Sukses

7 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan, Mencegah Penyakit Berbahaya

Manfaat jambu biji untuk kesehatan dapat mencegah berbagai macam penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jambu biji untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Apalagi, Jambu biji adalah salah satu buah yang paling populer di Indonesia dan sangat mudah untuk ditemukan. Rasanya yang juga manis membuat jambu biji semakin digemari.

Beberapa kandungan penting di dalam jambu biji seperti mineral dan vitamin mampu menyehatkan tubuh. Bahkan jambu biji kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, serta kalium, dan antioksidan. Selain itu, jambu biji juga mengandung nutrisi lain, seperti serat, zat besi, protein, magnesium, serta folat, meski dalam jumlah yang tidak begitu banyak.

Manfaat jambu biji untuk kesehatan dapat mencegah berbagai macam penyakit. Bahkan dengan mengonsumsi jambu biji, kamu juga bisa terhindar dari penyakit berbahaya. Dengan berbagai manfaat dan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, kamu bisa mengonsumsinya dengan teratur.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat jambu biji untuk kesehatan dari berbagai sumber, Kamis (17/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Mencegah Kanker

Manfaat jambu biji untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mencegah kanker. Hal ini disebabkan Karena jambu biji mengandung zat antioksidan yaitu flavonoid dan fitonutrien yang efektif untuk mencegah kanker.

Kandungan vitamin C dosis tinggi sebagai antioksidan di dalamnya juga bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas penyebab kanker. Kandungan antioksidan ini tidak hanya terdapat di buah jambu biji saja, tapi juga di daunnya.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jambu adalah buah yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab jambu mengandung vitamin C tinggi yang bisa mencegah tubuh terserang berbagai penyakit. Jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan kandungan vitamin C dalam jambu biji melebihi kandungan vitamin C di jeruk.

Vitamin C dalam jambu biji juga dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko terkena penyakit infeksi. Selain itu, vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah, membantu dalam penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, serta membantu tubuh menyerap zat besi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Jambu biji memiliki manfaat mengagumkan untuk menjaga tekanan darah. Sebab jambu biji mengandung kalium yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari pengaruh eksternal yang bisa merusak kesehatan tekanan darah.

Jambu biji merupakan buah yang sebaiknya kamu konsumsi jika menderita darah tinggi. Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa mengonsumsi buah jambu biji dapat menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa didapatkan karena kandungan vitamin C dan serat dalam jambu biji. 

Menyehatkan Mata

Manfaat jambu biji selanjutnya adalah untuk menyehatkan mata. Kandungan vitamin A dalam jambu biji mampu mencegah infeksi mata dan penyakit mata. Tak hanya itu, vitamin A ini juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membuat kulit tetap sehat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Melancarkan Saluran Pencernaan

Manfaat jambu biji untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat melancarkan saluran pencernaan. Manfaat ini berkaitan dengan kandungan serat yang tinggi pada jambu biji, sehingga dapat mencegah sembelit dan memastikan bahwa kuman baik di dalam saluran pencernaan tetap bekerja.

Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Masih terkait dengan kandungan seratnya, jambu biji berfungsi sebagai obat alami bagi penderita diabetes. Selain itu secara medis, buah ini juga terbukti untuk mencegah lonjakan gula.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa jambu biji diduga secara signifikan dapat mengurangi gejala diabetes, serta mengurangi kerusakan akibat proses peradangan dan oksidasi pada penderita diabetes. Kamu bisa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Mencegah Demam Berdarah

Manfaat jambu biji untuk kesehatan yang satu ini mungkin sudah populer terdengar, yaitu untuk mencegah demam berdarah. Menurut penelitian, ekstrak daun jambu biji diduga dapat menghambat pertumbuhan virus dengue.

Daun jambu biji yang direbus pun diyakini dapat menurunkan risiko pendarahan pada penderita DBD, dan mampu meningkatkan jumlah trombosit pada penderita demam berdarah dengue. Namun hal ini masih sebatas pengobatan herbal. Sebaiknya kamu selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait kondisi kesehatan dan dalam menggunakan berbagai obat-obatan alternatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini