Sukses

Paket Wisata Ujung Kulon yang Menarik, Intip Pilihan Destinasinya

Liputan6.com, Jakarta Paket wisata Ujung Kulon bisa menjadi pilihan berlibur akhir tahun. Ujung Kulon merupakan kawasan taman nasional yang berada di Pandeglang, Banten. Ujung Kulon telah dinobatkan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

Taman Nasional Ujung Kulon menjadi destinasi menarik bagi para wisatawan. Banyak paket wisata Ujung Kulon yang ditawarkan untuk mempermudah menjelajah habitat asli badak Jawa ini. Paket wisata Ujung Kulon biasanya berisi destinasi dan akomodasi selama mengunjungi Ujung Kulon.

Dengan paket wisata Ujung Kulon, kamu bisa merencanakan liburan dengan lebih efisien. Paket wisata Ujung Kulon ini cocok bagi kamu yang memiliki waktu terbatas untuk liburan. Pilihan di paket wisata Ujung Kulon juga telah disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan.

Paket ini membuatmu tak repot lagi mengatur segala bentuk akomodasi selama berlibur. Berikut pilihan tujuan paket wisata Ujung Kulon yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis(24/10/2019).

2 dari 7 halaman

Paket wisata Ujung Kulon

Wilayah Ujung Kulon mencakupi hutan lindung yang sangat luas. Ada banyak ekosistem yang dapat dinikmati seperti hutan pantai, mangrove, rawa air tawar, padang rumput, dan hutan hujan tropis. Di kawasan ini kamu juga bisa melihat langsung satwa dilindingi seperti Badak Jawa, Owa Jawa, Surili, dan Anjing hutan. Ada pula satwa liar seperti banteng, rusa, babi hutan, muncak, pelanduk, merak, dan masih banyak lagi.

Paket wisata Ujung Kulon menawarkan berbagai destinasi menarik di taman wisata ini. Paket tersebut biasanya sudah meliputi akomodasi seperti transportasi, tiket masuk, dan pemandu wisata. Beberapa paket bahkan tersedia bersama penginapan dan konsumsi.

Paket ini juga tersedia dalam berbagai rentang waktu, seperti one day trip, paket 3 hari 2 malam, 2 hari 1 malam, dan masih banyak lagi waktu yang disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan.

Harga yang dipatok pun beragam sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Paket wisata ini biasanya berkisar mulai dari Rp 500.000 hingga lebih dari Rp 1000.0000.

3 dari 7 halaman

Gunung Honje

Salah satu destinasi yang kerap masuk dalam paket wisata Ujung Kulon adalah Gunung Honje. Memiliki ketinggian sekitar 620 mdpl dan luas 19500 hektar, Gunung Honje kerap dimanfaatkan sebagai area trekking. Gunung ini dikelilingi 19 desa penyangga.

Sebelum sampai ke Gunung Honje wisatawan biasanya diajak berkeliling desa Wisata Tamanjaya yang berada didekatnya. Di sini terdapat kampung nelayan Cibanua, Curug Paniis, dan sumber air panas Cibiuk. Di perjalanan ini pengunjung juga bisa mengamati Owa Jawa di Curug Cikacang.

4 dari 7 halaman

Pulau Peucang dan Padang Cidaon

Destinasi selanjutnya adalah Pulau Peucang. Pulau ini menjadi destinasi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pantai di Pulau Peucang memiliki karakteristik yang khas yaitu pasir putih dan hamparan yang luas. Objek wisata alam yang dapat dinikmati di pulau ini antara lain Tracking ke Karang Copong, Berenang, Snorkeling dan Menyelam.

Di pulau ini terdapat Padang Penggembalaan Cidaon tempat para hewan berkumpul untuk mencari makan. Satwa yang biasa terlihat di padang ini adalah banteng, merak, rusa, sapi, kerbau, dan babi hutan. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat badak bercula satu.

5 dari 7 halaman

Pulau Handeulum dan sungai Cigenter

Pulau lain yang menarik dikunjungi dari paket wisata Ujung Kulon adalah Handeulum. Pulau ini adalah salah satu dari gugusan pulau-pulau kecil yang berada di ujung timur laut pantai Semenanjung Ujung Kulon. Di pulau ini terdapat satwa rusa (Rusa timorensis), dan ular phyton. Pulau ini dikelilingi oleh hutan mangrove.

Di pulau ini terdapat sungai Cigenter yang bisa disusuri dengan bersampan. Selama menyusuri sungai, wisatawan akan disuguhkan panorama ala hutan hujan tropis sepanjang sungai. Pada bagian hulu sungai terdapat rute jalan setapak yang melintasi tumbuhan bambu menuju air terjun bertingkat.

6 dari 7 halaman

Pulau Panaitan

Pulau Panaitan terletak paling barat di Ujung Semenanjung Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau dengan luas ± 17.000 Ha ini terbentuk alami dengan kombinasi vegetasi hutan mangrove, hutan pantai dan hutan hujan dataran rendah. Hutan ini merupakan habitan berbagai jenis satwa liar seperti rusa, kancil, babi hutan, kera ekor panjang, buaya, kadal, ular phyton, dan aneka jenis burung.

Di Pulau Panaitan, tepatnya di Puncak Gunung Raksa, terdapat Arca Ganesha beserta benda-benda peninggalan sejarah lainnya yang mempunyai nilai historis tinggi. Kawasan pantai Pulau Panaitan yang memiliki terumbu karang indah cocok untuk kegiatan menyelam dan snorkeling. Ombak di pantai ini juga terkenal cocok digunakan untuk berselancar.

7 dari 7 halaman

Semenanjung Ujung Kulon

Semenanjung Ujung Kulon merupakan habitat Badak Jawa yang sangat dilindungi. Pengelolaan wisata di sini cukup terbatas agar tak mengganggu habitat Badak Jawa. Tapi tak perlu kecewa, di Semenanjung Ujung Kulon pengunjung masih bisa melakukan beberapa aktivitas seperti trekking, kemah, dan mengamati satwa liar.

Selain trekking, kegiatan wisata lainnya yang dapat dilakukan di paket wisata Ujung Kulon ini adalah wildlife viewing di Padang penggembalaan Cidaon dan Cigenter, berkemah di Tanjung Layar, dan wisata budaya di Goa Sang Hyang Sirah. Tanjung Layar adalah sebuah tanjung penting di ujung barat Jawa, di Samudera Hindia yang membentang di Selat Sunda.