Sukses

6 Aplikasi Ponsel untuk Bantu Rencanakan Diet Teratur

Liputan6.com, Jakarta Merencanakan diet tak sepenuhnya mudah. Mengontrol dan memilih makanan penting dalam perencanaan diet. Kini ponselmu dapat dimanfaatkan untuk merencanakan diet teratur. Ponselmu bisa bertindak sebagai teman yang berharga di hampir setiap aspek kehidupan.

Aplikasi penurunan berat badan dapat memberimu motivasi, disiplin, dan akuntabilitas yang kamu butuhkan untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Baik untuk menghitung kalori, mencatat makanan, atau melacak olahraga rutin, ada banyak aplikasi hebat untuk perencanaan diet.

Kamu perlu menjalankan diet seimbang dengan proporsi protein, vitamin, mineral, karbohidrat dan lemak yang tepat. Dengan aplikasi yang tepat, ponselmu bahkan dapat bertindak sebagai pelatih kebugaran dan membantu tujuan diet teratur.

Dengan aplikasi ini program dietmu akan terbantu dan jadi lebih mudah. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa mereka yang melacak kalori secara signifikan lebih berhasil menurunkan berat badan. Berikut 6 aplikasi yang membantu merencanakan diet teratur dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(17/10/2019).

2 dari 7 halaman

MyFitnessPal

MyFitnessPal dianggap sebagai penghitung kalori terbaik dilihat dari datanya di lebih dari 5.000.000 jenis makanan. Dengan basis data makanan yang sangat besar, pemindai barcode, dan importir resep, melacak makanan di MyFitnessPal cepat dan mudah.

Aplikasi ini melacak nutrisi dan menghitung kalori, ditambah lagi ia menawarkan wawasan makanan untuk membantumu membuat pilihan yang lebih sehat. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan antarmuka yang bersih dan tidak berantakan yang memungkinkanmu untuk dengan cepat memperbarui data.

Selain itu, kamu akan mendapatkan semua tools standar seperti tab komunitas, tantangan, bagan dan ringkasan untuk berbagi di media sosial, kiat, dan sejenisnya.

3 dari 7 halaman

Lose It!

Lose It! adalah aplikasi sederhana yang hadir dengan semua fitur yang kamu butuhkan untuk mengawasi berat badan tetap ideal. Kamu dapat dengan mudah mencatat bacaan harian dan melacak apa yang telah kamu makan. Masukkan rincian profil dan bobot sasaranmu, dan aplikasi akan menghitung anggaran kalori harian.

Kemudian kamu dapat melacak makanan, berat badan, dan aktivitas untuk mencapai tujuan diet tersebut. Fitur dalam aplikasi ini termasuk pemindaian barcode, melacak makanan dengan mengambil foto dengan Snap It, dan masih banyak lagi.

4 dari 7 halaman

Noom

Alih-alih menyuruhmu makan lebih sedikit dan lebih banyak bergerak, Noom menggunakan pendekatan berbasis psikologi untuk mengidentifikasi pikiran dan keyakinanmu yang kuat tentang nutrisi dan olahraga. Aplikasi ini kemudian membangun pendekatan yang disesuaikan untuk membantu menciptakan kebiasaan sehat.

Aplikasi ini membantu melacak berat badan, makanan, olahraga, tekanan darah, dan gula darah. British Medical Journal menemukan bahwa 64 persen pengguna Noom kehilangan lebih dari lima persen berat badan mereka, dan Laporan Ilmiah menemukan bahwa 78 persen pengguna Noom mengalami penurunan berat badan selama sembilan bulan.

5 dari 7 halaman

Google Fit dan Apple Health

Mungkin kamu secara tidak langsung sudah menginstal aplikasi penurunan berat badan yang kompeten di ponselmu. Di Android, kamu memiliki Google Fit, dan semua iPhone memiliki aplikasi Apple Health.

Aplikasi ini sangat terintegrasi dengan sistem operasi ponselmu dan menawarkan sebagian besar fitur yang dilakukan aplikasi pelacakan kesehatan pihak ketiga lainnya. Terlebih lagi, mereka juga sepenuhnya gratis dan hadir dengan bahasa desain ramping yang cocok dengan tema yang kamu gunakan.

Mereka juga dapat melacak seberapa banyak kamu berjalan dan kalori yang terbakar, ditambah tantangan fitur yang dapat kamu lakukan dengan teman-temanmu. Selain itu, sebagian besar dari mereka memiliki pelacakan sesi untuk kegiatan seperti bersepeda dan tidur. Aplikasi seperti Apple Health dan Samsung Health memiliki beragam tools bagus lainnya seperti kemampuan untuk mencatat asupan gizi.

6 dari 7 halaman

Ideal Weight

Ideal Weight membantumu mengontrol angka berat badan sesuai body mass index (BMI). Yang kamu butuhkan untuk memulai dengan pelacak berat badan harian ini dan kalkulator BMI adalah jenis kelamin, usia, tinggi, dan beratmu.

Pelacak akan menghitung BMI dengan Roda Berat khasnya, dan banyak grafiknya membantumu memahami efek berat dari pilihan diet terkini. Kamu juga dapat memantau dan melacak kemajuan dietmu seiring waktu.

7 dari 7 halaman

HealthifyMe

HealthifyMe memungkinkan kamu mendokumentasikan berat badan, dan membantu kamu memahami apa yang kamu makan dan apa yang perlu kamu lakukan untuk mencapai tujuan diet sehat. Ini dilakukan dengan mengembangkan dan menunjukkan wawasan tentang makanan yang kamu konsumsi.

Kamu dapat t memeriksa kadar protein, serat, dan lebih banyak lagi dalam diet regulermu. HealthifyMe juga mendorongmu untuk minum lebih banyak air dan berolahraga melalui tips dan pengingat. Aplikasi ini memiliki rencana kesehatan juga, jika kamu ingin mengikuti strategi yang memiliki catatan yang terbukti.