Sukses

9 Tempat Wisata di Ubud yang Wajib Dikunjungi, Kombinasi Alam dan Budaya

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi memiliki keindahan alam dan kekayaan budaya yang tiada tara. Tidak heran banyak wisatawan luar negeri yang begitu gemar datang ke Bali, dan mengunjungi Ubud sebagai salah satu destinasi utama.

Daerah Ubud menawarkan berbagai destinasi wisata yang lengkap dan tidak dimiliki daerah lainnya. Budaya yang kental dan alam yang tenang dan membuat nyaman semakin memperkuat keinginan wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

Tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi terdiri dari wisata alam dan budaya. Berkunjung ke Ubud bagi banyak orang merupakan jaminan untuk mendapatkan kenyamanan dan ketenangan saat liburan baik bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/10/2019) tentang tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi.

2 dari 5 halaman

Wisata Alam

Bukit Campuhan

Tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi salah satunya adalah bukit campuhan. Bukit Campuhan atau yang biasa dikenal dengan Campuhan Ridge Walk ini menyuguhkan panorama alam yang sangat indah. Hamparan rumput hijau dan pepohonan bisa kamu nikmati dengan menyusuri jalan setapak yang panjangnya mencapai 2 kilometer. Biasanya wisatawan suka berjalan kaki, bersepeda, atau jogging untuk menikmati indahnya bukit Campuhan ini.

Selain itu, bukit Campuhan ini merupakan salah satu tempat untuk melihat sunrise terbaik di Bali. Untuk mendapatkan keindahan sunrise dari sini, kamu perlu datang pagi-pagi setelah subuh. Kamu juga bisa menyaksikan keindahan sunset yang tidak kalah bagusnya.

Jangan lupa untuk membawa bekal sendiri, ya. Karena di area ini tidak terdapat penjual makanan atau minuman. Selain itu, jangan membuang sampah di sembarang tempat karena lokasi ini merupakan tempat suci.

Monkey Forest Ubud

Monkey Forest Ubud merupakan salah satu tempat wisata di ubud yang wajib dikunjungi. Wisata Ubud yang satu ini merupakan kawasan hutan lindung dan di dalam hutan ini terdapat pura sakral umat Hindu Bali. Sebenarnya nama asli tempat wisata ini adalah Mandala Wisata Wenara Wana, namun lebih dikenal dengan nama Acred Monkey Forest Sanctuary.

Kamu akan merasakan udara yang sejuk serta pepohonan hijau yang tinggi. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah saat siang hari pukul 14.00. Soalnya para kera-kera sudah kenyang, karena telah mendapatkan makanan dari pengunjung yang sudah datang sebelumnya. Hal ini membuat sifat agresif kera menjadi sedikit berkurang.

Namun kamu tidak perlu takut para kera bersikap agresif, karena terdapat banyak petugas yang mengawasi kera-kera tersebut. Jadi pengunjung akan tetap merasa nyaman dari kera yang sedikit agresif.

3 dari 5 halaman

Wisata Alam dan Air

Sawah Terasering Tegalalang

Salah satu tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi ini memang sangat diminati oleh wisatawan karena letaknya yang berdekatan dengan objek wisata Bali lainnya seperti Goa Gajah, Tampak Siring, dan Kintamani, yaitu Sawah Terasering Tegalalang.

Memang, pemandangan sawah terasering Ubud ini tidak seluas seperti yang di Jatiluwih. Namun pemandangan sawah terasering di sini tidak kalah unik, karena lerengnya yang sangat miring. Agar tetap nyaman menikmati pemandangan sawah ini, kamu hanya perlu membeli makanan atau minuman di salah satu warung yang menghadap pemandangan terasering Ubud ini.

Arung Jeram Sungai Ayung

Kalau kamu ingin menguji adrenalin, Arung Jeram Sungai Ayung menjadi tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi. Arung jeram di sungai Ayung ini masuk ke dalam kategori kelas II dan III. Sehingga arung jeram ini cocok bagi pemula.

Terdapat panorama yang unik di sungai ini, karena adanya pohon-pohon kelapa yang menjulang, pepohonan di bukit, hingga sawah yang berundak. Tidak hanya itu, kamu akan dibawa melihat ukiran seniman Bali berupa relief Ramayana di tebing batu.

Air Terjun Kanto Lampo

Tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi juga memiliki banyak tempat air terjun, baik air terjun alami seperti Tegenungan dan air terjun buatan seperti Kanto Lampo. Air terjun Kanto Lampo ini merupakan air terjun buatan yang tidak sengaja terbentuk.

Saluran irigasi desa Beng setempat jebol yang menyebabkan dinding batuan bekas pengalian paras di bawahnya dialiri dengan air terjun yang deras. Karena kejadian itu, terbentuklah air terjun Kanto Lampo.

4 dari 5 halaman

Wisata Budaya dan Sejarah

Goa Gajah

Untuk melihat peninggalan sejarah di Bali, kamu bisa berkunjung ke Goa Gajah yang dulunya diperuntukkan sebagai tempat pertapaan para biksu Buddha di abad ke 13.Di salah satu tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi ini kamu akan melihat pohon-pohon berumur ratusan tahun yang menghiasi area pertapaan Goa Gajah yang sejuk dan asri.

Reruntuhan bangunan batu dan arca-arca yang tersebar di sini semakin membangkitkan suasana sakral. Salah satu spot yang sangat ikonik di sini adalah goa dengan pintu masuk berupa mulut dari Abrong yang diapit dengan dua patung penjaga.

Pura Taman Saraswati Ubud

Pura Taman Saraswati Ubud merupakan salah satu tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi. Pura Hindu yang diperuntukan untuk tempat memuja Dewi Saraswati. Di pura Taman Saraswati Ubud terdapat ukiran khas Ubud Bali, memiliki kolam bunga teratai, mengelilingi panggung pementasan tari Bali.

Salah satu jenis tari Bali yang dipentaskan adalah tari Kecak Bali. Saat ini, objek wisata pura Taman Saraswati Ubud sangat diminati oleh wisatawan muda yang suka upload foto di Instagram.

5 dari 5 halaman

Wisata Aktivitas

Pasar Kesenian Ubud

Pasar ini juga merupakan tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi. Terdapat beraneka ragam barang-barang kesenian atau kerajinan khas Bali yang jarang ditemui di tempat lain.

Selain berbelanja, wisata Ubud ini juga bisa dijadikan objek foto bagi kamu yang suka fotografi. Di sini kamu bisa menggunakan kerajinan-kerajinan yang dijual sebagai beackground untuk berswafoto.

Bali Swing Ubud

Salah satu aktivitas liburan dan menjadi tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi yang terkenal dan populer untuk foto instagram adalah wahana Bali swing. Di pulau Bali ada banyak lokasi untuk aktivitas Bali swing. Namun yang paling terkenal lokasinya ada di Ubud Bali.

Loading