Sukses

Jangan Sampai Salah, Ini Beda Probiotik dan Prebiotik

Probiotik dan prebiotik memang terdengar sama.

Liputan6.com, Jakarta Istilah probiotik dan prebiotik dikenal perannya dalam kesehatan pencernaan. Probiotik dan prebiotik memang terdengar sama, bahkan banyak orang yang menyamakan keduanya. Kamu mungkin tak bisa membedakan antara probiotik dan prebiotik. Padahal keduanya merupakan komponen yang berbeda.

Meski probiotik dan prebiotik terdengar serupa, kedua nutrisi ini sangat berbeda. Baik probiotik dan prebiotik memiliki peran beda dalam sistem pencernaan.

Manfaat yang diberikan probiotik dan prebiotik saling mendukung satu sama lain. Sumber probiotik dan prebiotik juga berbeda. Jadi penting untuk tidak salah memilih makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pencernaan ini.

Agar tak salah lagi, berikut perbedaan probiotik dan prebiotik yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang ketika dicerna, memberikan banyak manfaat kesehatan. Probiotik biasanya berbentuk bakteri baik, tetapi beberapa jenis ragi juga dapat berfungsi sebagai probiotik.

Lusinan bakteri probiotik yang berbeda menawarkan manfaat kesehatan. Kelompok yang paling umum termasuk Lactobacillus dan Bifidobacterium. Setiap kelompok terdiri dari spesies yang berbeda, dan setiap spesies memiliki banyak strain.

Yang menarik, probiotik yang berbeda mengatasi kondisi kesehatan yang berbeda pula. Misalnya, jika jenis tertentu Lactobacillus membantu mencegah penyakit, itu tidak berarti bahwa jenis Lactobacillus lain atau salah satu probiotik Bifidobacterium akan melakukan hal yang sama.

Beberapa bakteri membantu mencerna makanan, menghancurkan sel-sel penyebab penyakit, atau memproduksi vitamin. Banyak mikroorganisme dalam produk probiotik adalah sama atau mirip dengan mikroorganisme yang secara alami hidup dalam tubuh.

3 dari 7 halaman

Mengenal prebiotik

Prebiotik adalah serat tanaman khusus. Mereka bertindak seperti pupuk yang merangsang pertumbuhan bakteri sehat di usus. Prebiotik membantu bakteri usus menghasilkan nutrisi untuk sel-sel usus besar dan mengarah ke sistem pencernaan yang lebih sehat.

Beberapa nutrisi ini termasuk asam lemak rantai pendek seperti butirat, asetat dan propionat. Asam lemak ini juga dapat diserap ke dalam aliran darah dan meningkatkan kesehatan metabolisme. Singkatnya prebiotik merupakan serat makanan yang mendukung pertumbuhan probiotik.

Prebiotik ditemukan dalam banyak buah dan sayuran, terutama yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti serat dan pati resisten. Karbohidrat ini tidak dapat dicerna oleh tubuh, jadi mereka melewati sistem pencernaan untuk menjadi makanan bagi bakteri dan mikroba baik lainnya.

4 dari 7 halaman

Manfaat probiotik

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa probiotik dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Bakteri baik di saluran pencernaan membantu melindungi tubuh dari bakteri dan jamur berbahaya. Bakteri baik ini juga mengirim sinyal ke sistem kekebalan tubuh dan membantu mengatur peradangan.

Dilansir dari Medical News Today, tinjauan tahun 2017 menemukan bahwa probiotik juga dapat mengurangi gejala depresi. Ada kemungkinan bahwa probiotik memiliki efek ini karena ada hubungan antara usus dan kesehatan otak.

5 dari 7 halaman

Manfaat prebiotik

Prebiotik adalah komponen dari beberapa makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Mereka berfungsi sebagai makanan bagi bakteri dan organisme bermanfaat lainnya di usus. Manfaat prebiotik memiliki kaitan dengan manfaat probiotik. Prebiotik dapat mendukung usus yang sehat, menawarkan kesehatan pencernaan yang lebih baik, lebih sedikit masalah kesehatan terkait antibiotik, dan manfaat lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa prebiotik dapat bermanfaat bagi tubuh dengan meningkatkan penyerapan kalsium, mengubah seberapa cepat tubuh dapat memroses karbohidrat, mendukung pertumbuhan probiotik bakteri usus, dan meningkatkan pencernaan dan metabolisme. 

Salah satu hal yang dilakukan oleh bakteri usus baik dengan serat prebiotik adalah mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek yang disebut butirat. Butirar telah dipelajari secara luas, dan telah terbukti memiliki efek antiinflamasi di dalam usus besar.

Nutrisi ini uga dapat mempengaruhi ekspresi gen, menghambat pertumbuhan sel kanker dan membantu menyediakan bahan bakar untuk sel sehat sehingga mereka dapat tumbuh dan membelah secara normal.

6 dari 7 halaman

Makanan yang mengandung probiotik

Ada juga banyak makanan probiotik yang secara alami mengandung bakteri bermanfaat seperti yogurt. Yogurt tawar berkualitas tinggi dengan kultur hidup dapat menjadi tambahan yang cocok jika ingin menambahkan bakteri menguntungkan.

Selain yogurt, makanan fermentasi adalah pilihan lain yang bagus. Ini karena makanan ini mengandung bakteri menguntungkan yang tumbuh subur dari gula atau serat yang ada dalam makanan. Contoh makanan fermentasi meliputi kimchi, kefir, Sauerkraut, kombucham dan masih banyak lainnya. Beberapa dari makanan tersebut juga dapat dianggap simbiotik, karena mengandung bakteri menguntungkan dan sumber serat prebiotik untuk bakteri.

Probiotik juga bisa didapatkan melalui suplemen. Suplemen probiotik juga mengandung organisme hidup. Dosis tunggal dapat mencakup strain mikroba atau campuran mikroba tertentu.

7 dari 7 halaman

Makanan yang mengandung prebiotik

Prebiotik hadir secara alami di banyak makanan, sehingga tidak perlu orang mengonsumsi suplemen prebiotik. Prebiotik ada dalam banyak makanan berserat tinggi, termasuk beberapa buah, sayuran, dan biji-bijian. Beberapa makanan kaya probiotik juga mengandung prebiotik.

Bayi mendapatkan akses ke prebiotik melalui gula dalam ASI, dan beberapa susu formula bayi juga mengandung prebiotik. Makanan yang tinggi serat prebiotik meliputi kacang-kacangan, gandum, pisang, beri, asparagus, bawang putih, daun bawang, bawang merah, dan masih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini