Sukses

Penyebab Buang Air Besar Berdarah dan Solusinya, Tandakan Masalah Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Penyebab buang air besar berdarah dan solusinya penting untuk segera diketahui, karena kondisi ini tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya, buang air besar berdarah menandakan adanya masalah pada kesehatan khususnya di saluran pencernaan.

Buang air besar berdarah merupakan salah satu gejala adanya perdarahan di saluran pencernaan. Pada buang air besar berdarah bisa berakibat fatal apabila tidak segera diatasi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab buang air besar berdarah dan solusinya dengan segera.

Hal ini untuk memperkecil risiko munculnya buang air besar berdarah. Berikut ada beberapa penyebab buang air besar berdarah dan solusinya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/10/2019).

2 dari 6 halaman

Penyebab Buang Air Besar Berdarah: Wasir

Ada berbagai macam faktor penyebab buang air besar berdarah. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele. Untuk itu, penting mengetahui penyebab buang air besar berdarah dan solusinya

Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi pertanda kamu mengalami masalah kesehatan yang cukup serius. Berikut ada beberapa masalah kesehatan yang menyebabkan kamu buang air besar berdarah.

Wasir

Penyebab buang air besar berdarah dan solusinya yang pertama adalah wasir. Wasir atau ambeien merupakan penyebab buang air besar yang paling sering terjadi. Kondisi ini merupakan terjadinya pembengkakan dan peradangan akibat pelebaran pembuluh darah vena pada derah anus.

Gejala wasir atau ambeien ini berupa benjolan di anus yang terasa nyeri dan munculnya bercak darah segar saat buang air besar. Untuk penyebab terjadinya wasir atau ambeien sendiri bermacam-macam. Wasir atau ambeien dapat diturunkan secara genetik ataupun kebiasaan sembelit. Duduk yang terlalu lama juga dapat menyebabkan terjadinya wasir.

Selain itu, darah tinggi atau hipertensi, kegemukan atau obesitas, dan gaya hidup yang kurang sehat, serta konsumsu alkohol dan kopi secara berlebihan juga dapat menyebabkan wasir.

3 dari 6 halaman

Penyebab Buang Air Besar Berdarah: Kanker dan Polip Usus

Kanker Usus

Penyebab buang air besar berdarah lainnya adalah kanker usus. Kondisi ini bisanya akan ditandai dengan gejala seperti gangguan buang air besar, buang air besar berdarah, perut kembung, gangguan pencernaan, nyeri perut, penurunan berat badan, dan lemas.

Masalah kesehatan ini disebabkan oleh faktor genetik, kurangnya asupan serat, dan kebiasaan buruk seperti merokok.

Polip Usus

Masalah kesehatan yang menjadi penyebab buang air besar berdarah lainnya adalah polip usus. Poilip merupakan pertumbuhan jaringan di dinding usus yang menjorok kea rah lumen usus.

Polip biasanya bersifat jinak, namun bisa menyebabkan perdarahan pada saluran cerna. Apabila dibiarkan terus-menerus, perdarahan ini bisa berakibat fatal. Ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko terjadinya polip usus, seperti:

- Berusia 50 tahun atau lebih

- Peradangan pada usus

- Seseorang berisiko lebih tinggi untuk mengalmi polip usus atau kanker usus bila terdapat orang tua, saudara kandung, atau anak yang juga mengalami kondisi tersebut

- Merokok atau mengonsumsi alkohol

- Obesitas dan aktivitas fisik yang rendah

- Mengalami diabetes mellitus tipe 2 disertai kadar gula darah yang tidak terkendali

4 dari 6 halaman

Penyebab Buang Air Besar Berdarah: Ulkus Lambung dan Kolitis

Ulkus Lambung

Penyebab buang air besar berdarah lainnya adalah ulkus lambung. Ini merupakan kondisi luka yang terjadi pada dinding lapisan dalam lambung yang menyebabkan nyeri pada ulu hati setelah makan, mual, dan perdarahan saat buang air besar yang ditunjukkan lewat feses berwarna gelap.

Penyebab ulkus lambung pun beragam, di antaranya meningkatnya asam lambung karena merokok, stres, faktor genetik, dan juga disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.

Kolitis

Kondisi ini merupakan salah satu penyebab buang air besar berdarah yang paling sering terjadi. Kolitis merupakan peradangan yang terdapat pada usus. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi serta pola makan yang tidak teratur.

5 dari 6 halaman

Warna Darah Berkaitan dengan Lokasi Perdarahan

Berdarah saat buang air besar bisa diketahui penyebabnya berdasarkan warna darahnya. Warna yang terdapat pada tinja dikaitkan dengan lokasi perdarahan yang terjadi di saluran pencernaan.

Apabila warna darah cenderung merah cerah, menandakan perdarahan terjadi di sekitar anus. Sedangkan warna tinja merah tua, menandakan perdarahan di usus besar.

Pada warna tinja yang berubah menjadi merah kehitaman, menandakan adanya perdarahan di usus kecil, lambung, dan saluran cerna atas lainnya. Oleh karena itu, apabila kamu merasa tinja tidak seperti biasanya, perlu segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Hal ini diperlukan untuk mengetahui penyebab buang air besar berdarah dan solusinya. Dokter akan mengumpulkan data riwayat penyakit yang dialami, menilai faktor risiko yang dialami, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Buang Air Besar Berdarah

Setelah mengetahui penyebab buang air besar berdarah, berikut ada beberapa cara mengatasinya. Penyebab buang air besar berdarah dan solusinya ini penting untuk segera dilakukan.

Mengatasi buang air besar berdarah tergantung dari banyaknya darah yang kleuar dan penyebab yang mendasarinya. Perlu dilakukan pengobatan guna mengatasi kekurangan darah atau anemia, menghentikan perdarahan, serta mencegah perdarahan kembali terjadi pada penderita.

Pada kondisi yang ringan, mungkin tidak memerlukan perawatan medis. Kamu bisa melakukannya di rumah seperti:

- Berendam di air hangat

- Hindari duduk di toilet terlalu lama

- Konsumsi air putih yang cukup, sebanyak 8-10 gelas per hari

- Perbanyak konsumsi serat

- Hindari konsumsi alkohol

- Kompres sekitar anus dengan menggunakan kompres dingin untuk mengurangi rasa sakit

- Mandi dan membersihakn kulit sekitar anus setiap hari dengan benar

Apabila masalah buang air besar berdarah masih terus terjadi secara berkala, maka lebih baik lakukan konsultasi pada dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Menjaga pola makan dan gaya hidup menjadi salah satu cara mengatasi pendarahan saat buang air besar.