Sukses

Kata-Kata Semangat Belajar dalam Islam, Selalu Amalkan Ilmu yang Didapat

Ada kata-kata semangat belajar dalam Islam yang bisa diamalkan.

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata semangat belajar dalam Islam bisa menjadi motivasi dalam menuntut ilmu. Islam telah mengajarkan kepada ummatnya, baik perempuan maupun laki-laki untuk menuntut ilmu sejauh mungkin.

Dalam berproses mendapatkan ilmu, tentunya setiap orang membutuhkan penyemangat agar termotivasi untuk menjalankannya. Cara mudah untuk menyemangati diri lewat kata-kata semangat belajar dalam Islam.

Melalui kata-kata semangat belajar dalam Islam, ada makna mendalam yang bisa didapat. Pasalnya, dalam kata-kata penyemangat ini ada yang bersumber langsung dari Alquran hingga tokoh-tokoh Islam.

Dengan begitu, kata-kata semangat belajar ini bisa lebih bermakna. Selain untuk diri sendiri, kata-kata semangat semangat belajar dalam Islam juga bisa dikirimkan ke sanak-saudara yang sedang menuntut ilmu juga.

Berikut ada beberapa kata-kata semangat belajar dalam Islam yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kata-kata Semangat Belajar dari Tokoh Islam

1. “Tahapan pertama dalam mencari ilmu adalah mendengarkan, kemudian diam dan menyimak dengan penuh perhatian, lalu menjaganya, lalu mengamalkannya dan kemudian menyebarkannya.” – Sufyan bin Uyainah

2. “Ilmu adalah kehidupan bagi pikiran.” – Abu Bakar

3. “Jika seorang mencari ilmu, maka itu akan tampak di wajah, tangan dan lidahnya serta dalam kerendahan hatinya kepada Allah.” – Hasan al-Bashri

4. “Sebagian orang tetap miskin ilmu karena kemampuan buruk mereka untuk tetap diam.” – Ibnu Qayyim

5. “Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekedar hanya dihafal.” – Imam Syafi’i

6. “Esensi dari ilmu adalah untuk mengetahui apa itu ibadah dan ketaatan.” – Imam Ghazali

7. “Ilmu membuat seseorang rendah hati, sementara kesombongan menjadikan seseorang bodoh.” – Boona Mohammed

8. “Ilmu itu ada dua macam: apa yang diserap dan yang didengar. Dan yang didengar tidak akan memberikan manfaat jika tidak diserap.” – Ali bin Abi Thalib

9. “Aku belajar adab (budi pekerti) selama tiga puluh tahun dan aku mempelajari ilmu selama dua puluh tahun. Orang-orang saleh terdahulu akan belajar adab terlebih dahulu, baru kemudian mencari ilmu.” – Abdullah bin Mubarak

10. “Barangsiapa belajar sesuatu semata-mata karena Allah, mencari ilmu yang ada bersama-Nya, maka dia akan menang. Dan barangsiapa yang belajar sesuatu karena selain Allah, maka dia tidak akan mencapai tujuannya, juga pengetahuan yang diperolehnya tidak akan membawanya lebih dekat kepada Allah.” – Hasan al-Basri

3 dari 5 halaman

Kata-kata Semangat Belajar dari Surah Alquran

1. “Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu di antara kamu sekalian.” – (Q.S Al-Mujadilah: 11)

2. “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (Q.S Al-Mujadilah: 11).

3. “Maka Mahatinggi Allah, sebenar-benarnya Raja. Dan janganlah engkau (Muhammad) tergesa-gesa (membaca) Al-Qur’an sebelum selesai diwahyukan kepadamu, dan katakanlah, “Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku.” – (Q.S Thaha: 114)

4. “Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah para ulama (orang-orang yang berilmu).” – (Q.S Fathir: 28)

5. “Seorang yang mempunyai ilmu dari Kitab berkata, “Aku akan membawakan singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip.” Maka ketika dia (Sulaiman) melihat singgasana itu muncul di hadapannya, dia pun berkata, “Ini termasuk karunia Tuhanku untuk mengujiku, apakah aku bersyukur ataukah mengingkari (nikmat-Nya). Barangsiapa bersyukur, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri, dan barangsiapa ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia.” – (Q.S An-Naml: 40)

4 dari 5 halaman

Kata-kata Semangat untuk Menuntut Ilmu

1. “Bantinglah otak untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya guna mencari rahasia besar yang terkandung di dalam benda besar bernama dunia ini, tetapi pasanglah pelita dalam hati sanubari, yaitu pelita kehidupan jiwa. – Al-Ghazali.”

2. “Engkau tak dapat meraih ilmu kecuali dengan enam hal yaitu; cerdas, selalu ingin tahu, tabah, punya bekal dalam menuntut ilmu, bimbingan dari guru, dan dalam waktu yang lama.” – Ali bin Abi Thalib

3. “Barangsiapa belum pernah merasakan pahitnya menuntut ilmu walau sesaat, ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya. – Imam Syafi’i

4. “Ilmu yang sejati, seperti barang berharga lainnya, tidak bisa diperoleh dengan mudah. Ia harus diusahakan, dipelajari, dipikirkan, dan lebih dari itu, harus selalu disertai doa.”

5. “Supaya iman kita meningkat, kita seharusnya juga meningkatkan pengetahuan ilmu agama kita. Semakin kamu mengenal Allah, semakin kamu cinta dan bertakwa kepada-Nya.”

5 dari 5 halaman

Kata-kata Motivasi Semangat Belajar dalam Islam

1. “Belajar adalah sikap berani menantang segala ketidakmungkinan bahwa ilmu yang tak dikuasai akan menjelma di dalam diri manusia menjadi sebuah ketakutan, belajar dengan keras hanya bisa dilakukan oleh sesorang yang bukan penakut.”

2. “Ilmu lebih utama daripada harta. Sebab ilmu warisan para nabi adapun harta adalah warisan Qorun, Firaun dan lainnya. Ilmu lebih utama dari harta karena ilmu itu menjaga kamu, kalau harta kamulah yang menjaganya.”

3. “Ketahuilah bahwa kualitas seseorang bukan dilihat dari seberapa tinggi pendidikannya melainkan seberapa rendah ia menempatkan dirinya dihadapan Allah.”

4. “Pendidikan mampu melahirkan orang-orang optimis. Karena sebutir optimisme lebh berharga daripada sekarung bakat terpendam.”

5. “Siapapun yang berjuang mencari ilmu karena Allah akan dijaga setiap langkah perjalanannya sampai ia kembali.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini