Sukses

Termasuk Raffi Ahmad, Ini 5 Host yang Pernah Alami Masalah Pita Suara

Liputan6.com, Jakarta Mengalami masalah pada pita suara tentu saja menjadi hal yang ingin dihindarkan oleh semua orang. Terlebih lagi bagi mereka yang mengandalkan suara untuk sebuah pekerjaan, seperti penyanyi ataupun pembawa acara atau host.

Berbagai faktor bisa jadi penyebab seseorang mengalami masalah pada pita suara. Mulai dari terlalu banyak bicara, bicara terlalu keras hingga terkena paparan bahan kimia ataupun debu. Bahkan, beberapa host ternama Tanah Air diketahui pernah memiliki masalah pita suara.

Terbaru, host ternama Raffi Ahmad didiagnisis mengalami masalah pada pita suara. Hal ini pula yang membuat suara dari suami Nagita Slavina ini menjadi lebih serak. Tak hanya Raffi Ahmad saja, beberapa host ternama lainnya juga pernah mengalami hal serupa.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (25/10/2019) berikut ini beberapa host ternama yang pernah mengalami masalah pada pita suara.

2 dari 6 halaman

1. Raffi Ahmad

Host ternama Raffi Ahmad diketahui memiliki masalah pada pita suara. Hal ini juga menjadi salah satu faktor Raffi Ahmad rehat sejenak dari dunia hiburan. Sebelumnya, sejak Juli 2019 lalu telah beredar kabar jika suami Nagita Slavina ini kehilangan suaranya. Bahkan, ia juga mengakui terdapat benjolan di pita suara.

Kesibukan yang dijalani oleh presenter ternama inilah yang menjadi salah satu penyebab munculnya masalah pada pita suara.

"Kayak overused gitu kayak dia terlalu dipaksa terus suara. Mungkin dulu aku kerja jadi host kan di Dahsyat dari umur 19 tahun sampai sekarang 32 tahun," ujar Raffi Ahmad pada sebuah tayangan video, Selasa (2/6/2019).

3 dari 6 halaman

2. Ananda Omesh

Tak hanya Raffi Ahmad saja, akan tetapi Ananda Omesh pun pernah mengalami hal serupa. Hal ini diketahui lewat unggahan video di channel YouTube milik Andre Taulany. Pada video tersebut Omesh sempat menjelaskan alasannya pernah vakum sementara waktu dari dunia hiburan. Pasalnya, ia sempat kehilangan suara dan harus melakukan berbagai perawatan.

Ananda Omesh mengakui jika dirinya divonis menderita vocal abuse yang terjadi pada pita suara. Vocal abuse sendiri merupakan kelumpuhan pita suara yang akan mempengaruhi sistem pernapasan. Ia juga mengakui jika penyakit tersebut diderita karena terlalu banyak berbicara.

"Jadi, disiksa suaranya. Kalau dalam istilah kedokteran elite vocal user. Itu adalah tingkatan tertinggi pengguna suara seperti host, artis, guru dan penyanyi. Pokoknya yang sering ngomong," ujar Omesh pada video yang unggah oleh channel YouTube Taulany Tv pada Selasa (12/3/2019).

4 dari 6 halaman

3. Daniel Mananta

Presenter yang identik dengan ajang pencarian bakat ini juga pernah mengalami masalah pada pita suara. Bahkan, Daniel Mananta pernah didiagnosis memiliki tumor jinak di pita suara yang menyebabkan dirinya mengalami gangguan pada suaranya.

Karena hal tersebut pula, Daniel Mananta mengaku sempat mengalami depresi. Pasalnya, ia cukup mengandalkan suaranya dalam bekerja. Penyakit yang dialami oleh Daniel Mananta ini telah dialaminya tiga tahun lalu, setelah menjalani berbagai terapi dan pengobatan, masalah pada pita suara Daniel pun berangsur membaik.

5 dari 6 halaman

4. Rachel Ray

Pembawa acara sekaligus chef Rachel Ray juga pernah mengalami hal serupa. Ia sempat kehilangan suaranya beberapa tahun lalu. Setelah menjalani pengecekan, rupanya pada pita suara Rachel Ray tumbuh kista yang mengharuskannya melakukan operasi.

Pada Desember 2008 lalu, Rachel ia dijadwalkan melakukan operasi pengangkatan kista di pita suaranya. Akan tetapi ia memilih untuk terapi vokal. Usaha yang dilakukan oleh Rachel pun berhasil, kista yang terdapat pada pita suara pun dinyatakan menghilang.

6 dari 6 halaman

5. Trevor Noah

Host ternama serta komedian Trevor Noah juga mengalami masalah pada pita suara. Ia juga pernah membatalkan acara yang harusnya dipandu olehnya karena masalah tersebut. Kabar jika Trevor Noah mengalami masalah pada suaranya ini juga diunggah langsung oleh Noah pada akun Instagram pribadinya.

Ia mengaku jika terdapat memar pada pita suaranya yang menyebabkan dirinya mengalami gangguan pada suara. Namun, Noah mengaku beruntung karena dapat mengetahuinya tepat waktu.