Sukses

Macam-macam Ikan Air Tawar Paling Populer dan Sering Dikonsumsi

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam ikan air tawar mungkin sudah banyak kamu ketahui. Apalagi ikan air tawar memang menjadi salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi oleh orang Indonesia. Berbagai jenis ikan air tawar telah menjadi menu wajib di berbagai tempat makan.

Tentunya kamu tidak akan asing lagi dengan ikan lele, ikan nila, ikan gurame, ikan mujair dan lain sebagainya. Ikan tersebut merupakan contoh dari macam-macam ikan air tawar yang paling sering dikonsumsi orang Indonesia.

 

Macam-macam ikan air tawar dapat diolah menjadi berbagai makanan lezat dan juga memiliki nutrisi yang tinggi. Harga yang lebih murah dan gizi yang tak kalah besar membuat ikan air tawar selalu digemari banyak orang.

Ikan air tawar ada berbagai macam, sehingga kamu memiliki banyak pilihan yang dapat diolah dan disajikan untuk dikonsumsi bersama keluarga. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/10/2019) macam-macam ikan air tawar yang sering dikonsumsi.

2 dari 5 halaman

Ikan Lele dan Gurame

Ikan Lele

Macam-macam ikan air tawar yang paling sering dikonsumsi adalah ikan lele. Ikan lele merupakan ikan air tawar yang paling banyak ditemukan. Berbagai rumah makan biasanya selalu menyediakan menu lele.

Ikan lele yang memiliki ciri khas kumis panjang ini bisa diolah dengan cara digoreng atau dimasak mangut serta kuah santan. Selain dagingnya yang lembut dan enak, harga ikan lele juga terbilang murah.

Ikan Gurame

Ikan gurame merupakan macam-macam ikan air tawar dengan kelezatan yang menggugah selera. Ikan ini umumnya berukuran cukup besar sehingga satu ekor ikan bisa dinikmati untuk 5 sampai 7 orang.

Harga ikan gurame cenderung lebih mahal dan ikan air tawar jenis ini biasanya banyak disajikan di restoran. Namun harga tersebut sesuai dengan ukurannya yang besar.

Ciri fisik ikan gurame adalah bentuknya yang pipih melebar, sisik yang besar dan rapat, serta berwarna cokelat muda. Ikan gurame memiliki daging sangat padat. Durinya berukuran besar dan hanya terdapat di tengah badannya, sehingga mudah untuk memilahnya

3 dari 5 halaman

Ikan Mujair dan Nila

Ikan Mujair

Macam-macam ikan air tawar selanjutnyan adalah ikan mujair. Ikan mujair merupakan salah satu ikan air tawar yang tak kalah populer dan banyak digemari. Bentuknya yang sederhana, pipih, dengan warna hitam keabu-abuan, memiliki cita rasa daging yang sangat gurih untuk dimasak.

Ikan ini memiliki daging yang gurih dan memiliki kandungan fosfor yang baik untuk tubuh. Ikan gurame bisa dimasak goreng, kuah, sop bahkan dibakar.

Ikan Nila

Macam-macam ikan air tawar berikutnya adalah ikan nila. Ikan nila ini mirip dengan ikan mujair. Ikan ini memiliki cita rasa khas yang enak. Pepes, ikan bakar atau ikan goreng cocok dibuat dengan bahan dasar ikan nila.

Ikan ini paling mudah dibudidayakan sebab pertumbuhannya sangat cepat. Dengan kemudahan dalam mengolahnya, ikan nila juga menjadi salah satu ikan air tawar yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia.

4 dari 5 halaman

Ikan Patin dan Bawal

Ikan Patin

Ikan patin merupakan macam-macam ikan air twar yang bentuknya mirip dengan ikan lele. Ikan patin memiliki daging yang lembut dan gurih. Ikan ini kaya nutrisi dan cocok diberikan untuk orang dewasa maupun anak-anak. Kamu bisa membuatnya menjadi olahan sup hingga gulai.

Lemak tak jenuh yang terdapat pada patin mencapai 50% dari total keseluruhan nilai gizi yang terkandung di dalam ikan patin. Selain itu, ikan patin juga mengandung DHA dan Omega 3 yang tinggi. Jadi, sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil, hingga orang tua.

Ikan Bawal

Ikan bawal juga merupakan salah satu macam-macam ikan air tawar. Ikan ini berbentuk pipih dan lebar. Dagingnya cukup tebal dan rasanya gurih. Selain itu, harga ikan bawal juga cukup terjangkau.

Ikan bawal memiliki cukup banyak duri sehingga kamu harus hati-hati saat mengonsumsinya. Kamu bisa menikmatinya dengan dibakar bumbu kecap atau tumis bumbu tauco dengan irisan cabai agar semakin lezat.

5 dari 5 halaman

Ikan Mas, Ikan Gabus, dan Belut

Ikan Mas

Ikan mas merupakan salah satu macam-macam ikan air tawar. Ikan ini ada yang bisa dikonsumsi, ada pula yang dijadikan ikan hias. Bentuknya tegak pipih, bersisik normal, dan sirip memanjang. Tekstur ikan mas yang lembut membuatnya cocok diolah menjadi pepes ikan atau gulai kepala ikan. Ikan mas memiliki cukup banyak duri halus sehingga kamu harus hati-hati saat mengonsumsinya.

Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan macam-macam ikan air tawar dengan cita rasa daging yang lezat. Tekstur dagingnya sangat lembut dan gurih. Ikan ini memiliki harga cukup mahal dan biasanya dikonsumsi sebagai nutrisi untuk memulihkan luka.

Ikan gabus biasa hidup di sungai, rawa dan danau dengan bentuk tubuh yang lumayan besar dan memiliki kepala hampir mirip seperti ular, serta warna tubuh hitam keabuan dipenuhi dengan bercak putih.

Ikan gabus biasanya akan diawetkan dengan cara diasinkan dan dikeringkan. Ikan asin gabus ini sangat nikmat karena berdaging tebal, oleh sebab itu harganya pun cukup mahal.

Belut

Belut juga termasuk jenis ikan air tawar. Belut memiliki bentuk seperti ular namun dengan kulit licin seperti ikan lele atau patin. Belut memiliki rasa dan aroma yang khas.

Daging belut terkenal dengan tekturnya yang lembut dan gurih yang khas. Kamu bisa mengolahnya dengan digoreng sehingga rasanya akan lebih lezat dan renyah.

Loading