di Lombok. Gili Trawangan merupakan satu dari tiga pulau kecil (gili) yang berada di sebelah barat laut Lombok. Pulau ini menjadi pilihan wisatawan untuk menikmati suasana pulau yang asri dan tenang.

Ada beberapa tempat wisata di Gili Trawangan yang bisa dikunjungi. Di tempat wisata di Gili Trawangan pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti menyelam, kulineran, menikmati cahaya matahari, atraksi kesenian, hingga bersepeda menyusuri pulau.

Tempat wisata di Gili Trawangan ini memiliki daya tarik tersendiri. Fasilitas di tempat wisata di Gili Trawangan ini juga sudah cukup memanjakan wisatawan. Gili Trawangan juga merupakan pulau terbesar dari gili-gili di sekitarnya. Salah satu tempat wisata di Gili Trawangan misalnya pantai dengan hamparan pasir putih dan air yang jernih.

Berikut pilihan tempat wisata di Gili Trawangan dan aktivitas yang bisa dilakukan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (15/10/2019).

2 dari 6 halaman

Pantai yang menawan

Gili Trawangan memiliki luas sekitar 340 hektar, panjang 3 km dan lebar 2 km. Gili Trawangan memiliki pantai pasir putih yang membentang dari timur ke barat. Dari sepanjang pantai di Gili Trawangan Anda bisa menyaksikan sekalugus sunrise dan sunset di satu pantai. Panorama sunrise dan sunset di pulau ini sudah terkenal keindahannya.

Pantai di Gili Trawangan juga terkenal dengan airnya yang sangat jernih dengan gradasi biru kehijauan. Tak cuma itu, pesona bawah laut pantai ini juga tak mengecewakan. Menariknya, di pulau ini Anda tak akan menemukan kendaraan bermotor. Penduduk sekitar biasa berpergian dengan sepeda, cidomo (sejenis delman khas Lombok), berkuda, atau berjalan kaki. Jadi, pulau ini sangat jauh dari polusi udara.

3 dari 6 halaman

Keindahan bawah laut memesona

Gili Trawangan terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Di sini Anda dapat menemukan aneka jenis ikan, koral, dan terumbu karang yang sangat indah. Berbagai celah dan karang dapat dieksplorasi di pulau ini. Tak mengherankan lagi Gili Trawangan menjadi sasaran para penyelam.

Terdapat banyak titik selam di kawasan ini. Salah satu titik selam terkenal adalah Shark Point yang berupa situs terbuka dengan serangkaian terumbu karang dengan lereng menurun. Di pulau ini pengunjung juga bisa menemui hiu whitetip, hiu blacktip, dan mungkin juga hiu abu-abu. Ikan pari penyu, dan bumphead parrotfish juga kerap terlihat di perairan ini.

4 dari 6 halaman

Suasana gemerlap malam

Gili Trawangan juga kerap disebut dengan pulau pesta. Pulau ini memiliki suasana malam yang khas dengan perhelatan pesta dan hiburan. Hampir tiap hari kedai-kedai di sepanjang pulau mengadakan pesta meriah.

Biasanya, pesta juga dilengkapi dengan berbagai aksi pertunjukan seperti penari api atau hiburan tradisional. Selain berpesta, wisatawan juga bisa menikmati ragam sajian kuliner. Kuliner yang ditawarkan pun bermacam-macam mulai dari kudapan lokal hingga internasional dengan harga bervariasai. Toko cinderamata di kawasan ini juga mudah ditemui, salah satu jenis cinderamata yang banyak menarik perhatian adalah kain songket khas Lombok.

5 dari 6 halaman

Konservasi penyu

Tak jauh dari pelabuhan Gili Trawangan, wisatawan dapat menemukan area konservasi penyu. Warga di Gili Trawangan memang memiliki tradisi pelestarian penyu. Pantai di Gili Trawangan merupakan salah satu habitan asli penyu.

Konservasi penyu ini kerap menjadi pusat perhatian wisatawan mancanegara. Di tempat ini telur penyu dieramkan sampai menetas menjadi tukik di kandang. Setelah menetas, tukik-tukik dipindahkan ke dalam kolam perawatan. Tukik-tukik kemudian dipelihara selama 6-8 bulan hingga siap dilepas ke laut terbuka.

6 dari 6 halaman

Aktivitas yang bisa dilakukan di Gili Trawangan

Menyelam

Memiliki keindahan bawah laut yang kaya membuat Gili Trawangan jadi sasaran para penyelam. Terdapat banyak titik selam di pulau ini seperti Simons Reef, Deep Turbo, Trawangan Slope, Coral Fan Garden, Shark Point, Bounty Reef, Halik Reed, Jack Point dan lainnya.

Gili Trawangan menawarkan beberapa tipe diving, seperti shark diving see, UV night dive, freediving, hingga marine walk. Tersedia pula pilihan kayak transparan yang bisa disewa dengan kisaran harga mulai Rp300.000.

Water sport

Tak cuma menyelam, di kawasan pantai Anda juga bisa menikmati pengalaman water sport. Terdapat wahana air seperti banana boat dan jet sky. Water sport ini cocok bagi liburan keluarga.

Bersepeda

Karena pulau ini bebas dari kendaraan bermotor, bersepeda adalah pilihan tepat menyusuri Gili Trawangan. Anda bisa bersepeda di pagi atau sore hari menikmati keasrian pulau dengan udara segar bebas polusi.

Berkeliling dengan cidomo

Saat ke pulau ini rasanya tak lengkap jika tidak merasakan naik Cidomo. Cidomo merupakan transportasi tradisional khas Lombok dan Kepulauan Gili. Cidomo merupakan singkatan dari cikar, dokar, dan mobil. Cidomo mirip dengan delman di pulau Jawa. Yang menarik, cidomo menggunakan roda mobil bekas alih-alih roda kayu seperti delman.

Menikmati sunset dan sunrise

Gili Trawangan memiliki pantai yang membentang dari timur ke barat. Anda bisa menyaksikan panorama sunset dan sunrise di tempat yang sama. Pemandangan sunset dan sunrise di pulau ini selalu memukau dan memberi ketenangan.

Loading