Sukses

7 Bus Wisata Jakarta Gratis, Dilengkapi Info Rute Terbarunya

Liputan6.com, Jakarta Bus wisata Jakarta bisa dimanfaatkan untuk berkeliling ibu kota. Jakarta memiliki banyak destinasi wisata yang selalu jadi daya tarik untuk dikunjungi. Mulai dari budaya, sejarah, kuliner, hingga belanja. Jakarta tak pernah rehat dari keramaian. 

Salah satu cara mudah mengakses tempat-tempat wisata ini adalah dengan menggunakan bus wisata Jakarta. Pemerintah kota Jakarta pun memfasilitasi akses pariwisata ini dengan Bus wisata Jakarta yang diberi nama bus Jakarta Explorer.

Bus wisata Jakarta ini dikelola oleh PT Transportasi Jakarta atau yang biasa dikenal dengan TransJakarta. Ada 7 rute Bus wisata Jakarta Explorer dengan beragam destinasi. Jadwal dan rute bus wisata Jakarta juga terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Bus ini dapat dinaiki gratis untuk mengelilingi beragam landmark di kota Jakarta. Bus wisata ini juga dilengkapi dengan audio yang menjelaskan latar belakang dari lokasi-lokasi yang disinggahi. Ada juga bus attendant (OnBoard) yang juga dapat memberikan penjelasan mengenai ikon–ikon kota Jakarta yang dilewati.

Berikut 7 rute terbaru bus wisata Jakarta yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin(21/10/2019).

2 dari 8 halaman

Rute Sejarah Jakarta (History of Jakarta)

Rute bus wisata Jakarta yang pertama melayani rute ke tempat-tempat bersejarah di Jakarta. Tempat bersejarah ini meliputi Museum Nasional, Gedung Arsip, Museum BI, Monas, dan landmark sejarah lainnya.

Rute ini meliputi IRTI - Balai Kota - Monumen Nasional - Gedung Arsip - Museum BI - BNI 46 - Masjid Jami Kebon Jeruk - Juanda - Monas 2.

Bus wisata sejarah Jakarta ini dapat diakses dari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore. Sementara pada hari Minggu, kamu dapat berkeliling dengan bus ini dari pukul 9 pagi hingga pukul 7 malam.

3 dari 8 halaman

Jakarta Baru (Jakarta Modern)

Rute bus wisata Jakarta yang kedua adalah Jakarta Baru atau Jakarta Modern. Rute ini mengajak wisatawan ke tempat-tempat modern yang ada di Jakarta seperti Sarinah, Plaza Indonesia, Menara Topas, Pasar Baru dan lainnya. Dengan bus ini kamu bisa menikmati suasana metropolitan Jakarta modern.

Rute dari bus Jakarta Modern meliputi Monumen Monas 1 - Monas 2 - IRTI - Balai Kota - Sarinah 1 - Plaza Indonesia - Menara Topas - Museum Nasional - Pecenongan - Pasar Baru - Juanda.

Bus Jakarta Modern tersedia Senin sampai Sabtu dari pukul 10 pagi hingga 6 sore. Sedangkan pada hari Minggu bus beroperasi pada pukul 12 siang hingga pukul 7 malam.

4 dari 8 halaman

Kesenian dan Kuliner (Art and Culinary)

Rute yang ketiga akan membawa kamu berkeliling ke pusat kesenian dan kuliner. Lokasi yang dilewati bus ini seperti pasar baru, balai kota, dan Monas. Dengan bus ini kamu dapat menikmati suasana kesenian dan nikmatnya kuliner khas Jakarta.

Rute bus yang diambil antara lain adalah Monas 2 - IRTI - Balai Kota - Museum Nasional - Gedung Arsip - Museum BI - BNI 46 - Masjid Kebon Jeruk - Masjid Kebon Jeruk - Pasar Baru - Juanda.

Bus wisata Art and Culinary tersedia hanya pada hari Sabtu pukul 10 pagi hingga 11 malam. Dengan bus ini kamu bisa menikmati Jakarta di siang dan malam hari.

5 dari 8 halaman

Pencakar Langit (Jakarta Skyscrapers)

Jakarta Skyscrapers akan membawa kamu menikmati pengalaman berkeliling melewati gedung-gedung pencakar langit ala ibu kota. Suasana kota Jakarta penuh hiruk pikuk dan gedung-gedung yang menjulang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Rute yang diambil bus ini adalah Monas 1 - Monas 2 - IRTI - Balai Kota - Sarinah - Tosari - Sudirman - GBK - Dukuh Atas - Tosari - Plaza Indonesia - Sarinah - Museum Nasional - Pecenongan - Pasar Baru/GKJ - Juanda/Istiqlal.

Bus wisata Jakarta Skyscrapers beroperasi tiap Senin sampai Sabtu pada pukul 10 pagi hingga 6 sore. Sedangkan di hari Minggu, bus beroperasi pada pukul 12 siang hingga 7 malam.

6 dari 8 halaman

Ruang Terbuka (Jakarta Open Space)

Rute bus yang kelima adalah bus wisata Jakarta Open Space. Bersama rute ini kamu akan dibawa menuju tempat-tempat yang memiliki ruang terbuka di ibu kota. Rute yang dilayani dengan bus ini meliputi Sarinah - IRTI - Balai Kota - Sarinah - Tosari - RPTRA Kalijodo - Tosari - Bundaran HI.

Rute bus Jakarta Open Space dilayani dengan jadwal Senin sampai Jumat pukul 10 pagi hingga 6 sore. Tiap Sabtu mulai pukul 10 pagi hingga 11 malam. Sedangkan pada hari minggu dilayani dari pukul 12 siang hingga 7 malam.

7 dari 8 halaman

Cagar Budaya Jakarta (Jakarta Heritage)

Selain wisata sejarah, dengan bus wisata Jakarta kamu dapat mengunjungi tempat-tempat cagar budaya. Bus wisata Jakarta Heritage siap mengantarkanmu menuju tempat cagar budaya Jakarta yang penuh nilai sejarah.

Rute ini melayani perjalanan dari Monas 1 - IRTI - Balai Kota - Sarinah - Tosari - Maqom Mbah Priok - Tosari - Bundaran HI - Sarinah - Juanda. Kamu dapat menikmati wisata cagar budaya dengan bus wisata ini pada Sabtu dan Minggu pukul 10 pagi hingga 9 malam.

8 dari 8 halaman

Belanja Jakarta (Jakarta Shopping)

Ke Jakarta tak lengkap jika tak mengunjungi pusat perbelanjaan. TransJakarta ternyata juga memiliki rute yang bisa mengajakmu berkeliling ke tempat-tempat perbelanjaan yang terkenal di Jakarta.

Rute bus Jakarta Shopping mealayni perjalanan mulai Sarinah - IRTI - Balai Kota - Sarinah 1 - Wisma Nusantara - Tosari 1 - Dukuh Atas 3 - Karet Sudirman 1 - Lap. Panahan - Plaza Sentral - Istora Senayan - Plaza Senayan - Senayan City - Karet Sudirman 2 - Dukuh Atas 4 - st Sudirman 2 - Tosari 2 - Plaza Indonesia.

Jadwal Bus wisata Jakarta Shopping tersedia dari Senin sampai Jumat pukul 10 pagi hingga 6 sore, Sabtu dari pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Loading