Sukses

Cara Merawat Rambut Keriting Agar Tak Kering dan Kusut, Alami dan Praktis

Liputan6.com, Jakarta Rambut keriting punya keunikannya tersendiri dibanding jenis rambut lainnya. Di balik keunikannya seperti melengkung atau melilit ini kerap menimbulkan masalah bagi pemiliknya. Salah satunya adalah rambut keriting cenderung mudah rapuh. 

Hal ini dikarenakan jenis rambut yang melengkung atau bergelombang, membuat minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala sulit melembutkan setiap helai rambut. Tak heran, kalau rambut keriting tingkat kelembapannya sangat rendah.

Oleh karena itu, agar rambut keriting tetap lembap kamu perlu melakukan perawatan khusus yang berbeda dengan jenis rambut lainnya. Berikut ada beberapa cara merawat ra,but keriting yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/10/2019).

2 dari 7 halaman

Gunakan Conditioner

Pemilik rambut keriting, perlu menjadikan conditioner sebagai perawatan rambut yang paling utama. Dibandingkan sampo, conditioner menjadi hal utama untuk membuat rambut keriting lebih sehat.

Seperti yang sudah diketahui bahwa, minyak alami sulit terdistribusi dengan baik dari kulit kepala menuju helai-helai rambut yang keriting. Oleh karena itu, kamu harus memastikan penggunaan conditioner sebagai perawatan rambut yang utama.

Ketika menggunakan conditioner, kamu bisa membagi rambut atau memisahkan-misahkan rambut dengan mudah secara menyeluruh. Cukup gunakan jari-jari untuk memisahkan rambut keriting.

3 dari 7 halaman

Tidak Perlu Sering Keramas

Rambut keriting tidak perlu keramas sesering mungkin. Pasalnya, dengan keramas terlalu sering justru akan membuat rambut kamu menjadi rapuh dan kering. Namun, kamu bisa menggunakan conditioner sebagai teman perawatan rambut yang utama saat sedang membasahkan rambut.

Untuk pemilihan produk sampo sendiri, kamu dianjurkan memilih produk yang tidak memiliki bahan-bahan yang keras alias yang ringan. Pilihlah sampo yang ringan dengan sedikit busa. Hal ini berfungsi untuk menyegarkan dan mengurangi hilangnya kelembapan.

4 dari 7 halaman

Keramas dengan Benar

Bukan hanya kesehatan batang rambut yang perlu diperhatikan, kulit kepala juga perlu diperhatikan. Untuk itu, kamu bisa keramas dengan tidak menggosok kulit kepala terlalu keras. Karena hal ini akan berpotensi membuat rambut kusut.

Bagi kamu pemilik rambut keriting yang tebal, kamu bisa membagi rambut menjadi empat bagian. Setelah itu, aplikasikan sampo pada kulit kepala, lalu fokuslah untuk membersihkan kulit kepala dengan cara menyekanya perlahan.

Kalau sudah merata, ratakan seluruh busa sampo ke seluruh bagian rambut dengan memijatnya lembut. Hindari untuk menggosoknya terlalu kuat dan keras.

5 dari 7 halaman

Sisir dengan Benar

Saat menyisir rambut keriting, kamu perlu berhati-hati. Kamu perlu memilih jenis sisir yang memiliki tekstur lembut. Begitu juga dengan teknik menyisirnya, hindari untuk menarik ketika disisir.

Pada rambut keriting, kamu bisa menyisirnya saat rambut masih dalam kondisi basah. Hal ini bisa memudahkan proses penyisiran agar rambut keriting tidak mudah patah dan kusut. Sisirlah secara perlahan, helai demi helai.

Untuk menyisirnya, gunakan sisir bergigi jarang. Mulailah menyisir dari ujung rambut hingga ke atas. Setelah itu, kamu bisa mengeringkannya secara alami.

6 dari 7 halaman

Hindari Pengering Rambut

Alat pengering bisa menyebabkan rambut rusak. Untuk itu, sebisa mungkin menghindari pengering rambut yang panas dan gunakan saja pengering alami alias membiarkannya terkena angin saja.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan diffuser untuk meminimalkan rambut keriting dan membuatnya terlihat lebih bervolume. Jika menggunakan diffuser, kamu bisa memulainya dari akar rambut dengan menggunakan gerakan melingkar.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kain berbahan katun atau handuk microfiber untuk memeras air berlebih di rambutmu.

7 dari 7 halaman

Gunakan Vitamin Rambut

Pada rambut keriting yang mudah kering, kamu bisa memberikan nutrisi rambut dengan menggunakan vitamin. Gunakan vitamin yang mengandung ekstrak vitamin E untuk mendapatkan rambut menjadi lembap.

Loading