Sukses

Gejala dan Cara Mengatasi Dehidrasi, Ampuh dan Efektif

Liputan6.com, Jakarta Gejala dan cara mengatasi dehidrasi tentunya dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan secepat mungkin. Dehidrasi dapat memengaruhi keseimbangan kadar garam, mineral, dan gula dalam darah, yang mengakibatkan fungsi tubuh akan terganggu.

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan terlalu banyak cairan atau tidak mendapatkan cukup air. Jika tidak segera ditangani, dehidrasi dapat menyebabkan efek yang berbahaya seperti kerusakan organ bahkan kematian.

Gejala dan cara mengatasi dehidrasi yang ampuh bisa diterapkan dengan berbagai cara. Selain minum air putih, sayur dan buah mengandung air, hingga minuman alami bisa mengatasi dehidrasi dengan efektif. Selain itu, dengan mengetahui gejala dehidrasi, kamu bisa segera mengatasinya dengan cepat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/10/2019) tentang gejala dan cara mengatasi dehidrasi yang ampuh dan efektif.

2 dari 6 halaman

Gejala Dehidrasi

Efek yang bisa kamu alami saat dehidrasi bisa sangat beragam. Secara umum, kondisi dehidrasi dapat dibagi menjadi 3 tingkat dengan gejalanya yang berbeda-beda seperti berikut:

Dehidrasi Ringan

Kondisi yang pertama adalah dehidrasi ringan. Pada dehidrasi ringan, tubuh kehilangan cairan hingga 2 persen dari berat badan. Berikut gejalanya:

- Selalu haus

- Merasa tidak nyaman

- Kehilangan nafsu makan dan timbul rasa mual

- Kesulitan dalam melakukan aktivitas fisik

Dehidrasi Sedang

Sedangkan pada kondisi dehidrasi sedang, tubuh mengalami kehilangan cairan hingga 5 persen dari berat badan. Dengan gejala sebagi berikut:

- Sulit berkonsentrasi

- Pusing dan lemas

- Kesulitan bernapas saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat

- Kesulitan mengatur suhu tubuh

 

3 dari 6 halaman

Dehidrasi Berat

Sedangkan, dehidrasi berat menyebabkan tubuh kehilangan 8 persen cairan dari berat badan. Biasanya dehidrasi berat menunjukkan gejala sebagai berikut:

- Kram otot

- Kebingungan dan kurangnya kesaradan terhadap lingkungan (delirium)

- Turunnya volume darah yang diedarkan ke seluruh tubuh

- Gagal ginjal

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Dehidrasi dengan Sayur dan Buah Mengandung Air

Seperti yang telah banyak diketahui, cara mengatasi dehidrasi yang paling mudah dan efektif tentunya adalah dengan banyak minum air putih. Apalagi mendapatkan air putih tidak begitu sulit.

Selain minum air putih, ada beberapa cara mengatasi dehidrasi yang tidak kalah ampuh dan efektif, diantaranya adalah:

Sayur dan Buah Mengandung Air

Tidak hanya dengan minum air atau cairan lain, saat dehidrasi menyerang, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan seperti sayuran dan buah-buahan. Berbagai jenis buah dan sayur yang mengandung banyak air adalah semangka, stroberi, melon, nanas, jeruk, timun, selada, seleri, paprika, dan bayam.

Kandungan air dalam makanan dibutuhkan untuk menggantikan jumlah cairan yang ada dalam tubuh yang akan diambil setiap hari. Minum jus, air ataupun cairan yang mengandung kalori lainnya dapat membantu menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi sehingga dapat memberikan energi pada tubuh.

Ketika tubuh sudah merasa lebih baik dan nafsu makan sudah kembali seperti semula, jagalah keseimbangan makanan padat dan minuman agar tubuh dapat menerima nutrisi dan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Dehidrasi dengan Minuman Rasa Alami

Selain itu, kamu juga bisa mengatasi dehidrasi dengan minuman rasa alami. Cobalah untuk minum minuman yang berasa dengan menambahkan potongan buah seperti lemon, jeruk nipis, irisan jeruk, atau membuatnya menjadi jus.

Alternatif lain yang bisa digunakan untuk menggantikan asupan cairan yaitu, jus buah murni, minuman berkarbonasi namun bebas kafein, minuman rasa buah, minuman herbal, air kaldu.

6 dari 6 halaman

Cara Lainnya

Selain menggunakan makanan dan minuman, kamu juga bisa menggunakan berbagai cara lainnya dalam mengatasi dehidrasi, seperti berikut:

- Oleskan lip balm pada bibir yang kering.

- Kurangi penyebab dehidrasi seperti muntah, diare, atau demam.

- Tempelkan kain basah pada tubuh terutama pada leher, wajah, punggung, dada ataupun perut.

- Letakkan pendingin, es, dan minuman sehat dengan jarak yang dekat supaya tubuh mendapatkan kondisi yang lebih nyaman.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Makanan dan Minuman Penyebab Dehidrasi, Perhatikan Sebelum Konsumsi