Sukses

5 Tanaman Peneduh Rumah yang Mudah Dirawat, Bikin Suasana Sejuk

Tambahkan tamanan peneduh di depan halaman rumah untuk mendapatkan suasana sejuk.

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai jenis tanaman yang bisa ditanam di halaman rumah. Salah satunya adalah tanaman peneduh. Merawat tanaman atau pohon di halaman rumah tak hanya berfungsi sebagai penghias. Manfaat menanam pohon peneduh di halaman rumah adalah mampu menurunkan suhu lingkungan.

Selain mengurangi polusi dan mengeluarkan cukup banyak oksigen, tanaman peneduh dapat membuat kamu merasa teduh ketika berada di sekitarnya. Hal ini dikarenakan panas terik sinar matahari terhalang oleh dedaunan yang rimbun.

Di tengah cuaca yang sedang terik ini, tak ada salahnya untuk mencoba menanam pohon peneduh di halaman rumah kamu. Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagi sumber tanaman peneduh yang bikin suasana rumah menjadi sejuk, Senin (28/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pucuk Merah

Tanaman pucuk merah merupakan pohon rendah. Pohon peneduh ini memiliki perpaduan warna yang cantik. Selain didominasi oleh warna hijau tua, pohon ini juga berwarna merah pada bagian pucuk-pucuknya.

Selain perpaduan warna yang sangat cantik, daunnya juga sangat banyak dan terlihat rimbun. Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan pohon pucuk merah sebagai pohon peneduh.

Ukuran pohon ini juga tak terlalu besar, sehingga memudahkan kamu untuk menanan dan merawat pohon ini di depan rumah. Menjadikannya sebagai tanaman peneduh, pohon ini sekaligus juga akan mempercantik halaman rumah.

3 dari 6 halaman

Ketapang Kencana

Tanaman peneduh lainnya yang mudah dirawat adalah ketapang kencana. Tanaman ini cocok buat kamu yang menginginkan pohon peneduh di halaman rumah dengan bentuknya yang ramping.

Pohon ketapang kencana ini memiliki diameter batang tidak terlalu besar, namun rantingnya padat dan bertingkat. Jadi, buat kamu yang hanya memiliki halaman rumah tak cukup besar, ketapang kencana adalah pilihan tepat.

Untuk merawat ketapang kencana, kamu hanya perlu melakukan pemangkasan secara teratur untuk mendapatkan hasil daun yang rindang.

4 dari 6 halaman

Kiara Payung

Tanaman peneduh selanjutnya adalah pohon Kiara payung. Sesuai namanya, pohon ini bentuknya seperti payung. Daun pada pohon kiara payung ini tumbuh rimbun sehingga membuat Kiara payung menjadi salah satu pohon peneduh.

Pohon ini sangat rindang dengan tajuk luas serta bisa menyerap karbondioksida dengan sangat baik. Hal ini berarti saat kamu berada di bawah pohon  ini akan merasakan keteduhan karena jumlah oksigen yang dikeluarkan pohon ini cukup banyak.

Punya manfaat yang sangat menguntungkan untuk membuat suasana menjadi sejuk, tak heran kalau tanaman ini banyak ditemukan di daerah pertamanan kota. Namun, kamu juga bisa menjadikannya sebagai tanaman halaman rumah minimalis. Ukuran tanamannya yang tak terlalu besar dan tingginya hanya 11 meter membuat kamu mudah untuk merawatnya.

5 dari 6 halaman

Pohon Tabebuya

Tanaman peneduh dengan warnanya yang cantik adalah pohon tabebuya. Selain dikenal sebagai pohon peneduh karena rindang, tanaman ini juga memiliki corak warna bunga yang indah.

Musim berbunga tanaman ini adalah saat musim kemarau. Ketika daun-daunnya mulai berguguran, maka bunga tabebuya akan tumbuh tidak kalah cantik dengan bunga sakura yang ada di Jepang.

Tak heran kalau tanaman ini banyak ditemui di pinggi jalan kota atau taman kota. Kamu juga bisa menjadikan pohon tabebuya ini sebagai tanaman peneduh di halaman rumah.

6 dari 6 halaman

Palem

Pohon palem juga termasuk ke dalam tanaman peneduh. Pohon ini tidak cukup tinggi dan tidak memiliki begitu banyak cabang, namun tetap bisa memberikan kereduhan di saat cuaca panas.

Di suhu yang tropis ini, kamu bisa menggunakan pohon palem ekor tupai yang mekar di bagian dedaunannya, palem kipas yang megah dengan daun berukuran besarnya, hingg palem botol dengan batang pohonnya yang unik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini