Sukses

5 Manfaat Telur Puyuh yang Kaya Nutrisi, Jadi Alternatif Telur Ayam

Liputan6.com, Jakarta Telur puyuh kerap hadir sebagai sajian lezat dengan berbagai cara. Telur puyuh adalah beberapa telur terkecil yang paling sering dikonsumsi. Telur puyuh kerap diolah sebagai sate, direbus, atau dicampurkan ke dalam hidangan lain.

Tapi, telur puyuh juga dikenal sebagai makanan dengan kadar kolesterol tinggi. Ini yang membuat telur puyuh dijauhi, khususnya bagi penderita kolesterol tinggi. Beberapa riset menunjukkan konsentrasi kolesterol per gram dalam kuning telur puyuh lebih tinggi 2 kali lipat dibandingkan kuning telur ayam.

Karena ukuran telur puyuh lebih kecil dibandingkan telur ayam, banyak pula orang yang mengonsumsi telur puyuh dalam jumlah banyak menyamai ukuran telur ayam. Namun, ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, kolesterol yang ditemukan dalam telur puyuh tak membahayakan.

Berdasarkan sebuah jurnal yang dipublikasian pada 2013, konsumsi dua butir telur puyuh atau setara dengan satu telur ayan tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Telur puyuh justru memiliki beberapa kandungan nutrisi lebih tinggi dari telur ayam. Telur puyuh menawarkan manfaat kesehatan jika dikonsumsi dengan tepat. Berikut manfaat telur puyuh dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(15/10/2019).

2 dari 7 halaman

Cegah anemia

Manfaat telur puyuh memiliki dua kali lebih banyak zat besi dibandingkan dengan telur ayam. Zat besi adalah mineral penting untuk fungsi hemoglobin, protein yang dibutuhkan untuk mengangkut oksigen dalam darah. Zat besi juga memiliki peran dalam berbagai proses penting lainnya dalam tubuh.

Kekurangan zat besi dalam darah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius, termasuk anemia defisiensi besi. Anemia terjadi ketika ada penurunan jumlah sel darah merah yang bersirkulasi dalam tubuh. Gejalanya dapat berupa sakit kepala, nyeri dada, dan kulit pucat. Mengonsumsi telur putuh membantu tubuh memenuhi zat besi yang dapat mencegah anemia.

3 dari 7 halaman

Cegah peradangan

Menurut sebuah studi 2013 di International Journal of Scientific and Research Publications, manfaat telur puyuh mendukung fungsi organ yang sehat di seluruh tubuh dan dapat membantu mencegah penyakit. Telur puyuh adalah agen anti-inflamasi kuat.

Konsumsi telur puyuh cocok bagi pengidap nyeri sendi, batuk kronis, dan bronkitis. Kecenderungan anti-alergi telur puyuh juga meningkatkan karakteristik anti-inflamasi.

4 dari 7 halaman

Bantu perkembangan otak

Telur puyuh juga memiliki kadar kolin yang tinggi. Kolin adalah senyawa organik yang larut dalam air. Nutrisi ini memengaruhi sejumlah fungsi tubuh vital. Kolin penting untuk fungsi hati, perkembangan otak yang sehat, pergerakan otot, sistem saraf dan metabolisme.

Kolin dan vitamin lain, seperti B12 dan folat, membantu proses yang penting untuk sintesis DNA. Nutrisi ini diperlukan untuk membuat asetilkolin, neurotransmitter penting. Ini terlibat dalam memori, pergerakan otot, mengatur detak jantung dan fungsi dasar lainnya. Manfaat telur puyuh membantu meningkatkan daya ingat dan meningkatkan aktivitas otak.

5 dari 7 halaman

Hilangkan racun dan cegah batu ginjal

Konsumsi telur puyuh dapat membantu menghilangkan racun dan berbagai jenis batu, seperti ginjal, hati, dan batu kandung empedu. Telur puyuh juga membersihkan tubuh dari senyawa beracun dan logam yang menumpuk.

Manfaat telur puyuh baik untuk meningkatkan kesehatan ginjal, hati, dan kantong empedu. Telur puyuh juga menghambat pertumbuhan batu kandung kemih dan membantu memecahnya. Telurnya kaya akan Lecithin, yang membantu memecah batu kandung kemih.

6 dari 7 halaman

Alergen rendah

Bagi orang yang alergi terhadap telur ayam, telur puyuh bisa menjadi pengganti yang sempurna. Telur ayam dapat menyebabkan reaksi alergi, seperti gatal yang berlebihan, muntah, sakit perut, dan mual.

Telur puyuh tidak menyebabkan alergi dan memiliki alergen yang lebih rendah daripada telur ayam. Bahkan, telur puyuh juga menunjukkan sifat anti-alergi. Ini karena protein khusus yang disebut ovomucoid. Manfaat telur puyuh dipercaya dapat menyembuhkan eksim, psoriasis, dan kerusakan kulit.

7 dari 7 halaman

Kolesterol dalam telur puyuh

Dengan berbagai nutrisi yang dimiliki, manfaat telur puyuh untuk kesehatan cukup jelas. Namun, telur puyuh memiliki jumlah kolesterol yang jauh lebih besar dibandingkan dengan telur yang dikonsumsi lainnya. Misalnya, dibandingkan dengan telur ayam, telur puyuh memiliki dua kali lipat kandungan kolesterol.

Namun, dilansir dari Livestrong, penelitian baru sekarang menunjukkan bahwa kolesterol makanan tidak memiliki banyak dampak pada kolesterol dalam darah seperti yang pernah diyakini. Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, kolesterol yang ditemukan dalam telur puyuh dan makanan hewani lainnya tidak berbahaya bagi kesehatan.

Namun, jika khawatir mengonsumsi terlalu banyak kolesterol makanan, itu terutama ditemukan dalam kuning telur. Anda bisa makan putih telur, dan menyisihkan kuning telurnya, cara ini masih menawarkan sumber protein dan nutrisi lainnya.

Cara memasak dan porsi telur puyuh juga berpengaruh. Hindari menggoreng telur puyuh atau mencampurkannya pada hidangan yang berpotensi meningkatkan kolesterol seperti santan atau minyak. Pastikan juga untuk mengonsumsi tidak lebih dari 2 butir telur puyuh tiap harinya.