Sukses

Ada Naga dan Harimau, Begini Potret 7 Kuil Paling Menakjubkan di Asia

Liputan6.com, Jakarta Tempat ibadah memang selalu memiliki dekorasi dan arsitektur yang beragam. Arsitektur dan dekorasi ini menyesuaikan dengan kepercayaan masing-masing dari penganut kepercayaan tersebut. Seperti halnya kuil-kuil di Asia.

Asia memiliki banyak sekali kuil, baik itu di Thailand hingga Tiongkok. Dekorasinya pun memiliki ciri khas sendiri. Seperti adanya patung naga raksasa yang mengelilingi gedung hingga patung harimau yang ada di depan bangunan kuil.

Kuil-kuil ini selain digunakan untuk tempat beribadah, ada pula pengunjung yang datang ke kuil tersebut untuk berwisata. Wisatanya pun berupa wisata historis, maupun untuk melihat keindahan kuil. Seperti hasil jepretan fotografer asal Milan bernama Ell Costi yang ia unggah dalam laman Boredpanda.

Bila sedang berkunjung ke negara yang memiliki kuil menakjubkan ini, bisa mampir untuk sekedar berswafoto. Berikut 7 potret kuil paling menakjubkan di Asia yang Liputan6.com lansir dari boredpanda, Kamis (17/10/2019).

2 dari 8 halaman

1. Budha Raksasa di Leshan, Tiongkok

Kuil Buddha ini berada di Kota Leshan, Provinsi Sichuan, Tiongkok. Terdapat patung Buddha Maitreya raksasa yang sedang duduk. Patung ini dipahat di pinggir sebuah bukit pada abad ke-8 Masehi di pertemuan tiga sungai.

Ketika sungai tersebut adalah sungai Sungai Qingyi dan Sungai Dadu, dan Sungai Min. Tinggi Buddha raksasa tersebut adalah 71 meter dan menjadi patung Buddha terbesar di dunia.

3 dari 8 halaman

2. Gua Batu, Malaysia

Sebuah bukit kapur yang memiliki gua dan kuil Hindu di luar India. Tepat di depan tangga masuk ada sebuah patung besar Murugan yang seorang dewa dalam agama Hindu. Tempat ini berada di distrik Gombak, Selangor, Malaysia.

4 dari 8 halaman

3. Kuil Konfucian, Taiwan

Sebuah kuil konfucian yang berada di Taiwan. Kuil ini keluar dari daratan dengan adanya jembatan panjang menuju kuil tersebut. Selain itu juga memiliki patung raksasa yang menjadi nampak megah.

5 dari 8 halaman

4. Paviliun Musim Semi dan Musim Gugur di Taiwan

Paviliun ini adalah komplek kuil Tao yang terletak di Danau Lotus di Distrik Zuoying, Kaohsiung, Taiwan. Paviliun ini dibangun pada tahun 1953 oleh istana Chi Ming, adalah dua paviliun bergaya istana Cina.

6 dari 8 halaman

5. Kuil Ikan di Thailand

Kuil ikan ini dibangun oleh jutawan Thailand Khun Lek Viriyaphant. Ia membangun kuil ini sebagai tempat untuk melestarikan dan menyebarkan budaya Thailand yang berusia ribuan tahun.

Tempat ini dibangun sejak tahun 1963 terletak di Tambon Bang Pu Mai, 33,5 KM dari Kota Tua Sukhumvit, sekitar 30 km dari Bangkok. Pemandangan paling istimewa di sini adalah istana gunung Sumeru, dijaga oleh ikan Anondha raksasa.

7 dari 8 halaman

6. Kuil Buddha Wat Samphran di Thailand

Kuil Buddha Wat Samphran di Amphoe Sam Phran, Provinsi Nakhon Pathom, sekitar 40 kilometer di sebelah barat Bangkok. Kuil ini secara resmi terdaftar pada tahun 1985.

Bangunan kuil ini memiliki bentuk silindris berwarna merah muda setinggi 17 lantai dengan patung naga yang melingkari bangunan tersebut. Bagian dalam patung naga berisi tangga spiral yang dapat dilewati.

8 dari 8 halaman

7. Pagoda Naga dan Harimau, Taiwan

Pagoda Naga dan Harimau adalah kuil yang terletak di Danau Lotus di Distrik Zuoying, Kaohsiung, Taiwan. Kuil ini dibangun pada tahun 1976. Salah satu menara adalah Menara Harimau, yang lainnya adalah menara Naga.