Sukses

6 Bahaya Kekerasan Verbal Bagi Psikologis Anak, Begini Penjelasan Ahli

Bahaya kekerasan verbal ternyata lebih berbahaya dari kekerasa fisik.

Liputan6.com, Jakarta Ternyata bentuk kekerasan tak hanya berupa kekerasan fisik, tapi juga dalam bentuk kekerasan verbal (ucapan) dan mental. Kekerasan verbal adalah kekerasan terhadap perasaan dengan menggunakan kata-kata yang kasar tanpa menyentuh fisiknya.

Tak hanya pada orang dewasa, kekerasan verbal ini juga sering dialami oleh anak-anak. Hal ini bisa berdampak pada kondisi emosional anak. Pelaku kekerasan verbal pada anak biasanya adalah orang dewasa atau bahkan orangtua sendiri.

Sebenernya kekerasan verbal kebanyakan dilakukan bukan karena niat jahat, melainkan tujuannya baik, untuk mendidik anak, hanya pemilihan katanya kurang tepat. Sering dianggap sepele, bahaya dari kekerasan verbal ini ternyata lebih bahaya dari kekerasa fisik.

Bahaya kekerasan verbal dapat membuat anak mengalami keterlambatan perkembangan, memicu komplikasi, bahkan kematian, seperti yang Liputan6.com lansir dari Health Space, Kamis (24/10/2019). Berikut 6 bahaya kekerasan verbal bagi psikologis anak yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mengubah perilaku anak

Salah satu bahaya yang ditimbulkan dari kekerasan verbal adalah dapat mengubah perilaku anak. Menyakiti orang lain mungkin menjadi pelarian dengan meniru kekerasan yang pernah dialaminya. Selain itu, biasanya anak-anak yang pernah menjadi korban bisa berpeluang tumbuh menjadi tukang bully juga.

3 dari 7 halaman

2. Kekerasan verbal bisa membuat anak selalu merasa bersalah

Kekerasan verbal meruntuhkan kepercayaan diri seseorang bahkan anak-anak, mereka merasa tidak dicintai dan dihormati. Anak akan merasa penasaran apa kesalahan yang telah dilakukan sampai harus menderita dan kesakitan batin. Dalam rasa putus asa mencari pelipur lara, dia akan merasa pantas mendapatkannya, dan terbiasa direndahkan dalam pergaulan.

4 dari 7 halaman

3. Meruntuhkan kepercayaan diri

Bahaya kekerasan verbal yang lain adalah menurunkan kepercayaan diri dari anak. Kata-kata yang pernah dilontarkan akan menghantuinya.

Pengalaman seperti itu bisa meruntuhkan kepercayaan diri seseorang. Anak kehilangan rasa hormat pada dirinya sendiri dan merasa dirinya tidak berharga.

5 dari 7 halaman

4. Sakitnya bertahan seumur hidup

Jika kamu mengalami sakit fisik, setelah sembuh kamu bisa melupakan rasa sakitnya. Tapi rasa sakit karena direndahkan dalam pekerjaan atau tidak dihargai akan sulit dilupakan. Kekerasan verbal menghasilkan sakit secara emosional yang menghantui seseorang sepanjang hidupnya.

Dampak yang muncul saat anak mengingat kejadian itu selalu akan memicu rasa sakit lagi meski sudah bertahun-tahun berlalu. Bahkan hal ini bisa merusak mental anak-anak. Bagi orang dewasa saja hal ini cukup sulit disembuhkan apalagi jika dialami sejak anak-anak.

6 dari 7 halaman

5. Tidak memiliki motivasi hidup

Anak yang menjadi korban kekerasan verbal mungkin akan terus-menerus gagal mengembangkan pandangan positif. Tidak semudah membalikan telapak tangan dan bilang ‘berpikir positif saja’ orang-orang yang mengalami kekerasaan verbal akan mudah down.

7 dari 7 halaman

6. Masalah kesehatan

Anak yang kerap menerima kekerasan verbal bisa mengalami depresi. Depresi mengarah pada perbuatan yang cenderung negatif, misal timbulnya kebiasaan makan terlalu banyak atau berhenti makan sama sekali.

Jangka panjangnya tentu akan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tulang, otot, dan organ vitalnya yang juga terganggu. Lambat laun, kondisi fisik anak akan semakin lemah seiring berjalannya waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.