Sukses

Asal-Asul Nama 6 Negara di Dunia Unik Banget, Bikin Geleng-Geleng

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya manusia, semua hal yang ada di dunia ini memiliki nama. Salah satunya seperti nama-nama negara yang ada di dunia ini. Pemberian nama biasanya berkaitan dengan sejarah penemuannya atau bagian dari doa yang memberi nama. 

Negara adalah sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu dan diorganisasi oleh pemerintah negara yang sah, yang umumnya memiliki kedaulatan, seperti yang Liputan6.com kutip dari Wikipedia, Senin (28/10/2019).

Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut, dan berdiri secara independent. Apa kamu pernah berpikir kenapa suatu negara bisa di beri nama negara A atau negara B?

Mungkin sebagian besar dari kamu berpikir nama-nama suatu negara dibentuk berdasarkan sejarah berdirinya atau sejarah ditemukannya negara tersebut. Tak banyak yang tahu, ternyata ada juga nama negara yang punya asal usul yang unik.

Berikut 6 asal-usul nama negara paling unik yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/10/2019).

2 dari 7 halaman

1. Finlandia

Nama bahasa Inggris Finlandia, “Finland” berarti ‘tanah Finns’. Selain itu juga berasal dari bahasa Jermanik “finna” yang berarti ‘sisik ikan’. Kata finna ini mengacu pada pada jenis pakaian yang dipakai oleh suku-suku awal Finlandia.

3 dari 7 halaman

2. Sri Lanka

Siapa sangka nama negara Sri Lanka ini berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya Sri (indah) dan Lanka (pulau). Pemberian nama ini karena melihat pulau yang sekarang menjadi negara Sri Lanka tersebut adalah pulau yang indah.

4 dari 7 halaman

3. Spanyol

Spanyol ternyata memiliki asal usul nama yang cukup unik. Nama negara di Eropa ini ternyata berasal dari pemilihan nama yang salah. Nama negara tersebut berawal dari kaum bernama Phoenicia yang mendiami pulau tersebut.

Tempat tersebut kemudian dinamakan I-Shapen-im yang artinya pulau para Hyrax. Nama Hyrax merujuk pada jenis tikus purba. Ketika bangsa Romawi datang tempat ini diberi nama pula dengan Hispania dengan memiliki arti hampir sama.

Berpuluh-puluh tahun kemudian diketahui jika Hyrax yang katanya adalah semacam tikus itu tak lain adalah kelinci. Lalu nama I-Shapen-im dan Hispania yang akhirnya menjadi Spanyol itu tak lain tercipta karena kesalahan observasi para leluhur.

5 dari 7 halaman

4. Amerika

Tak disangka nama Amerika ini justru diberikan oleh dua orang Jerman yang berprofesi sebagai penulis peta. Dua orang Jerman tersebut awalnya bertemu dengan Amerigo Vespucci.

Amerigo Vespucci merupakan anak buah dari penemu benua Amerika, Christopher Columbus. Saat itu Amerigo menceritakan perjalanannya menemukan dunia baru pada dua penulis peta asal jerman tersebut.

Dua orang Jerman tersebut sepakat memberikan nama daerah tersebut dengan America yang asal katanya dari Amerigo.

6 dari 7 halaman

5. Kanada

Nama negara yang ada di benua Amerika ini ternyata bermula dari nama negara yang salah dengar. Berawal dari seorang penjelajah Prancis bernama Jacques Cartier tengah melewati sungai bernama St. Lawrence.

Saat itu Cartier dipandu seorang penduduk ke suatu tempat bernama Desa Kanata, yang konon adalah salah satu tempat terdingin di daerah utara. Karena salah dengar Cartier tempat yang bernama asli Kanata itu menjadi Kanada.

7 dari 7 halaman

6. Czechoslovakia

Nama negara Czechoslovakia berawal dari politisi Slovakia tidak menyukai penamaan negara itu. Mereka menginginkan tanda hubung ditambahkan pada nama negara tersebut.

Usulan baru menyebut negara itu Republic Czechoslovakia, tapi ditentang karena tidak cocok dengan orang Ceko. Perang Tanda Hubung ini benar-benar diselesaikan pada 1 Januari 1993.

Negara itu telah secara damai menjadi demokratis karena Revolusi Velvet yang menciptakan Republik Ceko dan Slovakia. Kini negara tersebut resmi menjadi Czechoslovakia.