Sukses

6 Tempat Wisata di Kota Solo yang Populer, Jarak dan Biaya Terjangkau

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di kota Solo yang populer bisa kamu jadikan referensi untuk menghabiskan waktu liburan. Tak kalah dengan Jogja, kota Solo juga punya destinasi wisata yang tak kalah menakjubkan.

Di bagian sisi kota Solo, sangat terasa sekali nuansa sejarah dan budayanya. Hal ini dikarenakan kota Solo termasuk dalam wilayah Kerajaan Mataram dan pernah menjadi pusat pemerintahan. Maka tak heran kalau tempat wisata di kota Solo sangat sarat dengan latar sejarah yang kental.

Ada beberapa tempat wisata di kota Solo yang bisa kamu kunjungi bareng keluarga maupun teman-teman. Tek prlu khawatir soal jarak dan biaya untuk liburan di kota Solo. Jarak dan biaya liburan di kota Solo ini sangat terjangkau.

Buat kamu yang sedang merencanakan liburan di kota Solo, ada beberapa rekomendasi wisata kota yang bisa dikunjungi. Serba ekonomis, berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber tempat wisata di kota Solo, Kamis (17/10/2019).

2 dari 7 halaman

Keraton Surakarta Hadiningrat

Tempat wisata di kota Solo yang tak boleh terlewatkan adalah Keraton Surakarta Hadiningrat. Tempat wisata ini sudah sangat populer dan terkenal di kalangan pelancong lokal hingga mancanegara.

Tempat wisata ini merupakan salah satu saksi sejarah bangsa dari zaman dulu hingga sekarang. Bangunan ini didirikan oleh Susuhunan Pakubawana II pada 1744 sebagai pengganti Istana atau Keraton Kartasura yang telah porak-poranda akibat Geger Pecinan 1743.

Bangunan ini masih difungsikan sebagai tempat tinggal Sri Sunan sekaligus menjadi tempat wisata. Hal ini dikarenakan keraton memiliki berbagai kompleks bangunan. Kompleks keraton ini dibagi menjadi Alun-alun Lor, Alun-alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lord an Kidul, Kemandungan Lord an Kidul, Sri Manganti Lord an Kidul, Kedaton, serta Kamagangan yang masing-masing memiliki fungsi berbeda-beda.

Di salah satu bagiannya digunakan sebagai museum. Museum ini berisikan benda-benda koleksi peninggalan kerajaan, termasuk berbagai hadiah dari raja-raja Eropa dan juga replika pusaka keratin, kereta kencana serta gamelan.

3 dari 7 halaman

Taman Sriwedari

Tempat wisata di kota Solo yang populer dan sarat akan peninggalan selanjutnya adalah Taman Sriwedari. Tempat wisata ini merupakan kompleks pertamanan yang sudah ada sejak era kepemimpinan Pakubuwana X.

Selain digunakan sebagai lokasi diselenggarakannya hiburan rutin Malam Selikuran. Taman Sri Wedari ini juga telah dijadikan sebagai pusat hiburan, seni, dan budaya bagi masyarakat Solo dan sekitarnya.

Hal ini dikarenakan adanya Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO) yang menjadi tempat pertunjukan wayang orang. Pada bagian dinding atas, bagian kanan dan kiri bangunannya terdapat lukisan besar yang menceritakan eopos Mahabharata bertajuk “Kresno Duto”.

4 dari 7 halaman

Museum Manusia Purba Sangiran

Tempat wisata di Solo selanjutnya adalah Museum Manusia Purba Sangiran. Tempat wisata ini persis berada di kota Solo. Objek wisata sejarah-edukasi arkeologi ini masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO.

Museum seluas 56 hektar ini tak hanya dijadikan sebagai tempat wisata, melainkan juga dijadikan sebagai pusat penelitian oleh arkeolog dari dalam dan luar negeri yang ingin mengetahui kehidupan manusia pada zaman prasejarah. Memang, museum ini banyak koleksinya mulai dari fosil manusia purba hingga fosil binatang purba yang cukup beragam.

5 dari 7 halaman

Kampung Batik Kauman

Tempat wisata di kota Solo lainnya tak boleh terlewatkan adalah Kampung Batik Kauman. Di sini kamu membeli aneka batik khas Solo yang dijual dengan beraneka raga, motif dan corak.

Selain membeli, kamu juga bisa melihat proses pembatikan kain secara langsung. Letak kampung batik ini tidak jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta. Umumnya, batik yang diproduksi pengrajin di sini berupa batik tulis, batik cap, atau batik kombinasi dengan motif modern dan warna gelap.

Kualitas batik yang dihasilkan di kampung ini tak perlu diragukan lagi. Terbukti bagus, karena batik-batiknya sudah terkenal hingga ke luar negeri.

6 dari 7 halaman

Pasar Triwindu Solo

Buat kamu pecinta aneka barang antik, mengunjungi Pasar Trwindu Solo adalah jawaban yang tepat. Di pasar ini kamu akan menemukan berbagai macam koleksi barang-barang lawas yang antik dengan nilai seni tinggi. Mulai dari kain batik kuno, lukisan, uang dan koin kuno, ornamen wayang, onderdil otomotif langka, dan lain sebagainya.

Buat kamu yang ingin memiliki salah satu barang antik tersebut, perlu teliti dan jeli dalam memilihnya. Selain membayarnya dengan uang tunai, kamu juga bisa menukarkan barang antik milikmu juga alias barter.

7 dari 7 halaman

Tugu Lilin

Jika kamu hanya ingin menghabiskan waktu untuk bersantai di sudut kota Solo, Tugu Lilin menjadi pilihan yang tepat. Suasana sekitar yang sejuk dan menyegarkan mata akan membuat siapa saja yang mengunjunginya akan senang.

Selain menikmati area sekitar taman dengan nuansa sejuk, di sini kamu juga bisa mempelajari sejarah sembari mengingat jasa-jasa perjuangan zaman dahulu. Selain untuk bersantai, Tugu Lilin juga cocok dijadikan wadah untuk berswafoto. Sembari bersantai, kamu bisa menikmati aneka makanan atau jajanan yang dijual.