Sukses

Ketahui Kalender Musim Buah di Indonesia untuk Nikmati Kelezatannya

Liputan6.com, Jakarta Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah. Salah satu hasil alam yang dapat dengan mudah dinikmati adalah buah-buahan. Tanah yang subur dengan iklim yang mendukung membuat aneka buah-buahan selalu hadir sepanjang tahun.

Buah-buahan musiman yang ada di Indonesia sebagian besar merupakan jenis buah tropis. Pada saat masuk masa panennya, buah-buahan ini begitu melimpah dan dapat dengan mudah ditemukan. Setiap buah-buah ini memiliki karakteristik unik yang diekspresikan dalam penampilan dan rasa, dan terkadang dalam kebiasaan pertumbuhannya.

Masyarakat Indonesia pasti sudah tak asing dengan istilah musim buah. Dalam sepanjang tahun, selalu saja ada periode musim buah yang dapat dinikmati. Misalnya saja musim durian, musim rambutan, dan musim mangga. Buah-buahan ini memang akan melalui masa panen pada bulan-bulan tertentu.

Mengamati kalender musim buah mungkin bisa menjadi cara mudah untuk mengetahui kapan saja buah-buahan ini bisa dinikmati. Berikut kalender musim buah di Indonesia yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/10/2019).

2 dari 7 halaman

Durian, Manggis, Rambutan, dan Alpukat

Salah satu musim yang paling ditunggu adalah musim durian. Buah ini menjadi primadona sebagian besar masyarakat Indonesia. Rasanya yang khas dan baunya yang unik membuat buah ini banyak digemari. Buah durian memiliki periode masa panen pada Oktober hingga Februari.

Di bulan November hingga Maret buah manggis juga memasuki masa panen. Buah yang juga terkenal dengan khasiat dari kulitnya ini juga begitu digemari masyarakat. Manggis berbuah lebat pada November hingga Februari dan berbuah lebih sedikit di bulan Maret.

Sementara itu, buah musiman yang tak kalah populer adalah rambutan. Buah tropis satu ini akan memasuki masa panen pada November hingga Februari. Anda akan sering menemukan penjaja rambutan di sepanjang jalan pada periode bulan ini. Para periode yang sama, alpukat juga memasuki musim panen. Buah kaya antioksidan dan lemak sehat ini dapat dengan mudah ditemui pada November hingga Februari. Pada bulan Mei dan Juni, alpukat juga mengalami musim panen namun dalam jumlah sedikit.

3 dari 7 halaman

Sawo, Kedondong, Salak, dan Jambu Biji

Pada bulan Desember hingga Februari, Anda bisa menikmati buah sawo. Buah khas ini berbuah lebat pada periode 3 bulan tersebut. Buah ini juga dapat dinikmati pada bulan April dan Mei dalam jumlah panen yang lebih sedikit.

Selanjutnya ada buah kedondong yang akan berbuah lebat pada Januari hingga Maret. Buah ini juga akan panen meski dalam jumlah yang lebih sedikit pada April hingga Desember. Bisa dikatakan buah ini bisa ditemui di sepanjang tahun.

Ada juga jambu biji yang hampir bisa dinikmati sepanjang tahun. Buah ini akan memasuki musimnya yang melimpah pada Februari dan Maret dan akan terus berbuah dalam jumlah lebih sedikit pada April hingga Januari. Buah musiman lain yang kerap ditemui adalah salak. Buah bersisik ini memasuki musimmnya pada Januari hingga April.

4 dari 7 halaman

Jeruk Nipis, Duku, Jeruk Bali, dan Kesemek

Memasuki bulan Februari hingga April Anda akan menikmati musim duku dan jeruk nipis. kedua buah ini akan berbuah lebat pada 3 bulan periode ini. Ada juga jeruk bali yang berbuah lebat pada Februari hingga Mei serta Oktober dan November. Buah ini juga bisa ditemui dalam jumlah panen lebih sedikit pada Juni hingga September.

Sementara itu buah kesemek dapat dinikmati pada bulan Mei Hingga Juli. Di bulan-bulan ini kesemek memasuki masa panen lebatnya. Buah ini termasuk buah yang kini sulit dijumpai.

5 dari 7 halaman

Jeruk Manis, Belimbing, Melon, dan Jambu Mete

Jika Anda ingin menikmati jeruk manis, bulan April hingga Agustus adalah masa yang tepat untuk mendapatkannya. Meski kelihatannya jeruk manis selalu ada di konter buah sepanjang tahun, buah ini akan melimpah pada masa musim panennya.

Buah tropis lainnya adalah belimbing. Buah ini akan mengalami musim panen lebat pada Juli dan Agustus. Buah ini juga bisa ditemui dalam panen yang lebih sedikit pada Januari dan Februari.

Sementara itu, pada bulan Juli sampai September, buah yang memasuki musim panennya adalah melon dan jambu mete. Jambu mete dikenal dengan olahan kacang metenya yang lezat.

6 dari 7 halaman

Jambu Bol, Jambu Air, Mangga, dan Sirsak

Pada bulan Agustus dan September, Anda akan dengan mudah menemukan jambu bol dan jambu air. Jambu air juga melalui masa panen sepanjang tahun yaitu pada bulan Oktober hingga Juli dalam jumlah yang lebuh sedikit.

Selain durian dan rambutan, musim yang paling ditunggu adalah musim Mangga. Buah tropis satu ini akan berbuah lebat pada Agustus hingga November. Buah ini juga memasuki musimmnya meski dalam jumlah sedikit pada April hingga Juni.

Sementara itu pada bulan Maret hingga Desember, Anda dapat menikmati buah sirsak. Buah ini hampir panen lebat sepanjang tahun.

7 dari 7 halaman

Buah yang ada di sepanjang tahun

Beberapa buah mungkin hanya melalui masa panen pada bulan-bulan tertentu. Namun, ada beberapa jenis buah yang selalu dapat dinikmati sepanjang tahun. Buah ini merupakan buah yang dapat dengan mudah dibudidayakan baik pada musim kemarau maupun musim hujan.

Di sepanjang tahun, Anda dapat menikmati buah nangka, pepaya, dan pisang. Buah-buahan ini sangat mudah ditemukan bahkan ditanam sendiri di halaman rumah.