Sukses

8 Tempat Wisata di Sleman yang Instagramable dan Cocok untuk Liburan Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Sleman sebagai wilayah utara Daerah Istimewa Yogyakarta bisa menjadi alternatif liburan yang dekat dari kota. Walaupun tidak memiliki daerah pantai seperti di wilayah selatan yaitu Gunung Kidul dan Bantul, Sleman menawarkan keelokan Gunung Merapi.

Selain itu, banyak juga tempat wisata di Sleman yang menawarkan keindahan candi-candi peninggalan masa lalu. Termasuk salah satunya adalah candi yang sudah sangat mendunia, yaitu Candi Prambanan. Letak tempat wisata di Sleman ini pun tidak terlalu jauh dari Kota Jogja.

Tempat wisata di Sleman cocok buat kamu yang ingin mendapatkan suasana dan foto yang indah. Jika Gunungkidul terkenal dengan beragam pantai yang memiliki keindahan masing-masing, Sleman terkenal dengan beragam destinasi untuk berfoto.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tempat wisata di Sleman dari berbagai sumber, Kamis (17/10/2019).

2 dari 5 halaman

Wisata Keluarga Dekat Merapi

The World Landmark Merapi Park Jogja

Tempat wisata di Sleman pertama yang wajib dikunjungi adalah The World Landmark Merapi Park. Di sini kamu bisa melihat beberapa landmark dari seluruh dunia. Bagi kamu yang gemar mengambil foto selfie, tempat ini adalah tempat yang cocok buatmu. Tempat wisata di Sleman satu ini cocok untuk liburan keluarga.

Kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang menarik dari bangunan landmark seperti Menara Eiffel, Kincir Angin seperti di Belanda, Pagoda Thailand, jam raksasa Big Ben London, Menara Pisa Italia dan sebagainya. Peta wisata Jogja ini berlokasi di Jalan Kaliurang km 25, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

The Lost World Castle

Daerah sekitar Gunung Merapi memang memiliki banyak sekali destinasi sebagai tempat wisata di Sleman. Salah satunya adalah The Lost World Castle yang berada di Desa Kepuharjo, Sleman. Tempat wisata di Sleman satu ini tidak kalah Instagramble, dengan berbagai spot foto yang anti-mainstream tentunya bisa memempercantik feed Instagram kamu.

Kastil yang dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektare ini cocok dijadikan destinasi liburan keluarga dan memiliki pesan begitu unik, yaitu mengingatkan setiap pengunjung akan erupsi Gunung Merapi yang begitu dahsyat beberapa tahun lalu, membuat Kota Jogja dan sekitarnya seperti menghilang. Konsep inilah yang kemudian menjadi nama tempat wisata ini, yaitu The Lost World atau yang berarti Dunia yang Hilang.

3 dari 5 halaman

Wisata Pemandangan Merapi

Museum Gunung Merapi 

Tempat wisata di Sleman yang juga terletak di sekitaran Gunung Merapi adalah Museum Gunung Merapi. Selain bisa melihat pemandangan Gunung Merapi yang indah, kamu juga bisa mendapatkan banyak edukasi dan informasi sejarah mengenai gunung yang sangat ikonik ini. Dengan begitu, tentunya tempat ini juga cocok untuk wisata kelaurga untuk menambah wawasan kamu dan anak-anak.

Museum yang berlokasi di Jalan Kaliurang Km. 22, Pakem, Kabupaten Sleman ini bisa menjadi alternative lainnya di sekitaran Gunung Merapi, terutama jika kamu ingin berwisata edukasi dan penasaran dengan informasi Gunung Merapi.

Bukit Klangon

Menikmati pemandangan dengan hamparan awan tentu memanjakan mata. Beberapa bukit di Jogja banyak yang bisa dikunjungi untuk menikmati hamparan kapas putih tersebut. Bukit Klangon sebagai salah satu tempat wisata di Sleman menyajikan pemandangan yang sangat indah.

Gardu pandang di Bukit Klangon bisa jadi tujuan kamu selanjutnya. Di tempat ini terdapat spot foto yang keren berlatar belakang Gunung Merapi. Bukit Klangon berada di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Jaraknya kurang lebih 30 km dari pusat Kota Yogyakarta.

4 dari 5 halaman

Wisata Instagramable

Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplong ini merupakan salah satu tempat wisata di Sleman yang terbilang baru. Letak tempat wisata ini berada di 16 kilometer dari Titik Nol KM. Studio Alam Gamplong ini menjadi sorotan banyak orang lantaran dijuluki sebagai ‘Mini Hollywood’.

Dijuluki sebagai Mini Hollywood karena Studio Alam Gamplong ini merupakan salah satu lokasi dari film besutan Hanung Bramantyo, Sultan Agung The Untold Love Story. Film ini mengambil setting cerita abad ke-16 dan 17. Maka lahan yang mulanya merupakan tanah milik desa, disulap menjadi kawasan Indonesia bernuansa abad ke-16.

Bahkan, film Bumi Manusia yang begitu banyak digemari juga melakukan syuting di lokasi ini. Dengan suasana zaman lalu ini, banyak orang yang tertarik berfoto di Studio Alam Gamplong ini. Sepanjang perjalanan di Studio Alam Gamplong ini kamu tidak akan henti-hentinya ingin mengambil gambar karena suasana zaman dulu yang begitu terasa.

Tebing Breksi

Tempat wisata di Sleman selanjutnya adalah Tebing Breksi. Tebing Breksi sendiri merupakan tebing kapur yang terletak di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Di sini, selain kamu bisa naik ke tebingnya untuk melihat pemandangan sekitar, kamu juga bisa duduk-duduk di arena pertunjukan.

Tempat wisata di Sleman satu ini tentunya sangat cocok untuk kamu yang sedang berburu spot foto cantik. Selain itu, kamu juga bisa membawa keluarga untuk berfoto bersama-sama.

5 dari 5 halaman

Wisata Candi

Candi Ratu Boko 

Selain kawasan dekat Gungung Merapi, tempat wisata di Sleman juga menawarkan keelokan candi-candi yang tak kalah instagramable. Daerah Kalasan terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak candi yang bisa dikunjungi, salah satunya Candi Ratu Boko.

Candi Ratu Boko terletak tidak jauh dari Candi Prambanan yang fenomenal. Jika kamu berkunjung ke Candi Prambanan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Candi Ratu Boko ini. Candi ini sebenarnya adalah bekas kompleks yang terdiri dari beberapa bagian bangunan megah.

Keistimewaan Candi Ratu Boko adalah, di tempat wisata di Sleman ini kamu bisa mendapatkan spot yang sangat bagus untuk menikmati sunset di Jogja. Lokasinya yang berada di atas bukit, lengkap dengan lingkungan yang asri dan nyaman, cocok untuk menenangkan diri.

Candi Ijo 

Tidak jauh dari Ratu Boko, terdapat tempat wisata di Sleman yang tak kalah menenangkan yaitu Candi Ijo. Candi Ijo merupakan candi tertinggi di jogja. Bukan karena bangunannya yang tinggi, namun karena letaknya di dataran yang tinggi.

Karena letaknya inilah, Candi Ijo juga menjadi spot yang pas untuk menikmati sunset dari ketinggian. Kamu bisa berburu foto yang instagramable bersama keluarga di Candi Ijo.

Loading