Sukses

7 Wisata Kuliner Magelang yang Cocok Dicicipi Setelah ke Candi Borobudur

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Magelang bisa menjadi alternatif dalam menikmati liburan yang menyenangkan. Apalagi dengan adanya Candi Borobudur yang begitu banyak dikunjungi oleh wisatawan, tentunya kuliner Magelang juga merupakan pilihan yang tepat untuk dicicipi.

Wisata kuliner Magelang juga bisa menjadi pilihan saat kamu sedang dalam perjalanan ataupun sedang bosan liburan di Jogja. Dengan jarak yang tidak begitu jauh, kamu bisa ke Magelang beberapa saat untuk meninggalkan Jogja yang biasanya selalu ramai saat liburan.

Wisata kuliner Magelang cocok buat kamu penyuka makanan manis dan kaya rempah. Suasana di Magelang yang cukup sejuk karena dikelilingi pegunungan tentunya membuat selera makan kamu bertambah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/10/2019) tentang wisata kuliner Magelang.

2 dari 4 halaman

Nasi Goreng dan Mangut Lele

Nasi Goreng Pak Yatno

Jika kamu mencari kuliner Magelang yang berupa makanan berat, Nasi Goreng Pak Yatno bisa menjadi pilihan. Wisata kuliner Magelang satu ini merupakan warung yang sangat legendaris di Magelang. Warung ini berlokasi di Jalan Mayjend Bambang Soegeng tepatnya di seberang pusat perbelanjaan Armada Town Square.

Kamu akan mendapatkan nasi goreng yang dicampur dengan mi yang menjadi ciri khas nasi goreng magelang. Soal rasanya, kamu bisa ketagihan dengan perpaduan rempah dan kecap kentalnya yang memiliki cita rasa begitu lezat.

Namun kamu harus bersabar jika mengunjungi warung ini, karena biasanya antreannya panjang. Tiap pengunjung akan diberikan nomor urut begitu datang. Harga satu porsi nasi goreng dibandrol mulai Rp 15 ribuan.

Mangut Beong Sehati Borobudur

Selain itu, sajian makanan berat sebagai wisata kuliner Magelang selanjutnya adalah Mangut Beong Sehati Borobudur. Sajian ikan beong atau lele besar dimasak mangut pedas dengan bumbu rempah dan kuah santan akan memanjakan lidahmu. Harga mangut lele ini bervariasi tergantung bagian potongan ikan atau utuh.

Berlokasi sekitar 3 Km dari Candi Borobudur di Desa Kembanglimus, kamu bisa menunjunginya sebelum atau setelah berwisata ke Candi Borobudur. Dengan menikmati sajian mangut beong ini, tentunya kamu akan lebih bertenaga dengan rasanya yang juga sangat lezat.

3 dari 4 halaman

Gethuk dan Wedang Kacang

Gethuk Gondok

Gethuk Gondok merupakan salah satu wisata kuliner Magelang yang tidak bisa dilewatkan saat berkunjung ke Magelang. Saat ke Magelang, jangan lupa untuk mampir dulu ke Pasar Rejowinangun yang terletak di Jalan Mataram.

Kamu bisa menemukan salah satu wisata kuliner Magelang yang menjadi jajanan ikonik kota ini. Harganya Rp6 ribu saja untuk sekotak kecil. Selain gethuk juga ada jajanan pasar seperti klepon dan ongol-ongol.

Wedang KacangĀ 

Wisata kuliner Magelang juga menawarkan minuman khas yang cocok dinikmati pada malam hari, yaitu Wedang Kacang. Dimasak dari kacang tanah, gula Jawa, dan gula pasir. Wedang kacang ini memiliki kuah putih santan yang menghangatkan tubuh. Apalagi ada camilan pelengkap yaitu sate pisang yang manis.

Kamu bisa mencicipi wedang kacang ini di Jalan Pajang, Kemirirejo, Magelang. Buka dari pukul 17:30 hingga 21:00 WIB, wisata kuliner Magelang satu ini sangat disayangkan kalau terlewati begitu saja. Apalagi kalau dinikmati setelah puas memandangi panorama indah Candi Borobudur.

4 dari 4 halaman

Kupat Tahu, Sup Senerek, dan Sego Godhog

Kupat Tahu

Wisata kuliner Magelang yang pertama tentunya adalah kupat tahu. Kupat tahu memang menjadi kuliner Magelang yang menjadi incaran banyak wisatawan. Dengan isian potongan tahu halus yang sudah digoreng, lontong, kecambah, kubis, bakwan goreng, daun seledri, hingga bawang goreng yang banyak.

Jika kamu penyuka pedas, bisa juga ditambahkan ulekan cabai agar lebih lezat. Camilan pendampingnya adalah gorengan kerupuk dan keripik yang renyah kriuk-kriuk. Warung kupat tahu yang bisa kamu kunjungi saat ke Magelang adalah Warung Pak slamet di Jalan Tentara Pelajar, Kemirirejo, Magelang. Warung ini buka dari jam 08:00 hingga 22:00 WIB.

Sup Senerek Bu Atmo

Wisata kuliner Magelang selanjutnya adalah Sup Senerek. Sup senerek yang paling terkenal adalah sup senerek Bu Atmo. Wisata kuliner Magelang satu ini cocok dijadikan untuk mengawali pagimu sebagai sarapan agar stamina terisi sebelum jalan-jalan.

Jika kamu belum terlalu familiar dengan kata senerek, kamu mungkin bisa mengenalnya sebagai sup kacang merah. Dalam kuah bening, kacang merah dimasak bersama wortel, bayam dan tetelan sapi. Sup senerek disajikan dengan nasi hangat, ada pelengkapnya seperti sambal dan tahu-tempe bacem.

Sup senerek Bu Atmo merupakan tempat yang legendaris dan wajib dikunjungi. Seporsi sup senerek Bu Atmo bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 15 ribu saja, sudah termasuk teh hangat.

Sego Godhog

Selain itu, ada lagi wisata kuliner Magelang berupa sajian berat yang tak kalah lezat, yaitu Sego Godhog atau nasi rebus. Sama seperti membuat mie goreng, hanya saja diganti dengan nasi. Kuliner Magelang ini memiliki isian nasi, mie, dan suwiran daging. Di beberapa warung juga ada yang menambahkan irisan jeroan sapi. Harganya cukup murah hanya 13ribu rupiah saja.

Kamu bisa menemukan sego godhog ini di sepanjang jalan dekat alun-alun Kota Magelang, buka dari jam 10 pagi hingga 9 malam.