Sukses

Ciri Khusus Bunga Melati yang Punya Aroma Semerbak

Liputan6.com, Jakarta Ciri khusus bunga melati bisa dilihat dari karakteristik tanamannya. Bunga melati merupakan bunga yang lekat oleh tradisi Indonesia. Bunga ini bahkan ditetapkan sebagai bunga nasional atau Puspa Bangsa.

Tanaman melati adalah genus tanaman merambat dan semak. Ada beberapa jenis melati yang dibudidayakan masing-masing memiliki ciri khusus bunga melati. Karakteristiknya bisa dilihat dari ciri khusus bunga melati. Sebagian besar tanaman melati ditemukan di daerah beriklim tropis hingga sub tropis, meskipun beberapa di antaranya dapat tumbuh subur di daerah beriklim sedang.

Ada hampir 200 spesies melati, Jasminum sambac adalah jenis yang banyak ditemui di Indonesia. Ciri khusus bunga melati memberi keistimewaan tersendiri pada bunga dengan wangi semerbak ini. Ciri khusus bunga melati bisa dilihat dari jenis tumbuhan, daun, bunga, dan habitat hidupnya.

Ciri khusus bunga melati secara umum mudah dikenali. Berikut ciri khusus bunga melati yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat(18/10/2019).

2 dari 8 halaman

Jenis tumbuhan

Bunga melati digolongkan sebagai tanaman semak atau perdu. Tanaman ini juga bisa merambat tapi cenderung tidak beraturan dan terjurai. Batangnya bulat berkayu dengan tinggi 0,3-3 meter. Batang tumbuhan melati bercabang dan berwarna cokelat.

Akar tumbuhan ini termasuk tunggang, sulit untuk dipatahkan dan tidak berserat. Akar melati bisa berbuku-buku. Sebagian besar tanaman melati ditemukan di daerah beriklim tropis hingga sub tropis, meskipun beberapa di antaranya dapat tumbuh subur di daerah beriklim sedang. Tumbuhan melati dapat tumbuh sepanjang tahun dan cenderung mudah dirawat.

3 dari 8 halaman

Daun

Daun melati putih berjenis tunggal, tangkai daun pendek, dengan ukuran sekitar 5 mm, dengan letak yang berhadapan. Helaian daunnya berbentuk bulat telur, hingga menjorong, ujungnya runcing, pangkalnya membulat, tepinya rata, tulang daunnya menyirip, dengan ukuran 5-10 cm × 4–6 cm.

Daun melati bisa berwarna hijau tua dan biasanya terdiri dari dua atau lebih lembaran, meskipun beberapa spesies memiliki daun sederhana. Daun bunga Melati putih berbentuk majemuk menyirip. Pinggir daun sedikit bergelombang dan tidak rata dan permukaannua berkerut.

4 dari 8 halaman

Karakteristik bunga

Bunga melati termasuk bunga majemuk. Bunganya tumbuh di ketiak daun, terbatas dengan jumlah 3 bunga atau sebuah tandan padat dengan banyak bunga. Setiap bunga memiliki antara empat dan sembilan kelopak, empat ovula dan dua lokulus. Bunga melati memiliki dua benang sari yang mengacungkan filamen yang sangat pendek.

Bunga-bunga biasanya berukuran 2,5 cm dan dengan warna putih lilin. Mahkota bunganya berbentuk lembaran mengerut, seperti terompet, yang berwarna putih, dan berbau wangi. Beberapa varietas melati berbunga ganda dikenal tidak menghasilkan buah. Bunga melati dikenal dengan aromanya yang semerbak dan menenangkan.

5 dari 8 halaman

Keharuman melati

Bunga mealti melepaskan keharumannya di malam hari setelah matahari terbenam dan terutama ketika bulan bersinar. Biasanya kuncup bunga melati lebih harum dari pada bunganya. Aroma melati kuat dan manis.

Bunga melati bermanfaat untuk bunga tabur, bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum teh, seperti teh melati. Ekstrak melati merupakan minyak wangi yang sangat populer, mengandung benzyl acetate, terpinol, jasmone, benzyl benzoate, linalool, beberapa alkohol, dan senyawa lainnya.

6 dari 8 halaman

Makna bunga melati

Melati yang dalam istilah bahasa Inggris disebut jasmine, berasal dari kata Persia 'yasmin' yang berarti hadiah dari Tuhan. Melati telah lama dikenal di Indonesia sebagai bunga yang melambangkan kesucian, keanggunan yang sederhana, dan ketulusan. Bunga ini juga melambangkan keindahan dalam kesederhanaan dan kerendahan hati, karena meskipun bunga putih ini kecil dan sederhana, tetapi wanginya harum semerbak.

Keindahannya yang murni dan aroma yang semerbak berbicara tentang cinta dan membangkitkan perasaan positif. i Thailand, melati adalah simbol untuk ibu dan menggambarkan cinta dan hormat. Di Amerika Serikat, melati melambangkan kecantikan, cinta, dan romansa.

7 dari 8 halaman

Perawatan melati

Ada beberapa jenis melati yang dibudidayakan. Pada dasarnya tanaman ini mudah tumbuh dan tak memerlukan perawatan khusus. Perawatan tanaman melati tidak sulit tetapi membutuhkan cukup perhatian. Semua tanaman melati lebih menyukai tempat yang teduh dari sinar matahari sampai ke tanah dengan drainase yang baik dan tanah yang cukup subur.

Tanaman ini juga merambat, tingginya mudah diatur dengan pemangkasan atau penjepit. Jika ditanam di dalam pot, kamu perlu melakukan pemupukan dua kali setahun. Tanaman melati yang sedang tumbuh dapat menciptakan perisai wangi di atas pangkalan, teralis, dan pagar.

8 dari 8 halaman

Manfaat minum teh melati

Apa yang membuat teh melati unik adalah aromanya yang menyenangkan dan lembut. Ini berasal dari memadukan daun teh dengan kelopak bunga melati. Bau teh melati telah ditemukan menawarkan efek sedatif.

Dilansir dari Livestrong, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh "European Journal of Applied Physiology," menyelidiki efek aroma teh melati pada keadaan mood dan aktivitas saraf otonom dari 24 sukarelawan sehat.

Baik aroma lavender dan teh melati juga menenangkan suasana hati dan secara signifikan menurunkan detak jantung. Efek menenangkan ini bermanfaat untuk tekanan darah tinggi yang dipicu stres.

Loading