Sukses

Mengenal Macam-macam Kebutuhan Manusia dan Contohnya dalam Kehidupan

Liputan6.com, Jakarta Ada macam-macam kebutuhan manusia dalam kehidupan. Kebutuhan manusia merupakan hal yang harus atau sangat ingin dipenuhi guna bertahan hidup atau hanya sekedar untuk memuaskan suatu hasrat yang muncul.

Macam-macam kebutuhan manusia digolongkan menjadi lima bagian, yaitu kebutuhan yang terkait dengan masalah intensitas, waktu, sifat, dan subjek. Setiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda satu sama lainnya.

Karena berguna untuk kelangsungan hidup setiap orang, penting untuk memahami masing-masing dari macam-macam kebutuhan manusia ini. Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber penjelasan dari macam-macam kebutuhan manusia berserta contohnya dalam kehidupan, Senin (21/10/2019).

2 dari 6 halaman

Macam-macam Kebutuhan Menurut Intensitas

Macam-macam kebutuhan manusia yang pertama adalah kebutuhan berdasarkan intensitasnya. Kebutuhan ini dipandang dari mendesak atau tidaknya suatu kebutuhan.

Kebutuhan menurut intensitas atau tingkat kepentingannya ini terbagi menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Berikut penjelasan dari masing-masing kebutuhan manusia menurut intensitasnya.

Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan utama atau kebutuhan pokok yang pertama harus segera dipenuhi untuk bisa bertahan hidup. Kata primer berasal dari kata primus, yang berarti pertama.

Kebutuhan primer muncul secara alami atau biasa disebut sebagai kebutuhan alamiah. Contoh dari kebutuhan primer terdiri atas pangan, sandang, dan papan atau makanan, pakaian, dan rumah.

Bisa dibayangkan tanpa terpenuhi segera kebutuhan akan makanan, pakaian, dan rumah akan membuat manusia mengalami masalah-masalah.

Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan berdasarkan intensitas selanjutnya adalah kebutuhan sekunder. Kebutuhan ini merupakan kebutuhan kedua yang perlu dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kata sekunder berasal dari kara scundus, yang berarti kedua.

Kebutuhan sekunder timbul setelah kebutuhan primernya tercukupi. Kebutuhan sekunder untuk setiap orang berbeda-beda. Tergantung dari penghasilan yang didapatnya.

Contoh dari kebutuhan sekunder seperti meja, kursi, lemari, sepatu, tas, buku, pensil, televisi, radio, tempat tidur, kendaraan, dan lain sebagainya. Pentingnya memenuhi kebutahan sekunder ini untuk mengaktualisasikan dirinya sebagai makhluk sosial yang berbudaya.

Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan ketiga yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kata tersier berasal dari kata teritius dengan arti ketiga. Kebutuhan tersier disebut juga sebagai kebutuhan mewah atau lux.

Kebutuhan ini umumnya dipenuhi oleh orang yang berpendapatan tinggi dan dilakukan untuk meningkatkan kebanggaan di mata masyarakat. Contoh dari kebutuhan tersier seperti pakaaian mewah, tas mewah, rumah mewah, bahkan memiliki kapal pesiar.

Pembagian-pembagian kebutuhan berdasarkan intensitas ini ditentukan oleh kondisi masing-masing orang di suatu wilayah. Misalnya saja bagi penduduk suatu daerah atau negara yang masih tertinggal, akan menganggap kebutuhan motor atau mobil sebagai kebutuhan mewah.

3 dari 6 halaman

Macam-macam Kebutuhan Menurut Sifat

Kebutuhan menurut sifat termasuk ke dalam macam-macam kebutuhan manusia yang terdiri dari kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Berikut masing-masing penjelasannya.

Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh jasmani atau tubuh. Contoh dari kebutuhan jasmani biasanya dalam bentuk barang seperti pakaian, makanan, minuman, obat-obatan, vitamin, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada kebutuhan jasmani dalam bentuk jasa seperti kebutuhan rekreasi, mendengarkan musik, dan menonton televisi atau bioskop.

Kebutuhan Rohani

Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang diperlukan untuk rohani atau jiwa. Beberapa contoh kebutuhan rohani di antaranya seperti untuk menyegarkan pikiran, seseorang memerlukan hiburan.

Selain itu, untuk menguatkan iman, seseorang butuh siraman rohani berupa petunjuk dan nasihat keagamaan. Sedangkan untuk mencerdaskan pikiran dan meningkatkan keterampilan, seseorang memerlukan pendidikan.

4 dari 6 halaman

Macam-macam Kebutuhan Menurut Bentuk

Kebutuhan menurut bentuk termasuk ke dalam macam-macam kebutuhan manusia yang perlu terpenuhi. Kebutuhan bentuk ini terdiri atas kebutuhan material dan kebutuhan immaterial. Berikut masing-masing penjelasannya.

Kebutuhan Material

Kebutuhan material merupakan kebutuhan yang berbentuk benda material atau benda berwujud, seperti tas, makanan, rumah, pakaian, dan lain sebagainya.

Kebutuhan Immaterial

Kebutuhan immaterial merupakan kebutuhan yang berbentuk benda immaterial atau benda yang tak berwujud seperti nasihat ulama, penjelasan guru, hiburan, dan lain sebagainya.

5 dari 6 halaman

Macam-macam Kebutuhan Menurut Waktu

Kebutuhan menurut waktu terdiri atas kebutuhan sekarang dan kebutuhan masa depan. Berikut masing-masing penjelasan dan contohnya.

Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan sekarang merupakan kebutuhan yang pemenuhannya tidak dapat ditunda dan harus dipenuhi saat kebutuhan tersebut dirasakan. Contoh dari kebutuhan sekarang seperti kebutuhan makan bagi yang lapar dan kebutuhan akan obat bagi yang sakit.

Kebutuhan Masa Depan

Kebutuhan masa depan merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dapat ditunda karena baru dibutuhkan pada saat yang akan datang. Contoh dari kebutuhan masa depan seperti kebutuhan tempat tidur untuk anak bayi bagi ibu yang sedang hamil dan kebutuhan biaya kuliah bagi anak yang masih bersekolah.

Intinya, seseorang perlu mempersiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan masa depan, salah satu caranya dengan menabung.

6 dari 6 halaman

Macam-macam Kebutuhan Menurut Subjek

Terakhir, macam-macam kebutuhan manusia adalah kebutuhan menurut subjek. Kebutuhan ini tediri atas kebutuhan individu dan kebutuhan kualitatif/bersama.

Kebutuhan Individu

Kebutuhan individu merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi secara individu atau perorangan. Contoh dari kebutuhan ini seperti makan, minum, pakaian, sepatu, dan sikat gigi. Kebutuhan individu setiap orang berbeda-beda. Misalnya seorang pelajar akan butuh buku-buku pelajaran, pulpen, jangka, pensil dan sebagainya. Sedangkan seorang tukang kayu membutuhkan gergaji, palu, paku, bor, serut kayu, dan pensil untuk melakukan berbagai aktivitas pekerjaannya.

Kebutuhan Bersama

Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kepentingan bersama dan dilakukan secara bersama-sama. Kebutuhan bersama yang berwujud misalnya jalan, jembatan, listrik, dan angkutan umum.

Kebutuhan kelompok yang tidak berwujud misalnya keamanan, ketertiban, kebersihan umum, dan menang dalam pertandingan. Berbagai kebutuhan kelompok biasanya dilakukan secara umum, dengan jalan usaha bersama dan atau dibiayai oleh pemerintah dari uang hasil pajak.

Loading