Sukses

5 Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan, Lindungi Tubuh dari Penyakit

Ternyata daun pisang punya beragam manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Pisang merupakan buah tropis yang disukai oleh banyak orang. Pisang merupakan buah yang punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya daging buahnya, beberapa bagian dari pisang memiliki manfaat untuk kesehatan.

Salah satu di antaranya adalah daun pisang. Daun pisang (kering atau segar) ternyata memiliki segudang manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan menyembuhkan penyakit. Hal ini dikarenakan daun pisang memiliki kandungan zat tertentu yang mampu menjaga kesehatan tubuh.

Pada daun pisang kering mempunyai senyawa penting untuk menjaga kesehatan tubuh seperti polifenol (sebagai antioksidan), lignin, hemiselulosa, protein, dan allantoin. Selain itu, daun pisang juga memiliki efek astringen yang mampu menyembuhkan penyakit.

Untuk mendapatkan manfaat daun pisang untuk kesehatan, kamu bisa menggunakan daun pisang kering atau daun segarnya sebagai obat-obatan herbal. Berikut Liputan6.com, Kamis (24/10/2019) telah merangkum dari kanal drhealthbenefits lima manfaat daun pisang untuk kesehatan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Meningkatkan Sistem Kekabalan Tubuh

Daun pisang kering mengandung allantoin. Zat ini dikenal mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. Maka tak heran, daun pisang dapat menyembuhkan sakit tenggorokan dan demam.

Walaupun sedang tidak mengalami kondisi tersebut, kamu tetap bisa mengonsumsi air rebusan daun pisang sekali dalam sehari untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari berbagai gangguan masalah kesehatan.

3 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daun pisang untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan kulit. Kamu bisa menjadikannya sebagai masker untuk mendapatkan manfaat daun pisang untuk kulit.

Manfaat daun pisang untuk kesehatan ini diakibatkan oleh adanya kandungan allantoin dan antioksidan yang mampu mencegah tanda penuaan dini pada kulit (keriput dan bintik hitam), menyembuhkan iritasi kulit, mengurangi jerawat, dan menjaga kulit tetap lembap dan lembut.

Cukup mudah untuk membuat masker daun pisang. Daun pisang segar dihaluskan dengan diblender. Kemudian oleskan pada wajah atau seluruh bagian kulit tubuh. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih setelahnya.

4 dari 6 halaman

Mengurangi Selulit dan Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun pisang untuk kesehatan berikutnya adalah mampu mengurangi selulit dan menurunkan berat badan. Manfaat daun pisang ini bisa didapatkan lewat dua cara.

Pertama, menggunakan masker daun pisang yang dioleskan pada tubuh untuk mengurangi selulit dan menjaga kulit tetap sehat. Kedua, bungkus tubuh (peut, paha atas, atau lengan atas) dengan menggunakan daun pisang yang sudah dikukus selama 1 hingga 2 jam.

Setelah perawatan tubuh dengan daun pisang selesai, lanjutkan dengan konsumsi secangkir teh yang terbuat dari daun pisang dan jahe. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan diet rendah kalori dan olahraga.

5 dari 6 halaman

Melawan Radikal Bebas

Daun pisang kaya akan polifenol, merupakan sejenis antioksidan. Fungsi antioksidan untuk tubuh guna melawan banyak masalah yang disebabkan oleh radikal bebas. Zat ini dapat melawan radikal bebas, sehingga mencegah munculnya penyakit seperti Alzheimer, demensia, bahkan kanker.

Antioksidan yang tinggi pada daun pisang juga dikenal ampuh untuk mencegah tanda penuaan dini seperti kulit keriput dan kusam. Untuk merasakan manfaat daun pisang untuk kesehatan, kamu bisa mengonsumsi teh daun pisang sebanyak 1 hingga 3 kali dalam sehari.

6 dari 6 halaman

Mengobati Penyakit Disentri

Adanya zat allantoin dan polifenol pada daun pisang kering dapat mengurangi perdarahan usus yang menyebabkan penyakit disentri. Untuk mendapatkan manfaat daunn pisang, kamu bisa minum racikan dari daun pisang minimal sekali dalam sehari.

Adanya efek astringen juga mampu mengurangi nyeri lambung akibat aktivitas hiperperistaltik usus. Kamu bisa menjadikan ramuan daun pisang ini sebagai teman pendamping dari konsumsi obat penyakit disentri.

Karena daun pisang tidak mengganggu konsumsi obat yang telah diresepkan dokter. Jadi, pada penderita penyakit disentri berat bisa minum obat dan teh daun pisang secara bersamaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini