Sukses

5 Bahaya Bulu Mata Palsu Jika Tak Digunakan dengan Benar

Bahaya bulu mata palsu jika tidak digunakan dengan benar dapat membahayakan kesehatan mata dan daerah sekitarnya

Liputan6.com, Jakarta Bahaya bulu mata palsu harus diperhatikan oleh setiap wanita. Penggunaan bulu mata palsu memang dapat menambah kecantikan, apalagi memiliki bulu mata yang panjang dan lentik adalah idaman banyak wanita. Namun di balik manfaat tersebut terdapat risiko besar yang harus diwaspadai. 

Bulu mata palsu memiliki berbagai variasi, mulai dari tingkat ketebalan, ukuran panjang, hingga warnanya yang beragam. Sebagian orang mungkin tidak menggunakan bulu mata palsu setiap hari. Mereka hanya menggunakan untuk menghadiri acara-acara tertentu.

Bahaya bulu mata palsu bagi wanita jika tidak digunakan dengan benar dapat membahayakan kesehatan mata dan daerah sekitarnya. Jika asal dalam menggunakannya, kesehatan area mata bisa terganggu dan menimbulkan dampak yang serius.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (20/10/2019) tentang bahaya bulu mata palsu jika tidak digunakan dengan benar

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Iritasi

Bahaya bulu mata palsu yang pertama adalah terjadinya iritasi. Tak semua orang cocok dengan lem yang terdapat di bulu mata palsu. Lem tersebut bisa menyebabkan alergi, sehingga menimbulkan gatal. Tak hanya itu saja, terkadang muncul kemerahan usai menggunakan bulu mata palsu.

Mata gatal, nyeri, dan kemerahan setelah menggunakan bulu mata palsu merupakan tanda mata kamu mengalami iritasi. Jadi jika kamu mengalami berbagai gejala tersebut, segera konsultasi dengan dokter.

3 dari 7 halaman

Infeksi

Selain itu, bahaya bulu mata palsu selanjutnya adalah menyebabkan infeksi mata. Penggunaan bulu mata palsu dapat menyebabkan mata tegang. Jika ini berlangsung lama, maka akan menyebabkan terjadinya kelelahan pada mata. Hal ini tentunya akan semakin parah bila kamu tidak menjaga kebersihan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan infeksi pada kornea dan kelopak mata.

4 dari 7 halaman

Dermatitis

Masih terkait dengan lem yang digunakan, penggunaan bulu mata palsu juga dapat mengakibatkan dermatitis. Hal ini disebabkan oleh reaksi alergi terhadap jenis lem yang digunakan.

Pastikan tidak menggunakan lem yang mengandung formaldehid karena bahan kimia tersebut dapat menyebabkan reaksi alergi yang menyebabkan tersengat, terbakar, bengkak, dan juga bisa mengakibatkan ruam di kemudian hari.

5 dari 7 halaman

Hilangnya Bulu Mata

Terlepas dari infeksi dan alergi, kamu akan kehilangan bulu mata sementara atau permanen. Bulu mata palsu pun bisa merusak folikel bulu mata asli.

Karena itu, ada baiknya pikir dua kali sebelum menggunakan bulu mata palsu, karena untuk menumbuhkan kembali bulu mata asli butuh waktu lama. 

6 dari 7 halaman

Kebutaan

Bahaya bulu mata palsu jika tidak digunakan dengan benar juga dapat mengakibatkan kebutaan. Penggunaan bulu mata yang terlalu sering atau penyambungan bulu mata ini sangat berbahaya.

Walaupun jarang terjadi, kamu bisa mengalami kebutaan karena terjadinya infeksi baik di kelopak mata maupun kornea mata. Awalnya akan merasa sangat gatal, timbul kemerahan hingga berhari-hari sampai akhirnya hilangnya penglihatan.

7 dari 7 halaman

Cara Menghindari Bahaya Penggunaan Bulu Mata Palsu

Agar terhindar dari bahaya penggunaan bulu mata palsu, kamu dapat melakukan beberapa hal berikut:

- Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum merekatkan bulu mata palsu.

- Hindari menggunakan bulu mata palsu berulang.

- Hindari menggunakan bulu mata palsu terus-menerus selama lebih dari satu hari.

- Setelah menggunakan bulu mata palsu, kamu perlu membersihkan kelopak dan bulu mata menggunakan pembersih khusus untuk kosmetik mata.

- Hindari berbagi bulu mata palsu dan lemnya dengan orang lain.

- Untuk mendeteksi adanya alergi lem perekat bulu mata, oleskan dahulu lem pada lengan atau punggung tangan. Tunggu hingga 24 jam untuk melihat adanya reaksi alergi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini