Sukses

4 Tipe Karyawan Baru Berdasarkan Golongan Darah, Kamu Mana?

Sama seperti ketika sekolah, awal masuk kerja pasti kamu masih malu-malu dan menjaga sikap.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki tempat kerja baru, harus bisa menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan. Pertemanan dengan rekan kerja, bos baru, tanggung jawab baru, serta tantangan baru. Di hari pertama bekerja, siapa pun akan merasa berdebar-debar dan sedikit cemas. 

Terkadang karyawan baru grogi karena memang belum mengenal suasana di dalam kantor. Kemampuan adaptasi yang baik sangat diperlukan saat menjadi karyawan baru. Semakin cepat kamu dapat beradaptasi, semakin cepat pula kamu bisa bekerja dengan maksimal.

Sama seperti ketika sekolah, awal-awal masuk kerja pasti kamu masih malu-malu dan menjaga sikap. Banyak sekali tipe karyawan baru, mulai yang rajin banget, masih pendiam, pemalu, humoris, dan masih banyak lagi.

Ternyata tipe karyawan baru bisa dilihat dari golongan darah. Walaupun tak selalu akurat 100%, prediksi tentang tipe karyawan baru ini bisa membantu kamu mengenal diri sendiri atau rekan kerja.

Berikut tipe karyawan baru berdasarkan golongan darah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Golongan Darah A

Di hari pertama kerja, biasanya si pemilik golongan darah A akan berpenampilan maksimal, rapi dan santun. Bagi golongan darah A kesan pertama adalah segalanya. Di antara semua golongan darah, A yang paling memperhatikan kesan pertama.

Sebagai karyawan baru, dia ingin tampil sempurna di mata rekan kerja dan atasan. Pakaian rapi dan sikap santunnya memang selalu sukses bikin orang sekantor terkesan. Pemilik darah A juga sanggup memukau orang lain lewat sifatnya yang kalem, sopan, dan sangat berhati-hati saat berbicara atau bekerja.

3 dari 5 halaman

2. Golongan Darah B

Pemilik darah B juga tak butuh waktu lama untuk akrab dengan teman-teman baru. Pemiliki golongan darah B memang terkenal  jago mencairkan suasana. Dia bisa melemparkan candaan agar terlihat asyik dan berbaur dengan yang lain. Candaan yang garing sekalipun, bisa disulap jadi meriah di tangan pemilik darah B.

Lihai dalam urusan pertemanan tak menjamin orang berdarah B lancar bekerja dalam tim. Untuk urusan pekerjaan, mereka lebih suka bekerja sendiri. Pemilik darah B tidak bisa mencampurkan urusan pertemanan dengan pekerjaan. Hal ini yang membuatnya kadang terjebak masalah dalam kerja tim.

4 dari 5 halaman

3. Golongan Darah AB

Sebagai anak baru di kantor, tingkah AB yang kurang suka basa-basi sering diartikan negatif oleh teman-temannya. Tak jarang kalau si AB sering dibilang sombong atau individual. Padahal kalau sudah kenal, pemilik darah AB adalah orang yang cukup seru diajak berdiskusi.

Sikap keingintahuannya yang tinggi dan wawasan luas menjadikannya rekan diskusi yang menyenangkan. Meski di mata teman-teman baru agak kurang bersahabat, pemilik darah AB justru tak butuh waktu lama untuk memikat hati atasan. Sikap cekatan, pekerja keras, dan wawasan luasnya bikin atasan langsung terpesona.

5 dari 5 halaman

4. Golongan Darah O

Kebalikan dari AB, karyawan baru berdarah O paling cepat mendapat teman baru. Pembawaannya yang ramah, santai, dan supel bikin orang lain tak segan mendekat. Tapi orang berdarah O juga punya kebiasaan buruk.

Mereka hobi banget datang telat. Hebatnya, ia selalu punya alasan hebat yang membuatnya batal dimarahin atasan meski datang terlambat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.