Sukses

Macam-Macam Usaha Sampingan di Rumah yang Menjanjikan, Tak Banyak Modal

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam usaha sampingan di rumah bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Beberapa kegiatan di rumah bisa dijadikan cara untuk memulai bisnis. Baik Anda ibu rumah tangga, mahasiswa, pelajar, atau pun siapa saja yang ingin bekerja di rumah, ada banyak cara untuk memulainya. 

Ada banyak macam-macam usaha sampingan di rumah yang bisa Anda coba. Macam-macam usaha sampingan di rumah ini juga tak memerlukan modal yang cukup besar. Jika ditekuni, macam-macam usaha sampingan di rumah bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

Dengan menggeluti salah satu dari macam-macam usaha sampingan di rumah ini, waktu dan tenaga bisa dikeluarkan dengan efisien. Kini telah banyak hal-hal yang mendukung berjalannya macam-macam usaha sampingan di rumah. Sebut saja sistem online yang memfasilitasi pemasaran usaha, atau kemajuan teknologi yang makin memberi kemudahan untuk bekerja.

Berikut macam-macam usaha sampingan di rumah yang berpotensi jadi bisnis menguntungkan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu(27/10/2019)

2 dari 7 halaman

Macam-Macam Usaha Sampingan di Rumah: Jual Pulsa

Saat ini hampir setiap orang memiliki ponsel untuk berkomunikasi. Sebagian besar masyarakat menggunakan kartu telepon pra bayar. Jadi kebutuhan untuk mengisi pulsa pra bayar dapat Anda jadikan sebagai usaha kecil menguntungkan dengan laba besar.

Meski saat ini sudah ada layanan untuk membeli pulsa secara online, berjualan pulsa secara offline masih dapat meraup banyak keuntungan. Dengan modal kecil sekitar Rp 1 jutaan, Anda sudah dapat memulai usaha ini. Anda cuma perlu mendaftar ke provider pulsa elektronik online, dan memasukan deposit modal.

Tak hanya pulsa operator seluler, Anda juga dapat membuka bisnis jualan pulsa listrik. Saat ini jumlah pelanggan listrik pra-bayar terus bertambah. Hal ini tak lepas dari langkah PT PLN yang tak lagi menggunakan meteran listrik lama. Bisnis jual token listrik mungkin memberikan komisi yang kecil. Namun dengan jumlah pemakai yang semakin besar, pendapatan kecil tersebut bisa menjadi besar.

3 dari 7 halaman

Macam-Macam Usaha Sampingan di Rumah: Kuliner

Usaha kuliner merupakan usaha yang dianggap tak ada matinya. Semua orang membutuhkan makanan untuk dapat bertahan hidup. Mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran mewah, usaha kuliner selalu diminati.

Banyak macam usaha kuliner yang bisa dicoba untuk para pemula. Bisnis ini bisa berupa makanan berat, minuman, hingga camilan. Variasi kuliner yang ditawarkan memberi banyak peluang usaha yang menguntungkan. Usaha kuliner di Indonesia menjadi usaha pilihan banyak orang.

Anda bisa mulai usaha kuliner di rumah sebagai pekerjaan sampingan. Tak perlu membuka warung yang besar, Anda bisa memanfaatkan internet untuk memasarkan produk. Meng-online kan usaha kuliner bisa cukup efektif untuk pekerjaan sampingan. Anda bisa menggunakan sistem pre-order untuk menjual makanan. Dengan begitu, Anda tidak akan mendapatkan banyak kerugian.

4 dari 7 halaman

Macam-Macam Usaha Sampingan di Rumah: Pakaian

Bisnis jual beli online saat ini semakin berkembang. Didukung dengan perkembangan digital yang semakin pesat membuat aktivitas jual beli online makin meningkat. Segala macam produk dapat dijual secara online. Salah satu bisnis online yang berkembang saat ini adalah bisnis pakaian atau baju.

Jangan lupa untuk menentukan target pasar dan identitas dari merek pakaian yang ingin Anda angkat. Untuk menentukannya, lakukan riset kecil-kecilan tentang produk apa yang populer dan disukai banyak orang. Usahakan untuk fokus dengan satu kategori agar penjualan lebih maksimal dan tidak terjadi kebingungan, sehingga pembeli bisa dengan mudah menemukan apa yang dicari dan butuhkan.

5 dari 7 halaman

Macam-Macam Usaha Sampingan di Rumah: Desain Grafis

Anda dapat melihat seni di setiap aspek bisnis. Desain digital kini menjadi potensi besar dalam perkembangan karier. Perancang grafis yang membuat logo dan desain profesional memiliki bayaran fantastis. Bagi Anda yang memiliki bakat mendesain, manfaatkanlah sebagai peluang bisnis.

Desain adalah keterampilan yang dapat dimanfaatkan sebagai pekerjaan lepas. Banyak platform yang bisa digunakan untuk menjual ilustrasi dan desai secara online. Anda bahkan juga bisa membuat akun sendiri di Instagram untuk memamerkan hasil karya. Pekerjaan ini pastinya bisa dilakukan di rumah dan cocok untuk para mahasiswa yang ingin menambah uang jajan.

6 dari 7 halaman

Macam-Macam Usaha Sampingan di Rumah: Laundry

Bisnis laundry kini kian menjamur. Meningkatnya kebutuhan akan jasa pencuci pakaian membuat bisnis ini makin menjanjikan. Bisnis ini bisa dilakukan di rumah. Bermodal mesin cuci dan produk pembersih pakaian, bisnis laundry bisa berjalan dengan modal yang cukup kecil.

Bisnis laundry ini cocok bagi ibu rumah tangga. Anda bisa memberi variasi jasa laundry seperti cuci dan lipat, atau cuci dan seterika. Jika memungkinkan Anda juga bisa membuka layanan antar jemput laundry, lho. Berikan pelayanan terbaik agar bisnis Anda bisa dipromosikan dari mulut ke mulut.

7 dari 7 halaman

Macam-Macam Usaha Sampingan di Rumah: Cuci motor

Bisnis selanjutnya adalah cuci motor dan mobil. Di sepanjang jalan Anda mungkin akan banyak menemui jasa cuci motor dan mobil. Jasa ini begitu membantu banyak orang yang tidak sempat atau tidak bisa mencuci kendaraan bermotornya sendiri.

Bisnis cuci mobil dan motor saat ini mudah untuk di jumpai dalam skala kecil maupun besar. Usaha cuci mobil dan motor juga memiliki potensi yang besar karena pemilik kendaraan terus bertambah setiap tahunnya. Kebutuhan akan jasa cuci mobil dan motor yang besar ini tentunya dapat membuka peluang usaha yang menguntungkan. Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki rumah di pinggir jalan.