Sukses

Macam-Macam Merk Pil KB di Indonesia, Punya Manfaat Berbeda

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam merk pil KB yang beredar di Indonesia cukup beragam. Pil KB merupakan alat kontrasepsi oral yang diminum untuk mencegah kehamilan. Pil Kb merupakan metode pengendalian kelahiran yang efektif. 

Di Indonesia ada beberapa macam-macam merk pil KB yang biasa digunakan. Jika diminum dengan benar, alat kontrasepsi pil KB sangat efektif mencegah kehamilan. Pil KB biasanya mengandung hormon estrogen dan progesteron. Beberapa hanya mengandung progesteron saja.

Macam-macam merk pil KB ditawarkan sesuai jenis dan kebutuhannya. Macam-macam merk pil KB dapat dengan mudah didapatkan melalui resep dokter atau apotek. Dokter biasanya menyarankan salah satu dari macam-macam merk pil Kb ini untuk menunda kehamilan.

Macam-macam merk pil KB ini juga tersedia dalam berbagai jenis dan harga. Berikut macam-macam merk pil KB yang ada di Indonesia, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(28/10/2019).

2 dari 7 halaman

Andalan

Andalan

Pil KB Andalan mengandung Ethinylestradiol 0,03 mg (hormon estrogen) dan Levonorgestrel 0,15 mg (hormon progestin). Pil KB Andalan bekerja dengan cara mencegah pertemuan antara sel sperma dan sel telur. Pil ini membuat carian vagina menjadi kental sehingga sulit dilalui oleh sperma.

Pil KB Andalan memiliki 99% tingkat efektivitas dalam mencegah kehamilan jika diminum secara benar dan teratur. Untuk efektivitas penuh dari Pil KB Andalan, mulailah meminum pil pada hari pertama menstruasi dengan mengikuti petunjuk pada bagian belakang kemasan. Lanjutkan konsumsi setiap hari pada waktu yang sama.

Andalan Laktasi

Pil KB Andalan Laktasi adalah Pil kontrasepsi oral khusus untuk ibu yang sedang menyusui karena hanya mengandung hormon progestin dosis rendah. Kandungan hormon progesteron meningkatkan kekentalan lendir rahim sehingga mobilitas sperma menurun, mencegah terjadinya ovulasi.

Pil KB Laktasi dapat dikonsumsi 6 minggu setelah melahirkan. Jika sudah haid, Pil KB Laktasi dikonsumsi pada hari pertama menstruasi dan dilanjutkan setiap hari pada jam yang sama dengan mengikuti pertunjuk pada kemasan.

Andalan FE

Pil KB Andalan FE cocok bagi wanita yang aktif dalam kegiatan sehari-hari. Pil ini selain mencegah kehamilan, juga dapat memenuhi kebutuhan zat besi. Zat besi pada pil warna putih membantu mengatasi gejala anemia yang dapat muncul pada saat menstruasi.

Andalan Postpil

Andalan Postpil adalah pil kontrasepsi darurat yang dapat mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa perlindungan dari alat kontrasepsi. Andalan Postpil diminum 2 (dua) tablet sekaligus dalam waktu paling lambat 5 (lima) hari atau tidak lebih dari 120 jam setelah berhubungan tanpa perlindungan alat kontrasepsi. Andalan Postpil tidak dapat digunakan untuk aborsi. Jika wanita dalam keadaan hamil, kehamilan akan berjalan normal.

3 dari 7 halaman

Yasmin

Pil Kb Yasmin mengandung mengandung Ethinylestradiol dan Drospirenone. Kombinasi kedua hormon ini bekerja sama untuk mencegah ovulasi sehingga tidak terjadi pembuahan. Drospirenone membantu menekan produksi hormon yang mengatur keseimbangan air dan elektrolit dalam tubuh serta menurunkan hormon androgen.

Pil KB Yasmin biasanya terdiri dari 28 tablet, yaitu 21 tablet berisi hormon dan 7 tablet plasebo (tidak mengandung hormon). Selain mencegah kehamilan, Pil KB Yasmin juga menjaga menstruasi tetap sehat, mengurangi anemia, dan dapat mencegah jerawat.

4 dari 7 halaman

Microgynon

Microgynon adalah pil KB kombinasi hormon Levonorgestrel dan Etinilestradiol. Pil Kb ini mencegah pvulasi dengan mengentalkan lendir serviks, dan mengubah lapisan rahim agar sperma tidak mencapai sel telur. Pil KB microgynon juga bisa digunakan sebagai kontrasepsi darurat.

Microgynon juga dapat membuat menstruasi lebih teratur, mengurangi pendarahan hebat saat haid dan meringankan nyeri haid, menurunkan risiko kista ovarium, dan juga mengobati jerawat. Penggunaan Microgynon biasanya memerlukan resep dokter atau bidan.

5 dari 7 halaman

Marvelon Gold Limas

Pil KB Marvelon Gold Limas mengandung 2 hormon utama, yaitu desogestrel dan etinil estradiol. Pil Kb ini bekerja mengatur hormon, sehingga proses ovulasi atau pematangan sel telur bisa dicegah. Sama seperti merek lainnya, Marvelon Gold Limas juga mengentalkan lendir serviks untuk mencegah sperma sulit mencapai sel telur.

Hampir sama dengan pil KB andalan laktasi, jenis pil marvelon ini dapat dikonsumsi oleh ibu yang sedang menjalani aktivitas menyusui. Penggunaan pil ini memerlukan resep dan anjuran dari dokter atau bidan.

6 dari 7 halaman

Diane

Pil KB Diane cocok untuk perempuan yang ingin menunda kehamilan sekaligus ingin mengatasi jerawat. Obat ini mengandung hormon progesteron dan estrogen. Pil ini mengandung siproteron asetat 2 mg dan ethinylestradiol 0.035 mg. Siproteron asetat merupakan antiandrogen yang berfungsi menekan fungsi testosteron. Berkurangnya hormon testosteron pada wanita membantu mencegah kehamilan.

Pil KB Diane dapat digunakan sebelum atau setelah makan. Karena masuk dalam obat keras, Pil KB Diane harus dikonsumsi sesuai resep dan anjuran dokter atau bidan.

7 dari 7 halaman

Exluton Limas

Exluton Limas mengandung Lynestrenol yang dapat mencegah kehamilan. Kelebihan dari pil KB ini adalah dapat mencerahkan kulit. Exluton Limas bekerja dengan mengentalkan lendir pada leher rahim. Pil Kb ini tidak dianjurkan bagi ibu hamil dan menyusui.

Penting untuk diketahui, Exluton Limas bisa menyebabkan efek samping perubahan berat badan, sakit kepala sebagian, mood swing, atau penurunan toleransi glukosa.