Sukses

Seniman Ini Ubah Sampah Jadi Karya Seni Unik, 6 Hasilnya Menakjubkan

Liputan6.com, Jakarta Limbah dan sampah biasanya tidak ada manfaatnya bagi sebagian besar orang. Barang-barang tak terpakai tersebut hanya akan berakhir di tempat sampah ataupun tempat pembuangan akhir.

Namun di tangan seniman asal Portugis ini, sampah dan limbah disulap menjadi karya seni yang mengagumkan. Artur Bordalo atau yang lebih dikenal Bordalo II adalah seorang seniman yang membuat karya seni unik dari barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi.

Seniman ini menyusun dan membentuk sampah, mulai dari kaleng bekas, ban bekas, mobil yang sudah rusak, dan berbagai limbah yang bisa ia temukan di sekitarnya menjadi sebuah karya yang menyerupai berbagai jenis hewan. Bordalo juga menggunakan cat sebagai detail muralnya menjadi gambar tiga dimensi sehingga terlihat lebih artistik.

Tak hanya sekedar menghasilkan karya, Bordalo membuat karya seni tersebut yang bertujuan untuk menarik perhatian dan kesadaran masyaraka tmengenai masalah produksi limbah. Seperti diketahui, limbah mengakibatkan polusi sekaligus memberikan efek buruk bagi bumi termasuk mengancam kehidupan hewan-hewan.

Kini, karya-karyanya tak hanya menghiasi berbagai sudut kota di Portugal, tapi juga di negara lain, seperti, Italia, Inggris hingga Amerika Serikat. Berikut karya seni unik yang dihimpun dari akun Instagram @b0rdalo_ii, Sabtu (26/10/2019).

2 dari 7 halaman

1. Dari mobil bekas dan barang bekas lainnya, seniman ini menciptakan karya seni berbentuk ikan piranha.

3 dari 7 halaman

2. Bordalo mengubah sampah menjadi bentuk ukiran hewan, seperti anak anjing yang lucu ini.

4 dari 7 halaman

3. Tak hanya hewan, Bordalo juga menciptakan karya seni unik berbentuk buah-buahan.

5 dari 7 halaman

4. Tak hanya berkarya, Boraldo juga bertujuan menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan.

6 dari 7 halaman

5. Bordalo berusaha menggambarkan hewan dengan barang yang tak terpikirkan, seperti orangutan yang terbentuk dari mobil bekas.

7 dari 7 halaman

6. Pesawat bekas juga menjadi barang yang ia gunakan untuk berkarya.