Sukses

6 Wisata Semarang Malam Hari, Mudah Dijangkau dan Murah Meriah

Liputan6.com, Jakarta Wisata Semarang malam hari bisa dinikmati di beberapa titik di Semarang. Ibu kota Jawa Tengah ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Topografi Semarang bisa dibilang unik. Wilayah ini terdiri dari pesisir pantai, pegunungan, dan dataran.

Semarang tak hanya menarik dijelajah pada siang hari, wisata Semarang malam juga menawarkan pengalaman menyenangkan. Ada beberapa titik wisata Semarang malam yang tak boleh terlewat. Wisata Semarang malam ini biasa dikunjungi warga untuk melepas penat dan menghabiskan waktu di akhir pekan.

Beragam suasana dapat ditemui di wisata Semarang malam hari. Mulai dari sejarah, lanskap alam, kuliner khas, hingga suasana tempo dulu bisa dinikmati di wisata Semarang malam hari ini.

Menariknya, wisata Semarang malam hari ini mudah dijangkau. Tiket masuk ke kawasan ini juga murah bahkan hanya bermodal parkir kendaraan. Di sini Anda bisa menikmati suasana malam Semarang ditemani kuliner yang juga murah meriah. Wisata malam ini cocok untuk menghabiskan akhir pekan atau liburan di Semarang.

Berikut 6 pilihan wisata Semarang malam hari yang murah meriah, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(17/10/2019).

2 dari 7 halaman

Taman Tabanas

Taman Tabanas merupakan taman kota yang berada di Tanjakan Gombel Semarang. Daya tarik taman ini adalah lanskap pemandangan kota Semarang yang luas. Dari sini pengunjung bisa menikmati keindahan kota Semarang dari ketinggian. Biasanya warga akan berkunjung ke tempat ini pada sore dan malam hari untuk menikmati pemandangan yang membentang.

Di sekitar Taman Tabanas juga sudah banyak kafe, restoran, dan hotel yang menawarkan lanskap kota Semarang dari ketinggian. Di malam hari terlihat kota Semarang bawah dengan gemerlap lampunya. Wisata Semarang malam hari ini juga memiliki fasilitas cukup lengkap, seperti bangku taman, area bermain anak, serta warung kaki lima dengan harga terjangkau.

3 dari 7 halaman

Jalan Pahlawan

Jalan Pahlawan hampir tak pernah sepi dari siang dan malam. Jalan Pahlawan Kota Semarang adalah salah satu jalan penghubung menuju Simpang Lima. Jalan Pahlawan sebenarnya menjadi pusat perkantoran pemerintah. Kawasan ini ramai pada malam hari khususnya akhir pekan. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua menemani anaknya atau memang sengaja datang untuk bermalam minggu.

Jalan Pahlawan menjadi tempat favorit bagi warga Semarang untuk menikmati malam. Di malam hari pengunjung bisa menikmati jajaran kuliner malam yang lezat di Wisata Semarang malam hari ini. Mengenai harga, tidak perlu khawatir karena semua yang dijual disini tidak akan membuat kantong kempes.

4 dari 7 halaman

Kota Lama

Kota Lama kini menjadi destinasi wisata yang menarik. Kawasan seluas 31 hektare ini menjadi daya tarik wisatawan yang ingin menyusuri sejarah Semarang di masa kolonial. Tak hanya siang hari, kawasan ini juga menarik untuk dikunjungi pada malam hari.

Di sini Anda bisa menikmati kemegahan arsitektur ala Eropa di malam hari. Bahkan wisata Kota Lama Semarang kerap disebut sebagai "Little Netherland". Meski sudah berusia 200 hingga 300 tahun, bangunan khas Eropa di kawasan wisata Kota Lama Semarang tetap berdiri kokoh dan megah. Di kawasan wisata Kota Lama Semarang Anda dapat menemukan destinasi menarik seperti taman, gedung bersejarah, dan kafe.

5 dari 7 halaman

Simpang Lima

Tempat terkenal untuk menghabiskan malam di Semarang lainnya adalah Simpang Lima Semarang. Simpang Lima Semarang merupakan pusat Alun-alun kebanggaan Semarang. Tempat ini selalu ramai dikunjungi warga yang ingin menghabiskan waktu luang.

Simpang lima merupakan pertemuan dari lima jalan yang menyatu, yaitu Nasional 14Jl. Pahlawan, Nasional 14Jl. Pandanaran, Jl. Ahmad Yani, Jl. Gajah Mada dan Jl A Dahlan. Di wisata Semarang malam hari ini warga bisa melakukan aktivitas santai seperti jalan-jalan, duduk, dan menikmati kuliner kaki lima setempat. Ruang terbuka ini juga selalu ramai di malam tahun baru karena sering diadakan pesta kembang api dan konser musik.

6 dari 7 halaman

Pasar Semawis

Tak hanya keindahan kota dan alam yang dapat dinikmati di malam hari, di Semarang Anda juga bisa menikmati ragam kuliner di Pasar Semawis. Kawasan Pasar Semawis merupakan kawasan pecinan Kota Semarang yang memiliki daya tarik wisata tersendiri. Pasar Semawis berlokasi di Jalan Gang Warung, Kecamatan Semarang Tengah.

Di Pasar Semawis pengunjung dapat menemukan pasar malam yang menjual berbagai jenis kuliner serta oleh-oleh khas Semarang. Pasar ini hadir tiap akhir pekan (jumat, sabtu, dan minggu) dari pukul 18.00 – 23.00 WIB. Di wisata Semarang malam hari ini Anda dapat menemukan makanan khas Tioghoa dan makanan lainnya.

7 dari 7 halaman

Banjir Kanal Barat

Kawasan Banjir Kanal Barat kini menjadi daya tarik baru wisata di Semarang. Banjir Kanal Barat merupakan sungai yang direvitalisasi menjadi ramah pengunjung. Salah satu daya tarik tempat ini adalah adanya Bridge Fountain. Meski belum 100% rampung, kawasan Banjir Kanal Barat (BKB) terus dipercantik hingga menarik pengunjung.

Pada malam hari Bridge Fountain menampilkan warna-warni lampu yang seperti air mancur. Jembatan ini jadi tak kalah menarik dari Jembatan Banpo di Korea Selatan. Di sini warga bisa menyusuri sepanjang sungai ditemani lampu-lampu temaram menenangkan. Di kawasan ini juga sering diadakan agenda rutin seperti festival lampion dan peraghu hias. Wisata Semarang malam hari ini sangat cocok untuk menghabiskan malam di Kota Semarang.