Sukses

Cara Mengubah Warna Background Pas Foto dengan Microsoft Word, Mudah dan Praktis

Liputan6.com, Jakarta Pas foto merupakan kelengkapan penting untuk berbagai keperluan. Biasanya pas foto digunakan untuk melengkapi data diri pelamar kerja, pendaftaran sekolah, atau kelengkapan berkas penting lainnya.

Kini membuat pas foto makin mudah. Bahkan cukup dengan kamera ponsel, kamu sudah bisa memiliki pas foto yang tak kalah berkualitas dari pas foto di studio. Namun, seringkali kamu mungkin perlu mengganti warna background pas foto.

Bagi yang tak bisa mengoperasikan software desain, hal ini bisa jadi kendala. Kamu mungkin harus pergi ke tukang jasa edit foto, atau meminta bantuan teman yang bisa melakukannya. Namun, tak perlu khawatir, kini kamu bisa mengedit sendiri pas fotomu.

Tak perlu bisa menggunakan software desain, cukup dengan Microsoft Word, kamu bisa melakukannya. Microsoft Word bisa kamu manfaatkan untuk mengganti background pas fotomu. Tools yang digunakan pun cukup sederhana dan mudah digunakan bagi pemula sekalipun.

Berikut cara mengganti warna background pas foto di Microsoft Word, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(21/10/2019).

2 dari 6 halaman

Masukkan foto

Buka Microsoft Word, masuk pada tab Insert, lalu pilih opsi picture. Pilih foto yang akan di edit lalu klik insert. Klik gambar yang telah di insert. Ketika kamu melakukannya, kamu akan melihat tab "Format" di atas.

Pilih tab format, sebelum menghapus background, posisikan foto dengan tepat. Pilih opsi position lalu pilih Position in top center. Klik pula opsi Bring Forward aga foto terus berada di depan.

3 dari 6 halaman

Menghapus background

Setelah foto diposisikan, klik foto dan pilih opsi Remove Background pada tab format. Opsi ini berada di pojok kiri atas. Setelah opsi ini dipilih, Word akan mewarnai latar belakang gambar dengan warna magenta. Ini akan berlaku secara otomatis. Semua yang ada di magenta nantinya akan dihapus dari gambar. Ini adalah upaya Microsoft untuk mendeteksi secara otomatis latar belakang suatu gambar.

Sesuaikan titik background yang akan dihapus. pastikan warna magenta menutupi semua background yang akan dihapus. Seperti yang kamu lihat, Word tidak cukup canggih untuk secara akurat menyeleksi latar belakang pada sebagian besar gambar. Tapi, Word menyediakan dua tools untuk membantu kamu merapikannya.

4 dari 6 halaman

Merapikan area yang akan dihapus

Jika ada area yang tidak terseleksi dalam warna magenta, kamu bisa menyeleksinya secara manual. Caranya dengan memanfaatkan tools “Mark Areas to Keep” dan “Mark Areas to Remove”.

Jika kamu memilih tools “Mark Areas to Keep”, pointermu akan berubah menjadi pena yang memungkinkan kamu menyorot area gambar yang ingin kamu simpan (yang tidak ingin dihapus). Kamu dapat mengklik suatu area seperti rambut atau baju yang mungkin terkena sedikit warna magenta agar nantinya tidak terhapus. Kamu harus bereksperimen dengan foto dan penamu untuk menemukan yang terbaik. Saat kamu selesai menandai sesuatu, kamu dapat mengeklik di mana saja di luar gambar untuk melihat efeknya.

Jika kamu memilih “Mark Areas to Remove” pointermu juga akan berubah menjadi pena dan akan menandai area yang ingin kamu hapus. Klik area tertentu yang ingin kamu hapus, dan area tersebut akan berubah menjadi magenta. Klik di luar gambar kapan saja untuk memeriksa hasilnya.

Setelah kamu puas dengan hasil editanmun, kamu bisa klik tombol "Keep Changes" pada tab "Background Removal". Kini Background yang kamu tandai akan terhapus dan siap diganti dengan warna lain.

5 dari 6 halaman

Memberi warna background

Setelah background hilang, langkah selanjutnya adalah memberi warna baru. Caranya pilih Insert, pilih Shape, lalu pilih rectangle. Lalu arahkan pada lembar kerja, masukkan rectangle di dalam foto tadi.

Untuk menentukan warna, kamu bisa mengaturnya pada bagian Shape Styles, pilih warna sesuai background yang kamu inginkan. Satukan background dengan foto hingga membentuk sebuah pas foto. Setelah selesai, kamu bisa menyimpannya dalam bentuk JPG.

6 dari 6 halaman

Cara menyimpan hasil pas foto di Word

Setelah selesai mengedit, kamu perlu menyimpannya dalam bentuk JPG. Microsoft Word memang hanya mendukung format teks, namun dengan trik tertentu, kamu bisa menyimpan fotomu dari Word dalam format JPG.

Caranya dengan klik foto, lalu tekan Ctrl pada keyboard. Arahkan kursor pada shape background, hingga kursor berubah menjadi ikon (+). Kemudian, klik kanan lalu pilih opsi Group.

Lalu, klik gambar yang sudah di Group atau digabungkan. Klik Ctrl+x atau opsi Cut. Gambar akan hilang, untuk menampilkannya lagi, klik kanan lalu pilih opsi "paste picture. Bisa juga klik opsi paste pada pojok kiri atas.

Gambar kemudian akan muncul dengan background dan foto yang benar-benar menyatu. Pada langkah ini foto sudah dapat disimpan. Klik kanan lalu pilih opsi "Save as Picture.." pilih format gambar, bisa JPG atau PNG. Pilih sesua kebutuhanmu. Setelah itu klik save. Pas foto dengan warna background baru sudah dapat kamu miliki.

Kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk menghapus background gambar lain. Ada banyak alasan mengapa kamu mungkin ingin menghapus latar belakang dari suatu gambar. Mungkin kamu ingin fokus pada satu orang atau objek tertentu tanpa latar belakang yang menghalangi, atau kamu ingin mengganti background menjadi gambar yang lebih menarik.

Loading