Sukses

6 Arti Tanda Putih di Kuku Bagi Kesehatan, Kenali Penyebabnya

Tanda putih di kuku memang terlihat sepele

Liputan6.com, Jakarta Arti tanda putih di kuku kerap dikaitkan dengan mitos tertentu. Banyak yang beranggapan jika ada tanda putih di kuku berarti seseorang sedang merindukanmu. Kepercayaan ini sama sekali tak dapat dibuktikan secara ilmiah. 

Faktanya, arti tanda putih di kuku dapat dijelaskan secara medis. Bercak atau tanda putih pada kuku dalam istilah medis disebut Leukonychia. Kondisi ini terjadi karena berbagai sebab. Leukonychia bisa berbentuk bintik putih, garis lurus, atau horizontal. Arti tanda putih di kuku bisa jadi bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan.

Arti tanda putih di kuku dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda. Arti tanda putih di kuku bisa menandakan kekurangan nutrisi, trauma, dan suatu penyakit. Arti tanda putih di kuku ini biasanya tidak berbahaya, dan sering terjadi karena aktivitas sehari-hari atau karena cedera ringan.

Berikut arti tanda putih di kuku yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis(24/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Arti Tanda Putih di Kuku: Trauma

Cedera pada lempeng kuku atau area tempat kuku tumbuh, yang dikenal sebagai matriks dapat menyebabkan kerusakan pada kuku. Jenis cedera ini sering terjadi pada anak-anak dan biasanya merupakan penyebab bintik-bintik putih pada kuku.

Jenis-jenis cedera yang dapat menyebabkan ini termasuk menggigit kuku, manikur, cedera kuku sehari-hari, alas kaki yang terlalu kecil yang menyebabkan tekanan abnormal pada kuku. Kebanyakan cedera kuku hanya perlu waktu untuk sembuh. Seiring waktu, bintik-bintik putih akan hilang seluruhnya.

3 dari 7 halaman

Arti Tanda Putih di Kuku: Keracunan dan obat-obatan

Beberapa bentuk keracunan atau pengobatan juga dapat menyebabkan leukonychia. Penyebab ini relatif jarang dan sering mengakibatkan leukonychia transversal. Keracunan dan pengobatan yang dapat menyebabkan area putih pada atau di bawah kuku termasuk:

- Keracunan logam berat dari logam, seperti timah dan arsenik

- perawatan kemoterapi untuk kanker, yang diberikan melalui mulut, injeksi, atau infus melalui kulit untuk mencoba dan membunuh sel-sel kanker atau menghentikan pembelahan

- sulfonamid, obat yang digunakan untuk infeksi bakteri, seperti infeksi kulit, septikemia, dan infeksi saluran kemih

4 dari 7 halaman

Arti Tanda Putih di Kuku: Kekurangan Mineral

Kekurangan seng

Seng adalah mineral yang digunakan tubuh untuk melawan infeksi dan memproduksi sel. Mineral ini penting untuk menyembuhkan luka dan membuat DNA. Beberapa peneliti mengklaim bercak putih pada kuku adalah hasil dari kekurangan seng.

Kekurangan protein

Jika tubuh tidak mendapatkan cukup protein, kerontokan sering terlihat pada kuku. Anda mungkin akan melihat garis putih horizontal yang memanjang melintasi dasar kuku, yang disebut garis Muehrcke. Mereka biasanya hilang ketika kadar protein kembali normal, meskipun dalam kasus yang jarang terjadi mereka juga dapat menunjukkan penyakit hati.

5 dari 7 halaman

Arti Tanda Putih di Kuku: Alergi dan jamur

Alergi terhadap cat kuku, kilau, pengeras, atau penghapus cat kuku dapat menyebabkan bintik-bintik putih pada kuku. Penggunaan kuku akrilik atau gel juga dapat merusak kuku dan dapat menyebabkan bintik-bintik putih ini. Berhentilah menggunakan cat kuku, gloss, atau produk kuku yang bisa menyebabkan kondisi ini.

Jamur juga dapat menjadi penyebab tanda putih pada kuku. Jamur kuku umum yang disebut onikomikosis superfisial putih dapat muncul di kuku kaki. Tanda pertama infeksi mungkin beberapa titik putih kecil pada kuku. Infeksi dapat tumbuh dan menyebar ke dasar kuku.

Kuku kaki mungkin tampak seperti serpihan dan kemudian menjadi tebal dan rapuh. Obat anti jamur oral adalah pengobatan yang paling umum, dan banyak dokter juga akan meresepkan pengobatan antijamur topikal.

6 dari 7 halaman

Arti Tanda Putih di Kuku: Penyakit sistemik

Menurut sebuah penelitian pada bulan April 2015 di Indian Dermatology Online Journal, adanya bintik-bintik putih atau bercak di alas kuku atau muncul ketika lempeng kuku yang tumbuh, itu lebih cenderung menjadi tanda masalah kesehatan sistemik yang serius.

Penyakit sistemik juga dapat menyebabkan kuku putih. Jika demikian, mereka adalah sinyal bahwa ada masalah di tempat lain di tubuh. Meskipun penyebab ini mungkin, kondisi ini sangat jarang dialami. Dokter kemungkinan akan mengeksplorasi sejumlah kondisi lain jika memiliki bintik-bintik putih yang menetap di kuku sebelum mempertimbangkan masalah yang lebih serius ini.

Penyakit yang dapat menyebabkan kuku putih termasuk:

- anemia defisiensi besi, kekurangan zat besi dalam tubuh

- sirosis hati, yang merupakan jaringan parut pada hati

- penyakit ginjal

- gagal jantung

- diabetes

- masalah dengan pencernaan protein

- hipertiroidisme, suatu tiroid yang terlalu aktif yang menghasilkan kadar hormon tiroid yang abnormal dalam tubuh

- psorias

- eksim

- pneumonia

7 dari 7 halaman

Penyebab genetik

Dalam kasus yang sangat jarang, kuku putih bisa menjadi kondisi genetik. Namun, ini biasanya hanya karena adanya sindrom yang langka dan kompleks, seperti:

- Sindrom Bart-Pumphrey, yang melibatkan masalah kuku dan masalah buku jari

- Sindrom Buschkell-Gorlin, yang melibatkan masalah kuku, kista kulit dan batu ginjal

- Sindrom Bauer, yang melibatkan masalah kuku dan kista kulit

- Penyakit Darier, yang melibatkan noda seperti kutil di berbagai bagian tubuh

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.