Sukses

5 Cara Penuhi Asupan Cairan Tubuh Selain Minum Air Putih

Liputan6.com, Jakarta Cara memenuhi asupan cairan tubuh ternyata tidak hanya dengan minum air putih saja. Kamu bisa mengonsumsi atau minum minuman hingga makanan lainnya agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi, agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Salah satu masalah kesehatan yang tentunya akan muncul bila kamu tidak memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah dehidrasi. Dehidrasi juga dapat diperburuk dengan cuaca panas, musim kemarau, atau tinggal di daerah beriklim tropis.

Cara memenuhi asupan cairan tubuh selain minum air putih tidak kalah menyehatkan. Hal ini bisa dijadikan alternatif bagi orang-orang yang merasa tidak sanggup atau sulit mewujudkan kebiasaan minum 8 gelas air putih setiap hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/10/19) tentang cara penuhi asupan cairan tubuh selain minum air putih

2 dari 6 halaman

Susu

Cara memenuhi asupan cairan tubuh selain minum air putih yang pertama adalah minum susu. Tentunya tidak sembarang susu yang bisa kamu minum. Pada sebuah studi dari American Journal of Clinical Nutrition, susu yang penuh lemak dan juga skim ternyata lebih meningkatkan hidrasi dalam tubuh dibandingkan air putih. Selain itu, susu juga menyehatkan karena mengandung protein, karbohidrat, vitamin dan mineral.

Susu skim juga terbukti lebih efektif dalam mengembalikan cairan pada tubuh setelah berolahraga atau terpapar cuaca panas daripada minum air putih. Hal ini disebabkan karena susu skim mengandung protein dan elektrolit yang membantu tubuh kembali terhidrasi. Selain itu, susu skim juga kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk mengembalikan energi.

3 dari 6 halaman

Air Kelapa

Cara memenuhi asupan cairan tubuh selain minum air putih yang kedua adalah dengan minum air kelapa. Air kelapa juga salah satu jenis cairan yang dapat menghidrasi tubuh dan mengandung nutrisi. Berbeda dari minuman olahraga, air kelapa rendah akan karbohidrat dan mengandung potasium dengan kadar yang cukup tinggi. Rasanya yang segar juga efektif dalam melegakan haus.

Tidak hanya karena kandungan airnya sangat tinggi, air kelapa juga mengandung elektrolit yang dapat mengembalikan cairan tubuh kamu.

4 dari 6 halaman

Buah-buahan yang Mengandung Banyak Air

Selain itu, kamu juga bisa makan buah-buahan yang mengandung banyak air untuk memenuhi asupan cairan tubuh. Tentunya dengan berbagai rasa pada buah-buahan membuat kamu semakin mudah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Ada banyak buah yang mengandung banyak air. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau diolah dulu menjadi jus. Contoh buah-buahan yang memiliki kandungan air yang tinggi adalah semangka, jeruk, stroberi, hingga melon.

5 dari 6 halaman

Sayuran Dengan Kandungan Air Tinggi

Cara penuhi asupan cairan tubuh selain minum air putih selanjutnya adalah dengan sayuran. Tentunya kamu juga harus memilih sayuran yang memiliki kandungan air tinggi. Tidak jauh berbeda dengan buah-buahan, tentunya mengonsumsi sayur dengan variasi rasa akan membuat kamu lebih mudah memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Beberapa jenis sayuran dengan kandungan air tinggi yang bisa kamu jadikan alternatif dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah timun, tomat, kembang kol, selada, seledri, hingga paprika.

6 dari 6 halaman

Makan Sup

Selanjutnya, cara memenuhi kebutuhan cairan tubuh selain minum air putih adalah dengan makan sup. Sup tentunya memiliki banyak cairan yang bisa membantu kamu dalam memenuhi asupan cairan tubuh. Bahkan, sajian dalam sup juga bisa ditambahkan dengan sayuran bernutrisi dan kaya air seperti tomat, wortel, hingga brokoli.

Selain itu, sup juga dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan karena memiliki kandungan kalori yang rendah.

Jadi, jangan sampai kamu mengalami dehidrasi setiap harinya karena memenuhi asupan cairan tubuh selain dengan minum air putih juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi berbagai makanan dan minuman lainnya.

Loading