Sukses

5 Manfaat Mangga untuk Kecantikan Kulit Wajah, Mudah Diterapkan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat mangga untuk kecantikan kulit wajah tidak kalah penting dibandingkan dengan manfaat kesehatannya. Mangga dapat menjadi salah satu alternatif yang sangat baik dalam menjaga kecantikan kulit wajah.

Mangga mengandung banyak vitamin, terutama vitamin C dan vitamin E. Selain itu mangga juga mengandung mineral yang penting bagi tubuh. Belum lagi kandungan serat alaminya yang baik untuk pencernaan.

Manfaat mangga untuk kecantikan kulit wajah bisa didapatkan dengan mengonsumsinya atau dengan mengoleskannnya ke kulit. Dengan harga yang murah dan mudah ditemukan di Indonesia, tentunya mangga menjadi alternatif perawatan wajah yang bisa dicoba.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat mangga untuk kecantikan kulit wajah dari berbagai sumber, Senin (21/10/2019).

2 dari 6 halaman

Menjadikan Kulit Bercahaya

Manfaat mangga untuk kecantikan kulit wajah yang pertama adalah menjadikan kulit bercahaya. Mangga merupakan buah yang dipercayai dapat mengurangi noda hitam pada wajah.

Tak hanya noda hitam, bahkan jerawatpun kalah melawan vitamin A yang terkandung dalam buah mangga sehingga kulit menjadi putih dan halus. Vitamin A dan beta karoten dalam buah mangga membantu proses regenerasi dan meremajakan kulit.

3 dari 6 halaman

Mengatasi Komedo

Selain itu, mangga juga bermanfaat dalam mengatasi komedo. Namun bukan dengan mengonsumsinya, kamu bisa menggunakan mangga untuk mengatasi komedo dengan membuatnya menjadi scrub.

Caranya siapkan scrub buah mangga dengan mencampurkan satu sendok teh daging buah mangga yang sudah dilumatkan, setengah sendok teh susu cair atau susu bubuk, dan sedikit madu. Gosokkan ke seluruh wajah dengan gerakan melingkar. Scrub ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan komedo.

4 dari 6 halaman

Mengatasi Keriput

Manfaat mangga untuk kecantikan kulit wajah selanjutnya adalah untuk mengatasi tanda-tanda penuaan. Antioksidan yang terkandung dalam buah mangga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan pigmentasi. Selain itu juga berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya.

Mangga mengandung banyak antioksidan dan kolagen yang bisa membuat kulit kenyal dan halus serta membuat kulit kencang. Secara otomatis mangga juga bisa mencegah penuaan dini karena efek antioksidan yang menjaga kulit dari radikal bebas dan menutrisi kulit dengan kolagen yang membuat kulit nampak awet muda dan kencang.

5 dari 6 halaman

Mengatasi Belang karena Terbakar Matahari

Selanjutnya, mangga juga bermanfaat dalam mengatasi belang karena terbakar matahari. Kamu bisa menggunakan mangga untuk mengembalikan warna asli kulit. Buah ini punya komponen mendinginkan dan memutihkan alami dan menutrisi kulit yang terbakar matahari.

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam mangga akan menyediakan nutrisi penting untuk mengembalikan kondisi kulit yang terbakar matahari. Jika kulit terbakar matahari, kamu bisa memanfaatkan kulit mangga yang sudah matang untuk mengobatinya.

Caranya dengan menggosokkan bagian dalam kulit mangga ke wajah dan tangan. Cuci bersih dengan air dingin setelah didiamkan 10 sampai 15 menit. Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali atau tiga kali seminggu untuk hasil maksimal. Lengkapi dengan konsumsi rutin mangga untuk mempercepat pemulihan sel kulit dari dalam.

6 dari 6 halaman

Masker Kulit Sensitif

Manfaat mangga untuk kecantikan kulit wajah berikutnya adalah sebagai masker untuk kulit sensitif. Kamu bisa membuat masker wajah dengan mencampur daging buah mangga yang sudah dihaluskan, oatmeal, susu, dan madu.

Cuci wajah dengan air dingin, lalu tepuk-tepuk hingga kering kemudian oleskan masker ini pada kulit wajah. Cuci bersih dengan air dingin setelah didiamkan selama 15 menit. Wajah akan menjadi lebih segar, halus, tanpa reaksi alergi.

Loading
Artikel Selanjutnya
9 Manfaat Biji Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui