Sukses

Macam-Macam Penyakit Kulit yang Rentan Diderita Anak, Waspadai

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam penyakit kulit bisa menyerang siapa saja. Anak termasuk yang rentan mengalami macam-macam penyakit kulit. Anak-anak dapat mengalami banyak kondisi kulit yang sama seperti orang dewasa. Aktivitas yang aktif dan paparan kuman membuat anak lebih berisiko mengalami satu dari macam-macam penyakit kulit.

Macam-macam penyakit kulit bisa disebabkan banyak faktor. Gangguan kulit sangat bervariasi dalam gejala dan keparahan. Macam-macam penyakit kulit dapat bersifat sementara atau permanen. Kondisi ini bisa tidak menyakitkan atau menyakitkan.

Beberapa penyakit kulit dapat dengan mudah disembuhkan. Namun, beberapa lagi memerlukan perhatian khusus. Penyakit, alergi, infeksi dan suhu sering menjadi penyebab di balik macam-macam penyakit kulit anak-anak. Mengetahui penyebab suatu penyakit kulit dapat menentukan perawatan yang tepat.

Berikut macam-macam penyakit kulit yang rentan dialami anak, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(21/10/2019).

2 dari 7 halaman

Cacar air

Cacar air merupakan macam-macam penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi virus Varicella-zoster (VZV). Cacar air juga dikenal sebagai varicella ditandai dengan lepuh merah gatal yang muncul di seluruh tubuh. Virus ini rentan menyerang anak di bawah usia 12 tahun.

Cacar air adalah salah satu penyakit paling menular. Orang yang belum pernah menderita cacar air dan belum pernah divaksinasi berisiko paling tinggi terinfeksi. Biasanya, seseorang hanya bisa mengalami satu kali infeksi cacar air. Sangat jarang seseorang mengalami infeksi cacar air lebih dari sekali. Cacar air umumnya ringan, terutama pada anak-anak. Tetapi dalam kasus yang parah, lepuh dapat menyebar ke hidung, mulut, mata, dan bahkan alat kelamin.

Infeksi biasanya ada di tubuh selama sekitar tujuh hingga 21 hari sebelum ruam dan gejala lainnya timbul. Pada saat itu, cacar air mulai menular kepada orang-orang sekitar hingga 48 jam sebelum ruam kulit mulai terjadi. Gejala yang umum dirasakan bisa berupa demam, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, dan mulai muncul ruam merah berisi cairan.

3 dari 7 halaman

Ringworm

Ringworm pada anak bisa disebabkan oleh jamur yang hidup dari kulit mati, rambut, dan jaringan kuku. Ini dimulai sebagai bercak merah, bersisik atau benjolan. Kemudian muncul cincin merah gatal. Cincin memiliki batas terangkat, lepuh, atau bersisik.

Ringworm ditularkan melalui kontak kulit dengan orang atau binatang. Anak-anak juga bisa mendapatkannya dengan berbagi hal-hal seperti handuk atau perlengkapan olahraga. Siapa pun dapat mengembangkan ringworm. Namun, infeksi macam-macam penyakit kulit ini sangat umum di kalangan anak-anak dan orang yang memiliki kucing atau anjing.

4 dari 7 halaman

Biang Keringat

Biang keringat sering terjadi pada bayi. Biang keringat biasa ditemui di kepala, leher, dan bahu bayi. Kondisi ini juga memengaruhi orang dewasa terutama selama cuaca panas dan lembab. Ruam panas terjadi ketika pori-pori tersumbat (saluran keringat) menjebak keringat di bawah kulit.

Gejala macam-macam penyakit kulit ini berkisar dari lepuh superfisial hingga benjolan merah dalam. Beberapa bentuk biang keringat akan terasa gatal atau sangat gatal. Biang keringat biasanya hilang dengan sendirinya. Bentuk yang parah dari kondisi ini mungkin memerlukan perawatan medis, tetapi cara terbaik untuk meredakan gejala adalah dengan mendinginkan kulit dan mencegah keringat.

5 dari 7 halaman

Campak

Campak adalah infeksi pada masa kanak-kanak yang disebabkan oleh virus. Dulu infeksi ini sangat umum, namun, kini sudah ada vaksin yang dapat mencegahnya. Tapi penting untuk mewaspadai penyakit kulit satu ini. Jika campak tidak diobati, campak dapat menyebabkan komplikasi seperti infeksi telinga, pneumonia, dan ensefalitis (radang otak).

Campak atau Rubeola adalah infeksi yang disebabkan oleh virus yang tumbuh di sel-sel yang melapisi tenggorokan dan paru-paru. Macam-macam penyakit kulit ini adalah penyakit yang sangat menular yang menyebar melalui udara setiap kali seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin. Gejala campak dapat berupa demam, batuk, dan pilek. Ruam kulit adalah ciri khas penyakit ini.

6 dari 7 halaman

Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah ruam merah dan gatal yang disebabkan oleh kontak langsung dengan suatu zat atau reaksi alergi terhadapnya. Kulit beberapa anak bereaksi setelah menyentuh makanan, sabun, benda atau tanaman tertentu. Ruam biasanya muncul dalam 48 jam setelah kontak kulit.

Dalam kasus parah, kondisi macam-macam penyakit kulit ini dapat menyebabkan bengkak, kemerahan, dan lepuh yang lebih besar. Ruam ini biasanya hilang dalam satu atau dua minggu tetapi dapat diobati dengan krim anti-inflamasi seperti hidrokortison.

7 dari 7 halaman

Fifth Disease

Fifth Disease atau Penyakit kelima adalah penyakit virus yang sering mengakibatkan ruam merah pada lengan, kaki, dan pipi. Penyakit ini memberi efek merah pada pipi seperti bekas tamparan. Karena alasan ini, kondisi ini juga dikenal sebagai "penyakit menampar pipi."

Macam-macam penyakit kulit ini disebabkan oleh Parvovirus B19. Fifth Disease merupakan penyakit menular dan biasanya hilang alam beberapa minggu. Penyakit kelima dimulai dengan gejala mirip flu. Penyakit ini diobati dengan istirahat, cairan, dan penghilang rasa sakit.

Fifth Disease ditularkan melalui sekresi pernapasan, seperti air liur atau dahak. Cairan ini biasanya diproduksi dengan pilek dan bersin, yang merupakan gejala awal. Inilah sebabnya mengapa Fifth Disease dapat ditularkan dengan begitu mudah dan begitu cepat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Macam-macam Penyakit Kulit, Pencegahan, dan Cara Mengatasinya